Trending News

Blog Post

Kurang Dari Seminggu, Album “4:44” Jay-Z Telah Raih Sertifikasi Platinum
Music News

Kurang Dari Seminggu, Album “4:44” Jay-Z Telah Raih Sertifikasi Platinum 

Album baru Jay-Z, “4:44”, secara resmi dikonfirmasi sebagai sebuah album hit setelah mendapatkan sertifikasi platinum oleh Recording Industry Association of America (RIAA). Prestasi ini diraih album hanya dalam waktu lima hari saja, dan meskipun belum lagi dirilis dalam bentuk fisik.

Album debut secara eksklusif di layanan streaming milik sang ikon rap, Tidal, pada tanggal 30 Juni yang lalu. Tidak butuh waktu lama bagi para fans untuk menyerbu Tidal untuk bisa mendengarkan album yang penuh pengakuan ini, di mana sang bintang yang biasanya sangat menjaga privasinya tersebut mengungkap hubungan bermasalahnya dengan Kanye West, mengungkap jika sang ibu adalah lesbian, serta meminta maaf kepada sang istri, Beyonce Knowles, karena prilakunya yang suka selingkuh.

“4:44” merupakan platinum ke-17 untuk sang rapper veteran dan ke-13 untuk rilisan solonya, sebagaimana yang dilaporkan oleh Pitchfork.com. Sebelumnya, saat merilis album “Magna Carta Holy Grail” di tahun 2013, Jay-Z telah menginspirasi para petinggi RIAA untuk melakukan penyesuaian dalam persyaratan mereka guna mendapatkan sertifikasi gold atau platinum, yang merefleksikan kepopuleran penjualan digital.

Saat itu, sebuah album hanya bisa mendapatkan sertifikasi tertinggi ini jika setidaknya telah dirilis selama 30 hari. Peraturan ini kemudian diubah setelah muncul pengumuman jika sang rapper telah bekerjasama dengan Samsung yang membeli 1 juta unit album sebagai hadiah bagi para pembeli ponsel Galaxy mereka. Dengan perubahan peraturan ini, maka album “Magna Carta Holy Grail” meraih platinum hanya dalam satu hari atau tepatnya di waktu saat diluncurkan.

Saat ini album “4:44” tersedia secara gratis untuk para pelanggan layanan seluler Amerika, Sprint, selain mendapat keuntungan dari layanan streaming untuk setiap lagu album secara mandiri, sebagaimana perubahan kebijakan RIAA di tahun 2016 lalu.

Related posts

Leave a Reply