10 Artis Ternama Ini Pernah Ditolak Oleh American Idol

Oleh: naya - 05 Apr 2018

American Idol merupakan salah satu kompetisi mencari bakat yang paling ternama saat ini. Setidaknya, para penggemar musik secara luas sudah pasti pernah mendengar hingga mengenali siapa-siapa saja artis jebolan American Idol. Terlebih, seperti kompetisi pencarian bakat lain, American Idol pun sudah "melahirkan" beberapa penyanyi ternama, yang meraih sukses besar pula.

Namun selain para pemenang dan kontestan yang mendapatkan perhatian publik berkat American Idol, rupanya ada beberapa artis ternama yang justru pernah ditolak oleh American Idol. Para artis ini ada yang sudah tersisih sejak babak kualifikasi awal, dan ada pula yang hingga sampai tingkatan audisi. Penasaran siapa saja? Di bawah ini kami punya daftarnya.

10. Hillary Scott

Kisah Hillary Scott mungkin menjadi salah satu kisah paling menarik dari artis yang tersisih dari American Idol, namun malah mampu meraih sukses yang jauh lebih besar. Dalam Entertainment Tonight, Hilary Scott mengisahkan bagaimana ia mengikuti American Idol hingga dua kali. Di keduanya, Hillary tak pernah lolos hingga babak pra-eliminasi. Ia pun mengungkap bagaimana ia hanya bertemu dengan tim produksi dan menyanyi unutk mereka, tanpa benar-benar bertemu juri.

Namun dibalik "kegagalan" tersebut, Hilary Scott justru meraih sukses dengan Lady Antebellum yang meraih sukses besar. Sejauh ini 7 penghargaan Grammy Awards dibawa pulang, seperti di pada tahun 2011, termasuk untuk kategori Record dan Song of the Year.

9. Colbie Caillat

Lain lagi kisah dari penyanyi satu ini. Colbie Caillat mengungkap bagaimana ia pun audisi hingga dua kali untuk American Idol. Keduanya, ia gagal di babak pra-eliminasi. Di salah satu audisinya, Colbie Caillat bahkan mengaku membawakan lagu (yang nantinya sukses menjadi hits debutnya), Bubbly.

Selepas (penolakan) American Idol, Colbie Caillat bertemu dengan produser Mikal Blue yang akhirnya membantu proses rekaman Bubbly hingga berhasil masuk (dan meledak) dalam album debut Colbie Caillat di tahun 2007, "Coco". Saat ini, Colbie Caillat baru saja merilis album "The Malibu Sessions", yang mana penyanyi yang pernah berduet dengan Jason Mraz untuk hits Lucky tersebut juga menggelar tur akustik.

8. Naya Rivera

Nama berikutnya yang rupanya juga pernah audisi untuk American Idol dan gugur di babak awal adalah Naya Rivera. Naya Rivera mengungkap ia pernah audisi untuk American Idol di San Fransisco, namun ditolak. Lucunya lagi, lagu "Emotion" dari the Bee Gees, yang ia bawakan ketika audisi justru membawanya mendapatkan peran sebagai Santana Lopez di Glee.

Pada tahun 2014 lalu, Naya Rivera memenangkan penghargaan sebagai Favorite TV Gal Pals, bersama Lea Michele di People's Choice Awards.

7. Mary Lambert

Mary Lambert pun mengaku dirinya pernah gagal dan ditolak oleh American Idol. Audisi itu rupanya dilakukan ketika Mary Lambert masih berusia 16 tahun. Meski gagal di American Idol, saat ini Mary Lambert justru dikenal sebagai penyanyi dan pencipta lagu yang berani menyuarakan berbagi isu.

Penyanyi kelahiran tahun 1989 ini pun baru saja merilis album EP, "Bold" pada bulan Mei 2017 lalu. Lead single untuk album tersebut, Hang Out With You sudah mulai dirilis pada tahun 2016 lalu.

