10 Lagu Solo dan Kolaborasi dari KPOP Idol Rapper

Oleh: naya - 02 Aug 2017

KPOP memang sudah tak diragukan lagi memiliki sederet group-group dengan kualitas papan atas. Muali dari vokalis, hingga visual para group dari genre musik Kpop sudah patut disejajarkan dengan group di genre musik lain. Namun sebaliknya, dulu, rapper dari group idol di Kpop justru tak begitu banyak mendapat perhatian. Mereka justru seringnya disebut kurang bisa diterima. Bila tidak disebut "buruk".

Namun sekarang stigma tersebut sudah berubah. Melihat bagaimana rapper dari idol Kpop group juga sudah mampu menunjukan aksi yang tak kalah dengan rapper dari genre lain. Beberapa dari mereka bahkan menempu jalur solo karir dan juga berkolaborasi dengan musisi lain merilis lagu yang diterima secara luas.

Di bawah ini, merupakan 10 lagu solo dan kolaborasi dari para rapper di Kpop idol.

1. Mino – “Okey Dokey” (Feat. Zico)

Rapper dari idol group besutan YG Entertainment, Winner ini memang membuktikan dirinya bukan hanya sekedar rapper biasa. Mengaku sudah berada di hiphop underground scene di Korea Selatan sejak sebelum menjadi trainee di agensi hiburan, Mino menunjukan kemampuan rap-nya dalam berbagai kesempatan. Termasuk juga dengan lagu-lagu rilisan Winner.

Lainnya, Mino pun menunjukan aksi yang menakjubkan di ajang variety show ternama, Show Me The Money season 4. Yang mana Mino keluar sebagi runner-up. Di ajang ini pula Mino meluncurkan hits Okey Dokey bersama dengan idol rapper lain, Zico.

2. Agust D – “Agust D”

BTS memang menjadi salah satu group yang dikenal dengan rap line yang kuat. Dan Suga menjadi salah satu backbone dibalik powerful rap yang ada di hits track milik boyband dari Big Hit Entertainment tersebut. Album mixtape yang dirilis pada tahun 2016 lalu, di bawah nama Agust D menjadi salah satu semen untuk kemampuan rap Suga yang di atas rata-rata. Dan self titled track Agust D pun mengungkap hal tersebut dalam lirik yang penuh energi. Welcome to Suga's tongue technology!

3. HyunA – “Roll Deep” (Feat. Ilhoon)

Bila rapper dari boygroup saja jarang yang mampu menunjukan kemampuan mereka, maka rapper dari girlgroup lebih jarang lagi yang mendapat pengakua. Kecuali, Hyuna. Mantan rapper utama dari girlgroup 4Minutes ini dikenal luas dengan hits solonya yang mayoritas bernafaskan musik hiphop, dengan rap yang mengagumkan.

Roll Deep dibawakan oleh Hyuna bersama dengan rapper lain, Ilhoon dari boyband BTOB. Dan kedua rapper ini pun bersinergi membuat lagu bop yang tak hanya kental dengan unsur hiphop namun juga memiliki arti yang menarik.

4. Ravi – “Bomb” (Feat. San E)

Ravi, rapper dari boyband VIXX ini boleh saja menarik banyak kontroversi dengan album solo rilisannya. Namun tetap tak bisa memungkiri, Bomb merupakan sebuah bom tersendiri, baik dari sisi genre musik, proses produksi, hingga.. rap line yang disajikan oleh Ravi. Rapper ternama San E yang hadir sebagai featuring pun memberikan sebuah warna baru yang melengkapi pesona yang dihadirkan oleh Bomb.

5. G-Dragon x Missy Elliot – “Niliria”

Tak tepat rasanya bila kita membahas mengenai lagu dari rapper idol group tanpa membawa nama G-DragonLeader sekaligus rapper dari boyband Big Bang ini memang tak mendapatkan gelar sebgaai rapper terbaik yang ada di generasinya. Tapi tak bisa dipungkiri, G-Dragon menjadi satu rapper yang berhasil mengungguli "kekurangannya" tersebut, dan merilis hits demi hits. Baik itu solo maupun kolaborasi.

Niliria menjadi salah satu bukti bagaimana G-Dragon sukses menghadirkan dirinya sebagai rapper yang patut diperhitungkan. Tak hanya karena bagaimana ia mampu menyepadankan dirinya dengan Missy Elliot, namun juga dengan lagu ini sendiri yang menjadi hits mendunia.

6. Yezi – “Cider”

Nama Yezi di girl group Fiestar memang tak begitu dikenal sebagai rapper dengan kualitas dan kemampuan di atas rata-rata. Bergabungnya sang idol di ajang variety show Unpretty Rapstar season 2 yang justru pada akhirnya membawa namanya ke jajaran rapper ternama. Dan aksi tersebut pun semakin dibuktikan dengan hits rilisannya, Cider pada 2016 lalu.

7. Zico – “Bermuda Triangle” (Feat. Crush and Dean)

Satu lagi nama rapper yang mungkin sudah dikenal luas dengan kemampuannya. Zico, rapper dari boyband Block B ini menjadi salah satu rapper terbaik yang sudah langganan merilis single sukses. Bahkan Zico sering disebut sebagai digital monster dimana lagu yang ia rilis akan dengan cepat merajai chart digital.

Termasuk juga single Bermuda Triangle yang dirilis bersama dengan dua artis Khiphop, Dean dan Crush. Dirilis pada akhir tahun 2016 lalu, Bermuda Triangle merajai tangga lagu selama berbulan-bulan dan mendapat perhatian luas dari publik.

8. Jooheon x Mad Clown – “Get Low”

Nama Monsta X sendiri memang terbilang baru, namun sudah mampu membuat group kpop ini dikenal luas berkat genre hip hop yang mereka pilih. Dan Jooheon, sang rapper menjadi salah satu yang mampu menunjukan kemampuannya tersebut. Dalam lagu kolaborasi dengan Mad Clown,  Jooheon memperlihatkan dirinya sebagai seorang rapper yang mampu diperhitungkan.

9. Bobby dan B.I – “Anthem”

Bobby dan B.I juga menjadi dua nama yang dikenal luas berkat kemampuan rapnya. Bergabung dengan boy group bergenre hiphop jelas menjadi sebuah keuntungan tersendiri. Mengingat mereka memiliki ruang lebih banyak dalam aksinya di panggung musik hiphop.

Tak hanya dalam hits solo Anthem yang dirilis di era debut mereka saja, BI dan Bobby pun menunjukan kemampuan yang sama dalam penampilan mereka di ajang variety show, Show Me The Money. Yang menjadikan Bobby sebagai salah satu pemenangnya.

10. Amber – “Shake That Brass”

SM Entertainment mungkin menjadi salah satu agensi hiburan yang tak dikenal dengan kualitas rappernya. Berkebalikan dengan nama-nama vokalis yang mereka miliki. Namun Amber, rapper dari girl group F(x) membongkar stigma tersebut dengan rilisannya pada 2015 lalu, Shake That Brass. Di single solo ini, Amber benar-benar menunjukan dirinya sebagai seorang rapper yang tak layak dipandang sebelah mata.

naya
More from Creative Disc