Executive Producer SM Entertainment Ungkap Peranan KPOP Dalam Diplomasi Antar Negara

Oleh: naya - 02 Aug 2017

SM Entertainment, rumah dari sederet group dan soloist KPOP ternama memang bukan hanya menyandang status membanggakan sebagai salah satu dari tiga agensi hiburan terbesar di Korea Selatan. Agensi yang membawahi mulai dari soloist BoA, group TVXQ, Girls Generation, Super Junior, SHINee, EXO, hingga Red Velver dan NCT tersebut pun dikenal mendunia melalui karya para artisnya.

Dan pada 20 Juli kemarin, founder sekaligus Executive Produser SM Entertainment, Lee Soo Man menerima penghargaan bergengsi ‘2016 Youngsan Diplomat of the Year Award’. Penghargaan tersebut diberikan dengan pencapaian dan keterlibatan SM Entertainment untuk kultural diplomasi antar negara.

Dalam winning speech-nya, mantan CEO yang dikenal memiliki hubungan dekat dengan para artis dan idol dari SM Entertainment ini menyebut adanya peranan penting dari musik Kpop dalam diplomasi.

“K-pop telah menjadi satu industri dan telah membukti bahwa banyak mempengaruhi dalam bidang kecantikan, makanan, pakaian, telekomunikasi, maupun dalam bidang wisata. Semua ini dapat meningkatkan citra bangsa korea” ujar Lee Soo Man

“Saya selalu berkata ‘Culture First, Economy Next’, yaitu budaya akan dapat meningkatkan status ekonomi dan dapat membuat brand korea yang kuat”

Selain itu, Lee Soo Man pun menyebut bagaimana SM Entertainment memiliki pandangan luas ke masa depan. Dimana dalam pandangan tersebut, teknologi AI atau robot bersama dengan selebritis akan berperan besar. Dan untuk membuat hal tersebut menjadi nyata, negara-negara dari Timur wajib saling bekerja sama.

“Teknik AI dan kemampuan selebriti dan producing harus menjadi satu agar dapat menciptakan Hollywood dari asia dan hal itu akan dapat membahagiakan manusia”

naya
More from Creative Disc