10 Video Musik Pop Bertema Horor Untuk Menemani Halloween

Oleh: admincd - 01 Nov 2017

Happy Halloween!

Setiap tanggal 31 Oktober adalah masanya untuk mengenakan kostum seru yang sudah disiapkan jauh-jauh hari dan kemudian bersenang-senang di pesta topeng yang meriah. Ternyata misalnya ternyata tidak atau belum ada undangan untuk Pesta Halloween, ya mengapa tidak menghabiskan waktu di rumah saja?

Halloween-an di rumah juga tidak kalah fun. Sendiri, atau ajak sahabat-sahabat terdekat, bukan masalah. Yang penting apa yang bisa dilakukan di homemade Halloween kali ini. Marathon nonton film horor tentu masuk agenda. Tapi kalau terasa terlalu panjang, kenapa tidak menyaksikan video musik bertema horor saja?

Video musik bertema horor memang bukan hal aneh bagi beberapa genre musik, seperti rock, hardcore, emo, atau industrial. Simak saja video-video dari Metallica, Korn, Nine Inch Nails, My Chemical Romance, atau Prodigy misalnya. Namun begitu, bukan berarti artis musik pop juga pantang berhoror-ria. Bahkan yang paling femomenal justru datang dari sang King of Pop itu sendiri, Michael Jackson'.

Siapa yang bisa melupakan video epiknya, untuk single klasik 'Thriller' (1982)? Bahkan saking "sinematis" video tersebut, ada juga versi panjang 'Thriller' dalam bentuk film pendek yang siap mencekam dengan barisan zombie menarinya. Lantas, selain 'Thriller', apa lagi kira-kira video musik pop yang tak kalah "seram", namun berkesan dan layak menjadi teman di pesta Halloween ini?

Langsung simak saja 10 Video Musik Pop Bertema Horor Untuk Menemani Halloween di bawah ini:

10. Everybody (Backstreet’s Back) (Backstreet Boys)

Diambil dari album internasional kedua Backstreet Boys, "Backstreet’s Back" yang dirilis di tahun 1997, Everybody (Backstreet’s Back) adalah sebuah pop-dance bubbly yang cerah ceria. Tapi untuk urusan videonya, ternyata boyband ini memilih untuk memasukkan horor di dalamnya. Disutradarai Joseph Kahn, video 'Everybody' memang tidak seserius itu dalam urusan horornya, karena pada dasarnya adalah penghormatan dalam bentuk parodi untuk genre horor dan pastinya mengingatkan akan 'Thriller' milik Micheal Jackson. Jadi, ya tentunya bisa harapkan monster, zombie atau hantu yang nge-dance dengan sangat skillful dalam videonya dan dipastikan akan memeriahkan suasana.


09. Get Ur Freak On (Missy Elliott)

Hip-hop yang ditawarkan Missy Elliot dalam hit singlenya, 'Get Ur Freak On' mungkin kental dengan nuansa dance. Tapi mungkin karena ada kata "freak" di dalam lagunya, maka video musiknya pun memasukkan unsur-unsur "freak" tadi di dalamnya. Secara tone, video seperti memadukan nuansa gothic yang kelam dan neon yang gemerlapan. Video sendiri menampilkan banyak sosok "freak" yang mungkin agak menakutkan untuk dipandang, tapi memang terasa pas sebagai bagian dari narasi untuk videonya.

08. Bad Romance (Lady Gaga)

Ide horor dari video 'Bad Romance', monster hit milik Lady Gaga bukanlah bersifat supernatural, tapi lebih dekat ke psikologis dan thriller. Diceritakan jika Gaga diculik oleh sekumpulan supermodel dan kemudian dijual ke mafia Rusia. Plot ini seolah melambangkan hubungan tak sehat yang diindikasikan dalam lagunya, termasuk dalam adegan yang memperlihatkan Gaga "tereksploitasi". Gambar-gambar di dalam video terkadang terkesan surreal, namun yang mungkin membuat seram sekaligus sedap dipandang adalah barisan penari dengan kostum serbah putih yang tak memperlihatkan wajah mereka. Gaya dance-nya lagi-lagi mengambil 'Thriller' sebagai pakem. Video 'Bad Romance' dikerjakan oleh sutradara kenamaan, Francis Lawrence (seri "The Hunger Games").


07. Disturbia (Rihanna)

'Disturbia' adalah sebuah salah satu bagian dari track bernuansa EDM yang memanfaatkan nuansa horor di dalam konsep audio visualnya. Video musik single milik Rihanna ini dikerjakan oleh sutradara Anthony Mandler yang memang sudah sering membantu RiRi sebelumnya. Surealistik adalah horor yang ditawarkan 'Disturbia', lengkap dengan imaji sosok-sosok yang "mengerikan". Bahkan RiRi sendiri terlihat seram dengan lensa kontaknya. Secara konsep, 'Disturbia' agak mirip dengan 'Bad Romance'. Bahkan adegan dance dalam 'Disturbia', sebagaimana 'Bad Romance', pun terinspirasi dari 'Thriller' Michael Jackson.


