Trending News

Blog Post

Masih Baper Sama ‘Music Bank in Jakarta 2017’
Concerts Review

Masih Baper Sama ‘Music Bank in Jakarta 2017’ 

Siapa sih yang nggak suka datang ke satu event konser KPop dan bisa menyaksikan penampilan banyak idol di atas satu panggung yang sama? Sebagai fans KPop yang punya banyak bias seperti saya sih bakalan seneng banget. Apalagi kalau line up artisnya adalah grup-grup atau penyanyi-penyanyi yang sedang saya sukai saat ini. Saya pernah membayangkan apa jadinya kalau di Jakarta ada konser yang dalam satu panggung isinya grup-grup seperti EXO, NU’EST, Miss A, 2NE1, C-Clown, dan HISTORY. Wah pasti pecah sih! Walaupun yang mungkin terjadi cuma dua nama pertama yang saya sebutkan saja. Karena empat nama terakhir rasanya mustahil manggung lagi sampai mereka punya rencana reunian (yang juga mungkin nggak dalam waktu dekat ini). Di negara-negara lain seperti Singapura, Thailand, Filipina, atau negara Timur Tengah seperti Dubai, atau juga Amerika, konser-konser gabungan seperti ini seperti sudah awam dan sering digelar. Tapi kok di Indonesia jarang banget ya?

Kita pernah kedatangan konser SMTOWN di tahun 2012 yang pecah banget karena semua artis SM Entertainment yang sedang aktif di tahun itu berhambur datang ke Jakarta. Dengan durasi konser yang superlama dan panggung yang megah banget di Stadion Utama Gelora Bung Karno, konser ini bener-bener bikin puas. Sebelumnya juga pernah ada tur Music Bank di tahun 2013 yang menampilkan sederet idola KPop yang sedang comeback di tahun itu seperti SHINee, Infinite, Super Junior sampai SISTAR. Basically nama-nama populer yang saya pun akan dengan senang hati menghabiskan banyak uang untuk melihat mereka. Tapi setelah itu, Jakarta jarang banget kedatangan konser gabungan. Berbagai alasan mulai dari sedikitnya jumlah penonton dan kurang antusiasnya para fans bisa jadi penyebabnya. Banyak fans yang bilang “Lebih baik nonton konser tunggal deh daripada konser gabungan gitu. Kan aku cuma mau lihat grup X, nggak mau lihat grup Y.”

Padahal, kalau konsep konsernya menarik dan nggak cuma sekedar satu artis tampil selama setengah jam lalu diganti oleh artis lain dengan durasi yang sama dan ditutup oleh artis lainnya lagi, konser gabungan ini pasti bakalan jadi seru banget. Walaupun sebenarnya ritme konser gabungan yang seperti itu nggak akan merugikan fans kalau misalnya artis-artis yang datang populer semua seperti yang terbang ke KCon Amerika misalnya. Nah, setelah Music Bank di tahun 2013 lalu, muncul lagi konser gabungan yang menampilkan banyak artis di satu panggung. Konser ini diberi nama Saranghaeyo Indonesia dan dipromotori oleh Mecima Pro. Tahun lalu, Saranghaeyo Indonesia atau disingkat SHI menampilkan Akdong Musician (yang saya suka banget!), NELL, dan Taeyang. Konsepnya menurut saya boring. Karena ya itu tadi, satu artis tampil bergiliran menghabiskan setlist mereka sampai akhir konser. Nggak ada penampilan spesial seperti kolaborasi misalnya. Yang padahal bisa banget jadi nilai jual lebih sebuah konser gabungan. Ya kan jarang-jarang, misalnya, NELL tampil bersama Taeyang membawakan lagu ‘Eyes, Nose, Lips’ versi rock. Kapan lagi ada momen seperti itu, coba?

Nah, belum lama ini Music Bank kembali digelar di Jakarta sebagai bagian dari bulan kebudayaan Korea Selatan di awal September ini. Line up-nya pun menurut saya termasuk ke kategori WOW banget. SM Entertainment memboyong dua jagoannya yaitu EXO dan NCT 127. Sementara dari manajemen lain ada B.A.P, GFRIEND dan Astro. Ini sudah lebih dari cukup untuk bikin panggung berguncang. I mean, come on! It’s B.A.P and EXO! Siapa sih yang nggak tahu bagaimana dua grup ini bersaing di awal karier mereka dulu? Sampai-sampai terjadi perang antar fandom ketika memperebutkan piala Rookie of the Year di Mnet Asian Music Awards. Dan momen ini adalah pertama kalinya B.A.P datang ke Jakarta dan tampil di hadapan para penggemar mereka sejak debut dan setelah berbagai masalah yang terjadi antara mereka dan manajemen beberapa tahun yang lalu.

Awalnya saya pikir Music Bank ini bakalan ngebosenin banget. “Ah paling juga ritme-nya sama kayak SHI tahun lalu. Sama kayak Spotify On Stage juga. Satu artis nyanyi sampai abis, terus diganti dengan artis lain.” Saya lupa kalau Music Bank adalah acara TV salah satu channel besar di Korea Selatan. Yang berarti konser ini pasti akan ditayangkan di TV dan itu juga berarti mereka nggak mungkin membuat rundown acaranya membosankan. Dan beneran aja, walaupun memang artis-artis yang tampil di JIEXPO Kemayoran pada 2 September lalu menghabiskan setlist mereka dalam satu kali tampil di panggung, tapi kejutan-kejutan lain disiapkan oleh KBS yang menjadikan konser ini beda dari konser gabungan besutan Mecima Pro.

