10 Boyband Baru yang Siap Curi Perhatian Tahun Ini

Oleh: naya - 16 Oct 2017

Sejak tahun 80-an, sudah terdapat sederet nama boyband ternama dari indutri musik Amerika. Katakan saja mulai dari NSYNC, hingga Backstreet Boys. Pada tahun 2000-an boyband kembali bangkit dengan populernya One Direction, yang pertama kali terbentuk pada 2010 lalu di Inggris. Saat ini dengan One Direction memutuskan untuk hiatus, bukan berarti industri musik kekurangan boyband. Namun tak perlu khawatir karena ada sederet boyband baru yang siap menggantikan posisi Niall Horan, Liam Payne, Harry Styles, dan Louis Tomlinson.

Di bawah ini terdapat 10 boyband baru yang siap mencuri perhatian di industri musik pada tahun ini. Tak ada salahnya bukan untuk berkenalan dengan mereka satu per satu?

1. Why Don't We 

Why Don't We merupakan boyband pertama yang menarik perhatian tahun ini. Lagu mereka Taking You masuk ke posisi Top40 chart musik dengan jumlah fans yang terus meningkat. Why Don't We terdiri dari 5 orang member, Daniel Seavey, Zach Herron, Corbyn Besson, Jonah Marais, dan Jack Avery. Dibentuk pada tahun lalu, Why Don't We mulai "mengumpulkan" fans dengan merilis single solo mereka di media sosial. Baru setelah itu, boy group dengan 5 orang member tersebut dibentuk.

Genre musik Why Don't We berbeda dengan boy group yang biasa kita kenal. Tak ada musik pop yang catchy dan lirik yang menye-menye. Sebaliknya, Why Don't We mengusung genre funky dance pop, yang sedikit mengingatkan pada genre musik The Chainsmokers.

2. New Hope Club

Boy group dengan 3 orang member ini menarik perhatian setelah menjadi pembuka untuk konser band pop-rock The Vamps di Inggris pada Maret lalu. Setelah itu, group yang tergabung dibawah label Steady Records ini pun mulai mendapatkan fans melalui lagu rilisan terbaru, PerfumeNew Hope Club sebelumnya secara teratur merilis video cover untuk lagu-lagu dari Justin Bieber, One Direction, dan Ed Sheeran.

New Hope Club terdiri dari 3 orang member, Reece Bibby, Blake Richardson dan George Smith. Dibandingkan dengan Why Don't We, genre musik mereka lebih condong pada pop dan akustik.

3. Citizen Four

Josh Levi, Austin Percario and brothers Carson dan Conner Boatman pertama kali muncul dalam format boy group tahun 2017 ini. Citizen Four langsung menarik perhatian berkat rilisan single cover mereka, yang beberapa bahkan diluncurkan secara official. Salah satu cover lagu dari group dengan 4 orang member tersebut adalah Mercy dari Shawn Mendes, yang sudah dilihat setengah juta kali di YouTube.

Boy group yang bergabung dengan Island Records tersebut memang belum merilis album resmi. Namun 2 single original mereka, Testify dan Cold sudah cukup membuat mereka dikenal oleh fans. Keunggulan dari Citizen Four tak hanya cover lagu yang dikemas secara profesional, namun juga genre musik yang terdengar "tidak" boyband-esque. Membernya sendiri mengungkap genre musik mereka adalah "The Weeknd, tapi dalam bentuk boyband."

4. PRETTYMUCH

Dibentuk oleh Simon Cowell, produser sekaligus juri The Voice menjadikan PRETTYMUCH mencuri banyak perhatian. Group yang terdiri dari Brandon Arreaga, Edwin Honoret, Zion Kuwonu, Nick Mara, dan Austin Porter ini merilis single debut Would You Mind yang langsung membuat mereka mendapatkan banyak fans. Member dari boy group ini sendiri awalnya bersolo karir masing-masing sebelum direkrut oleh Simon Cowell dan label Syco Music untuk membentuk boy band.

Di bandingkan dengan boyband lain, PRETTYMUCH pun jadi salah satu yang "dijamin" kesuksesannya. Terutama bila melihat sederet musisi dan juga produser yang berkerja untuk debut album mereka. Kabarnya, salah satu track di album tersebut pun digarap langsung oleh Ed Sheeran.