06. Turn Me On (David Guetta feat. Nicki Minaj)

Masih semangat nge-dance di Halloween ini? Tenang, karena kita masih ada video EDM yang siap menghantarkan rasa horor di dalamnya, 'Turn Me On', yang merupakan kolaborasi antara David Guetta bersama Nicki Minaj. Dalam ranah horor ada yang namanya "body horror", yaitu subgenre yang mengusung tentang alterasi fisik. Demikianlah yang diusung oleh video 'Turn Me On'yang disutradarai oleh Sanji ini. Guetta berperan sebagai seorang ilmuan dan Minaj adalah hasil eksperimennya, sebuah (seorang?) boneka yang dihidupkan layaknya manusia. Adegan "pengulitan" mungkin agak sulit untuk disaksikan bagi yang tak biasa, tapi video ini memang seru untuk disimak karena alurnya sangat mengingatkan akan sebuah film.


05. Haunted (Beyonce)

'Haunted' milik Beyonce adalah sebuah lagu yang atmosferik. Beat ritmisnya dipadu dengan atmosfir lagu yang gelap dan kelam. Untuk urusan video musiknya, Jonas Åkerlund, sang sutradara ingin menghadirkan Bey di sebuah mansion yang mengingatkan akan sebuah rumah hantu. Masih ingat film "Thirteen Ghosts", yang berkisah tentang rumah yang digunakan untuk "memenjarakan" banyak hantu? Nah, video 'Haunted' pun memiliki konsep serupa. Hanya saja penghuni rumah besar itu tidak hanya sosok hantu, namun banyak mahluk mengerikan dan tak biasa lain.

04. Stop and Stare (OneRepublic)

Anthony Mandler bertugas untuk menyutradarai video hit milik OneRepublic ini, 'Stop and Stare'. Sesuai dengan lagunya yang moody, maka konsep video pun tak kalah moody. Hanya saja, untuk mempertegas tema psikologis, Mandler menggali sisi horor di dalam video, lengkap dengan kuburan sebagai simbolisasi utama dari konsep visualnya. Video sendiri memang lebih kental dengan sisi psikologis itu sendiri, sehingga kesan "seram" dalam 'Stop and Stare' cenderung lebih serius dan menggelisahkan. Varias setelah video musik bertema horor dari musik pop yang cenderung ringan dan parodik.


03. Disconnected (Keane)

Grup Britpop Keane memang tidak ingin tanggung-tanggung dalam mengangkat tema horor untuk video single rilisan 2012 mereka, 'Disconnected'. Oleh karenanya untuk urusan penyutradaraan mereka mengajak dua sutradara asal Spanyol yang memang sudah menggarap beberapa film horor, Juan Antonio Bayona dan Sergio G. Sánchez, untuk membantu mereka. Hasilnya 'Disconected' memang lebih mirip film ketimbang video musik, lengkap dengan pola drama 3 babaknya. Disyuting di sebuah rumah angker di Barcelona, video mengambil inspirasi dari film-film horor era 70-an. Berkisah tentang sepasang kekasih yang diteror oleh sosok misterius sehingga kemudian mempertanyakan tentang mana realita, mana fantasi.


02. Monster (Kanye West feat. Jay-Z, Rick Ross, Bon Iver & Nicki Minaj)

Speaking of scary and provoking visual, video 'Monster' milik Kanye West ini mungkin bisa menjadi salah satu topiknya. Bahkan video dibuka dengan wanti-wanti jika ia bukan interprestasi dari prilaku misogonis, melainkan hanya ungkapan estetika seni saja. Mengapa tidak? Dengan model-model yang digantung, Kanye ngerap sambil memegang kepala seorang model dan aneka gambaran mengerikan lain bertabur di dalam video buatan Jake Nava ini. Tentunya ada penampakan sosok horor yang lebih konvensional seperti werewolf atau zombie, selain Nicki Minaj yang berperan ganda sebagai dominatrix dan pink Barbie-nya. Video kabarnya terinspirasi dari 'Thriller' hingga film "American Psycho" dan torture porn, "Saw".

01. 3 a.m. (Eminem)

Dan mari kita tutup daftar ini dengan Eminem dengan '3 a.m.' miliknya. Dengan Syndrome bertindak sebagai sutradara, video memperlihatkan alter ego Eminem, Slim Shady, yang melakukan pembantaian mengerikan. Terinspirasi dari kisah horor klasik, "Dr Jekyll and Mr Hyde", video memperlihatkan dua sisi seorang Eminem, baik dan jahat. Berseting di sebuah pusat rehabilitasi, sang Slim Shady melakukan pembantain tadi di jam 3 pagi. Sebagaimana 'Monster', tampaknya video '3 a.m.' pun terinspirasi dari trend sub-genre torture porn yang berkibar di era 2000-an berkat film-film seperti "Saw" atau "Hostel".

admincd
More from Creative Disc