Rundown dan setlist Music Bank in Jakarta 2017 sempat dibocorkan entah oleh siapa ke Twitter. Jadi fans (termasuk saya) sedikit banyak tahu bahwa akan ada penampilan kolaborasi antara Chanyeol ‘EXO’ dan Yuju ‘GFRIEND’. Saya fans EXO banget dan saya juga suka lagu-lagu GFRIEND di beberapa mini album lama mereka. Tentu saja excited ingin melihat kolaborasi ini. Sekali lagi, jarang-jarang kan EXO dan GFRIEND disatukan dalah sebuah proyek kolaborasi live kalau bukan karena acara-acara istimewa kayak gini. Dan penampilan mereka malam itu patut diacungi jempol. Alih-alih nge-rap, Chanyeol justru menyanyi di penampilannya bersama Yuju malam itu membawakan lagu ‘Stay With Me’ yang merupakan soundtrack drama ‘Goblin’. Terima kasih KBS karena konsep showcase K-Entertainment, termasuk drama Korea dalam acara malam itu, fans yang gampang dibuat senang seperti saya bisa menyaksikan kolaborasi langka tersebut. Yang nggak terduga-duga lagi adalah penampilan cover dance para member NCT 127 di sesi KPop Jukebox. Mereka berubah jadi Super Junior dan SHINee dengan tampil membawakan lagu ‘Sorry Sorry’ dan ‘Lucifer’.

Di sinilah sebenarnya letak keseruan menyaksikan sebuah konser gabungan. Bukan cuma sekedar melihat bias saya di grup A atau di grup B. Tapi justru melihat sesuatu yang baru. Yang beda. Yang nggak bisa saya lihat di konser lain bahkan konser tunggal artis yang bersangkutan. Makanya saya sih berharap banget akan ada kolaborasi seru antara Eric Nam dengan Lee Hi di Sarangaheyo Indonesia 2017 bulan November nanti. Karena dua solois itu punya warna vokal yang unik dan berbeda, dengan genre yang juga bertolak belakang. Pasti seru banget deh kalau misalnya Mecima Pro mau mempersiapkan sebuah lagu kolaborasi antara mereka berdua.

Di Music Bank in Jakarta 2017 jujur aja saya hanya menunggu penampilan NCT 127 dan EXO. Masing-masing tampil di bagian awal dan bagian akhir konser. Tapi belum sampai sesi EXO naik panggung dan membawakan lagu-lagu mereka seperti ‘The Eve’, ‘Ko Ko Bop’, ‘Tender Love’ dan ‘Heaven’, saya udah capek duluan karena heboh sendiri waktu B.A.P tampil. Fun fact: saya bukan fans B.A.P. Sebagai EXO-L, saya juga termasuk salah satu orang yang berada di antara perang fandom di tahun 2012 dulu. Saya baru menghapal masing-masing member B.A.P waktu mereka meluncurkan lagu berjudul ‘Where Are You’ di tahun 2014 dan lagu itupun sebenarnya di luar genre yang biasa mereka bawakan, tapi saya suka banget lagu itu. Jangan harap saya tahu lirik lagu debut mereka, ‘Warrior’, yang dirilis 2012 karena waktu itu saya sudah terlalu sibuk dengan EXO. Tapi malam itu, ketika mereka naik panggung di Music Bank in Jakarta 2017, saya terkesima melihat aksi panggung dan mendengar vokal mereka. Saya pun jadi mengerti kenapa mereka yang ngefans grup ini masih setia menunggu sampai sekarang. Karena B.A.P memang sebagus itu! Nyerah! Waktu mereka membawakan ‘Warrior’ dan ‘No Mercy’, saya nggak bisa berhenti jingkrak-jingkrak dan ikutan fanchant bersama fans lain. Seketika masa-masa berantem dengan Baby (fans B.A.P) beberapa tahun yang lalu muncul di kepala saya dan bikin saya geli sendiri.

You’ll love B.A.P once you see them performed live. Trust me.

Banyak sekali gimmick-gimmick seru yang terjadi di atas panggung malam itu. Serasinya Irene ‘Red Velvet’ dan Park Bo Gum juga jadi salah satu nilai jual yang mahal untuk konser ini. Pasangan MC legendaris Music Bank itu bikin banyak penonton gemas melihat mereka berdua. Belum lagi perkenalan para artis di awal acara yang berdurasi cukup lama dan bikin fans puas banget mengambil fancam. Adegan lempar-lemparan bola badminton yang jadi rebutan karena ditandatangani oleh (salah satunya) Baekhyun juga terlihat sangat menyenangkan. Walaupun sayang sekali saya hari itu tidak punya keberuntungan lebih kecuali menikmati lagu-lagu yang familiar di telinga yang dibawakan para pengisi acara. Penampilan Astro yang menggemaskan dan GFRIEND yang enerjik (Eunha cantik parah!!!) juga nggak terlupakan banget. Ini mungkin adalah konser gabungan KPop terbaik tahun ini.

And you know what? We need more concert like this! Semoga gosip soal konser SMTOWN di Jakarta cepat dikonfirmasi deh. Dan semoga Indonesia bisa jadi tuan rumah KCON di tahun-tahun berikutnya. Mengingat persaudaraan yang makin erat antara kedua negara ini. Aminin aja.

Related posts

Leave a Reply