5. In Real Life

Boy group berikutnya yang menarik perhatian adalah In Real Life. Group satu ini terbentuk dari reality show dan kompetisi musik di Amerika berjudul "Boy Band". 5 finalis dari acara tersebut, Brady Tutton, Chance Perez, Drew Ramos, Sergio Calderon, dan Michael Conor dijadikan satu dan membentuk sebuah group bersama-sama. Berawal dari acara televisi, mau tak mau In Real Life sudah mendapatkan banyak perhatian dari fans. Terlebih proses eliminasi dari acara tersebut dari live voting, yang mana menjamin 5 finalis sudah memiliki fanbase masing-masing.

Single perdana dari group band tersebut, Eyes Closed dirilis pada bulan September lalu dan sudah dilihat lebih dari 1 juta kali di YouTube. Untuk genre musik sendiri, In Real Life mengusung musik pop dengan harmonisasi dari 5 vokalis.

6. Forever in Your Mind

Forever in Your Mind menjadi boygroup berikutnya yang siap melonjak naik tahun ini. Boy group dengan 3 orang member, Emery Kelly, Ricky Garcia dan Liam Attridge tersebut pertama kali dibentuk pada 2013 lalu. Namun baru merilis album EP, "FIYM" pada 2016 melalui Hollywood Records. Sedangkan tahun ini, Forever in Your Mind bersiap merilis single album, Smooth dan b-side track Missing

Smooth dan Missing seakan menjadi titik balik dari popularitas Forever in Your Mind. Terlihat dari banyaknya fans yang berhasil dikumpulkan oleh boy group tersebut.

7. Road Trip

Boy group satu ini terdiri dari 5 orang member, Mikey Cobban, Andy Fowler, Jack Duff, Rye Beaumont dan Brooklyn Gibson. Mereka dikenal setelah kerap kali mengunggah cover untuk lagu populer sejak tahun 2016 lalu. Band ini baru saja merampungkan tur di Inggris dan Islandia pada pertengahan tahun ini dan bersiap untuk merilis debut demo EP mereka, "Tokyo Hotel". Beberapa lagu cover yang pernah dirilis oleh Road Trip seperti Dusk till Dawn dari Zayn feat Sia, New Rule milik Dua Lipa.

Road Trip menarik perhatian terutama karena kreatifitas mereka dalam mengolah lagu cover yang diproduksi. Mulai dari musik video untuk cover single, hingga mengaransemen lagu tersebut menjadi versi akapela.

8. Over Atlantic

Over Atlantic merupakan boy group independen yang dikenal berkat album EP mereka, Likes Me Like That. Band tersebut awalnya hanya terdiri dari 4 orang member saja, Gabriel Gomér, Sean Killeen, Charlie Jones dan Liam Ross. Pada bulan Mei kemarin, boy band tersebut memutuskan untuk menambah satu orang member Trevor Cash sebelum memulai tur.

Saat ini selain sibuk dengan promosi untuk album pertama mereka, Over Atlantic juga tengah disibukan dengan tur di Inggris yang berlangsung sepanjang bulan Oktober.

9. Yes Lad

Cian Gleeson, Joel Healey, Sonny Hardman, Lewis Maxwell dan Jake Donlan pertama kali mendapatkan perhatian fans ketika merilis debut single mereka. Setelah itu, boy group ini semakin menarik perhatian ketika merilis Something Like That bersama mantan manajer Nigel Martin-Smith. Sebelumnya, boy group ini sudah berada di lampu sorot ketika tampil di audisi X Factor di tahun 2016 kemarin.

Sebelumnya, Yes Lad sudah menunjukan arah musik dan talenta mereka di musik video single Walk Away yang dirilis bulan Maret kemarin.

10. 5 After Midnight

5 After Midnight merupakan boyband yang terbentuk dari Kieran Alleyne, Nathan Lewis dan Jordan Lee sebelum mereka bergabung di X Factor 2016. Kieran Alleyne, salah satu member group tersebut sudah mencuri perhatian sejak merilis lagu di YouTube. Setelah itu, baru mereka membentuk group 5 After Midnight dan melesat menjadi posisi ketiga di X Factor 2016.

Boy group ini merilis single Up In Here pada pertengahan tahun lalu sebelum bersiap untuk merilis album terbaru tahun ini.

naya
More from Creative Disc