10 K-Pop Idol Ternama yang Juga Sekaligus Pencipta Lagu Hits

Oleh: naya - 01 Sep 2017

Menjadi seorang idol di Korea Selatan memang bukan sebuah hal yang bisa dengan mudah dilakukan. Para idol ini wajib melewati bertahun-tahun masa training untuk memoles kemampuan menyanyi serta menari mereka. Sebelum akhirnya bisa debut dan menjadi idol dengan group mereka masing-masing atau debut menjadi soloist.

Tak banyak yang tahu, ada beberapa idol yang bukan hanya memiliki kemampuan menari dan menyanyi saja, namun juga mampu menciptakan lagu. Tak hanya sekedar bisa membuat lagu, para idol di bawah ini tahu bagaimana membuat lagu-lagu yang menjadi hits. Terbukti dari bagaimana lagu ciptaan dari 10 idol dibawah ini merajai chart musik.

Penasaran siapa saja idol yang juga menjadi hits maker ini? Di bawah ini daftarnya.

1. Zico 'Block B'

Bila berbicara mengenai idol yang juga menjadi pencipta lagu, serta seorang hits maker maka nama leader sekaligus vokalis dari hip hop group Block B ini wajib disebut. Zico tak hanya menciptakan lagu-lagu hits untuk Block B saja, namun juga lagu untuk beberapa penyanyi lain.

Rapper yang juga seorang soloist ini menulis lagu hits Flower Way untuk single solo Kim Sejeong serta Zero For Conduct untuk unit group BASTARZ. Selain itu, produser musik ini juga sudah dua musim duduk sebagai produser tim di survival show Show Me The Money dan melahirkan sederet hits. Salah satunya Fear yang dibawakan oleh Song Mino di acara televisi tersebut.

2. G-Dragon 'Big Bang'

Satu nama lagi yang wajib disebut bila membahas mengenai penulis lagu hits dari Kpop idol. G-Dragon sudah membuktikan dirinya sebagai penulis lagu yang tak bisa disepelekan, meski statusnya sebagai idol. Leader dan rapper yang tengah aktif bersolo karir tersebut sudah menulis sederet lagu hits untuk groupnya, Big Bang. Selain itu juga lagu-lagu yang masuk ke dalam album solo dan unit group darinya.

G-Dragon memiliki peranan besar dalam proses pembuatan beberapa artis dan group dari YG Entertainment. Seperti 2NE1 hingga iKON. Belum lagi, G-Dragon pun menulis lagu untuk solo album dari member Big Bang yang lain, mulai dari Daesung hingga Taeyang.

3. Jinyoung 'B1A4'

Leader sekaligus vokalis dari boyband besutan WM Entertainment, Jinyoung juga menjadi salah satu idol yang wajib dipertimbangkan sebagai beat maker. Selain menjadi produser dan penulis lagu untuk boyband B1A4, Jinyoung dikenal luas berkat lagu hits ciptaannya yang dibawakan oleh penyanyi lain.

Salah satu lagu hits dari Jinyoung yang paling dikenal luas adalah hits When The Cherry Blosson Fade yang diberikan sebagai hadiah di akhir musim Produce 101 season 1 tahun lalu. Selain itu, Jinyoung juga menulis beberapa b-side track untuk girl group I.O.I dan Oh My Girl.

4. Jonghyun 'SHINee'

Satu lagi nama member dari Kpop group yang pantas disandingkan dengan sederet penulis lagu ternama. SHINee sudah beberapa kali diketahui memilih title track dari lagu yang ditulis oleh sang vokalis, Jonghyun. Seperti misalnya hits Juliette dan juga View. Jonghyun juga beberapa kali memasukan lagu ciptaannya di album solo miliknya dan menjadi hits. Salah satunya, She Is.

Tak hanya untuk dirinya sendiri dan juga untuk group yang membesarkan namanya, Jonghyun juga menulis lagu hits untuk beberapa penyanyi lain. Mulai dari Lee Hi yang memilih lagu ciptaan Jonghyun, Breath sebagai title track di albumnya 2016 lalu. Hingga hits Playboy yang dibawakan oleh EXO.

5. Woozi 'Seventeen'

Boy group Seventeen memang kalah senior dibandingkan 4 idol groups di atas, tapi bukan berarti dari group yang bernaung dibawah agensi Pledis Entertainment tersebut tak bisa lahir seorang penulis lagu hits. Woozi tak hanya memiliki posisi sebagai vokalis saja di group dengan 13 orang member tersebut, ia juga menjadi produser sekaligus penulis lagu.

