Trending News

Blog Post

Satu Jam Tenggelam dalam Melankolia Bersama Cigarettes After Sex
Concerts Review

Satu Jam Tenggelam dalam Melankolia Bersama Cigarettes After Sex 

Jam menunjukkan waktu 19.00 WIB. Suasana di Lot 6 kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta Selatan kala itu terlihat lebih ramai dibanding biasanya. Antrean masuk menuju sebuah gedung pertunjukkan bernama The Establishment terpantau mengular. Tak heran, karena Cigarettes After Sex akan memukau Jakarta untuk pertama kalinya dalam kurun 1,5 jam kemudian.

Cigarettes After Sex merupakan band asal Amerika Serikat beraliran shoegaze yang dimotori oleh vokalis sekaligus gitaris Greg Gonzalez, kibordis Phillip Tubbs, pencabik bass Randy Miller, serta penggebuk drum bernama Jacob Tomsky. Sejak kemunculannya, mereka terkenal akan tembang-tembang romantis yang juga bisa bikin miris. Permainan reverb pada gitar yang tak terlalu berat juga menjadi ciri khas dari band yang berbasis di New York ini.

Kelompok yang telah malang melintang sejak 2008 ini memang sengaja menyambangi Indonesia sebagai bagian dari tur ke 62 lokasi di pelbagai belahan dunia. Adapun, tur ini rencananya akan berakhir November mendatang di Polandia.

Oleh karenanya, terdapat ekspektasi bahwa struktur pertunjukkan mereka akan serupa dengan konser-konser sebelum Jakarta. Asumsi itu pun akhirnya terjawab pada pukul 20.30 WIB. Dengan mengenakan pakaian serba hitam, keempat punggawa grup memasuki panggung dan langsung memainkan tembang “Sweet”. Nomor pertama yang kerap mereka dahulukan di pertunjukkan-pertunjukkan sebelumnya.

Setelah itu, mereka membawakan 11 lagu secara maraton, di mana tujuh diantaranya berasal dari album perdana mereka, seperti “Each Time You Fall in Love”, “Truly”, “I’m a Firefighter”, “K.”, “Apocalypse”, hingga “Sunsetz”. Tak ketinggalan, mereka juga membawakan tembang yang lebih terkenal seperti “Affection” dan “Nothing’s Gonna Hurt You Baby”. Maka dari itu, tak heran banyak penonton yang ikut bersenandung bersama mereka di dua lagu yang disebut belakangan ini. Bahkan, tak jarang penonton terlihat mengeluarkan telepon genggamnya untuk merekam aksi mereka dan kemudian mengunggahnya ke akun media sosial masing-masing.

Selang satu jam kemudian, mereka mengakhiri pertunjukkan. “Terima kasih sudah datang malam ini,” ucap Gonzalez seiring redupnya lampu sorot panggung malam itu. Namun, penonton nampaknya paham bahwa ini adalah trik murahan sebelum melenggang ke sesi encore. Benar saja, akhirnya Gonzalez dkk masuk kembali ke panggung dengan membawakan dua tembang tambahan, yakni “Please Don’t Cry” dan “John Wayne”.

Kehadiran Cigarettes After Sex saat itu memang tidak didahului oleh aksi pembuka dan tanpa didahului ba-bi-bu terlebih dulu. Bahkan, bisa dibilang, interaksi dengan penonton pun sangat minim. Bagi yang jarang melipir ke konser musik shoegaze, aksi panggung mereka mungkin terkesan membosankan.

Tetapi, mereka nampaknya khatam cara memainkan perasaan penonton. Selain bermodalkan lagu-lagu bernuansa sendu, Cigarettes After Sex mengajak penonton menyelami romantisme ala mereka melalui visual grafis dan sound berkualitas mumpuni. Ini pun sukses membuat penonton fokus pada musik yang mereka dendangkan. Terlebih, ada yang tak bergeming sedikit pun sepanjang pertunjukkan berlangsung.

Bisa dikatakan, minimnya interaksi dengan penonton mereka kompensasi lewat atmosfer pilu yang tak berkesudahan. Penonton dibuat lumpuh sejenak dan diperkenalkan dengan sisi melankolis dari band yang baru dua bulan kemarin merilis album perdananya ini.

Konser Cigarettes After Sex bukanlah tipikal konser yang sarat keriuhan. Kendati demikian, mereka telah berhasil menciptakan intimasi kepada penonton dengan caranya sendiri, yakni membiarkan penonton menghayati sendiri bait demi bait lagu yang mereka bawakan. Langkah ini pun berhasil, buktinya masih banyak penonton yang enggan beranjak pergi selepas band ini meninggalkan panggung. Bisa jadi, kesenduan telah berubah menjadi candu pada malam itu.

Setlist Cigarettes After Sex, Rabu (16/8)

1. Sweet
2. Each Time You Fall in Love
3. Truly
4. I’m a Firefighter
5. K.
6. Sunsetz
7. Flash
8. Dreaming of You
9. Nothing’s Gonna Hurt You Baby
10. Keep on Loving You (REO Speedwagon cover)
11. Affection
12. Apocalypse

Encore
13. Please Don’t Cry
14. John Wayne

Photo dan teks oleh Galih Gumelar

Related posts

Leave a Reply