Seperti para penulis lagu yang menjadi hits lain, Woozi pun tak hanya menulis untuk group Seventeen saja. Woozi pun pernah menulis lagu untuk perpisahan girl group I.O.I sebelum resmi bubar. Hebatnya, hingga saat ini Downpour masih menjadi salah satu lagu hits paling dikenal.

6. B.I 'iKon'

Idol dari YG Entertainment memang dikabarkan memiliki standar mereka sendiri dalam hal menciptakan musik. Terbukti dari sederet nama idol dari agensi tersebut yang dikenal dengan kemampuan mereka menciptakan lagu-lagu hits. Salah satu nama idol dari YG Ent yang dikenal berkat kemampuannya menciptakan lagu hits adalah B.I.

Leader sekaligus rapper dari boyband iKon ini sejak masih menjadi trainee sudah mampu menciptakan lagu hitsnya sendiri. Setelah debut bersama iKon pun, B.I masih aktif menulis lagu untuk boyband dengan genre hip hop tersebut. Selain juga menciptakan lagu-lagu lain untuk para artis YG Ent. Salah satunya, hits Whistle yang dibawakan oleh girlband BLACKPINK dan lagu debut boyband WINNER, Empty.

7. Junhyung 'HIGHLIGHT'

Sejak masih bersama agensi hiburan Cube Ent dan menjadi rapper dari boyband B2ST, Junhyung memang dikenal memiliki kemampuan terbaik dalam menciptakan lagu. Beberapa lagu hits dari boyband tersebut lahir dari musikalitasnya. Setelah B2ST resmi keluar dari Cube Ent dan mendirikan label serta boyband sendiri, HIGHLIGHT, Junhyung menjadi semakin aktif sebagai produser dan song writer.

Tak hanya menulis lagu hits Don't Be Sad untuk group dengan 5 orang member tersebut saja, Junhyung juga menciptakan beberapa hits lain untuk group Apink, BTOB, EXID, dan HyunA. Serta tentunya lagu-lagu di album solonya sendiri.

8. Rap Monster 'BTS'

Sudah bukan rahasia lagi bahwa leader sekaligus rapper dari BTS ini menjadi sosok dibalik lahirnya hits dari boyband pemenang penghargaan Top Social Artist di Billboard Music Award 2017 ini. Rap Monster sudah aktif menulis dan menciptakan lagu sejak sebelum debut bersama BTS. Bahkan CEO sekaligus produser Big Hit Entertainment mengakui membentuk BTS setelah melihat kemampuan musikalitas musisi dengan nama asli Kim Nam-Joon tersebut.

Tak hanya menulis lagu hits BTS, Rap Monster pun rupanya juga menjadi co-song writer untuk beberapa lagu lagi di bawah Big Hit Entertainment. Salah satunya, hits Dillema dari Homme.

9. Hui 'Pentagon'

Nama member group Pentagon ini mulai masuk ke dalam daftar song writer dari kalangan idol Kpop setelah lagu ciptaannya, Never yang dibawakan oleh kontestan Produce 101 season 2 meraih sukses besar. Setelah itu, Hui pun masih menulis lagu debut, Energetic untuk boyband besutan survival show tersebut, Wanna One. Saat ini, Energetic merajai posisi pertama Melon Real Time Chart selama satu minggu setelah dirilis.

Untuk groupnya sendiri, Hui menulis untuk b-side track untuk Pentagon, yang sayangnya belum mendapatkan banyak lampu sorot dari pendengar musik Kpop.

10. IU

Sebagai soloist wanita nomor satu di Korea Selatan, IU memang bukan hanya dikenal berkat sederet discography sukses serta lagu-lagu hits miliknya yang merajai chart. Penyanyi yang juga menjadi aktris ini dikenal luas pula berkat kemampuannya menciptakan lagu.

Beberapa lagu hits dari sang penyanyi diakui ditulisnya sendiri. Bahkan nyaris semua track di album terbaru, "Palette" diproduseri oleh IU serta beberapa co-producer lain. Kemampuannya tersebut yang menjadikan IU menjadi salah satu penyanyi multi talenta di industri musik Korea Selatan.

Artikel ini pertama kali muncul di DaebakNews

naya
More from Creative Disc