6. Amber Riley

Amber Riley dalam satu kesempatan pernah menyebut, dengan bangga bagaimana ia "dibayar oleh Fox sekarang, so thank you American Idol," yang mengungkap bagaimana ia pernah ditolak ketika audisi untuk ajang pencarian bakat tersebut. Amber Riley lantas mengisahkan bagaimana ia kala itu, baru berumur 17 tahun dan nekat mengikuti audisi untuk American Idol musim kedua.

Namun dewi fortuna masih bersama Amber Riley. Ini terbukti ketika ia justru sukses besar dengan perannya sebagai Mercedes Jones di serial Glee, yang membawa nama Amber Riley, bisa dibilang sangat dikenal luas. Saat ini pun, penyanyi satu ini kembali meraih sukses dengan perannya sebagai Effie White di Dream Girls. Berkat peran tersebut, Amber Riley mendapuk penghargaan Best Actress in a Musical dari Laurence Olivier Award dan Whatsonstage.com Award.

5. Maren Morris

Maren Morris juga menjadi sebuah kisah sukses dari penolakan American Idol. Pada Rolling Stone, penyanyi ini mengisahkan bagaimana perasaannya, yang kala itu baru berusia 17 tahun harus berjalan keluar dari stadium setelah gagal melanjutkan ke babak berikutnya.

Meski akhirnya meraih sukses di dunia hiburan, Maren Morris pun mau tak mau menambahkan bagaimana menjadi sebuah ironi saat ini banyak kontestan ajang pencarian bakat yang membawakan lagu hitsnya, My Church di televisi.

4. Colton Swon

Colton Swon, saat ini memang dikenal sebagai satu dari dua orang member duo group The Swon Brothers yang memenangkan peringkat tiga di The Voice musim keempat pada tahun 2013 lalu. Namun sebelum meraih sukses di panggung The Voice, yang menjadikan mereka duo pertama yang berhasil masuk ke dalam Top 12, Colton Swon sudah lebih dulu menjajal peruntungan di panggung American Idol season 7.

Sayangnya, Colton Swon harus gagal di babak 48 besar dan dikirim pulang oleh juri Simon Cowell, Paula Abdul, Randy Jackson dan Kara DioGuardi. Saat ini, Colton Swon bersama The Swon Brothers baru saja merilis album EP "Pretty Cool Scars" pada Maret 2017 lalu.

3. Alan Ritchson

Pernah menyangka bahwa aktor yang dikenal luas berkat perannya di  The Hunger Games: Catching Fire dan dua seri film  Teenage Mutant Ninja Turtles ini rupanya pernah menunjukan aksinya di American Idol. Alan Ritchson menjadi satu dari 87 kontenstan di American Idol season 4. Salah satu penampilan Alan Ritchson di panggung American Idol bahkan sangat memorable, dimana ia menari striptease untuk juri Paula Abdul.

Namun, ya, saat ini Alan Ritchson memang jauh lebih aktif menjadi aktor Hollywood dari pada memperdalam karier di dunia tarik suara, meski ia pernah merilis album "This Is Next Time" pada 2006 lalu.

2. Mickey Guyton

Nasib Mickey Guyton di American Idol terbilang tragis. Datang dari Nashville, Mickey Guyton mengadu peruntungan di American Idol season 8 dan berhasil masuk hingga 24 besar. Sayang, sebelum live show, Mickey Guyton justru ditolak ketika tengah menyanyikan lagu final terakhirnya. Bahkan pada tayangan televisi American Idol, Mickey Guyton hanya ditunjukkan satu kedipan mata saja!

Mickey Guyton baru saja merilis single Heartbreak Song pada tahun 2016 lalu.

1. Tori Kelly

Tori Kelly menjadi satu lagi kisah sukses setelah penolakan dari American Idol. Dengan banyaknya komplain mengenai talent yang masuk ke American Idol pada season 9 tahun 2010, Tori Kelly, yang saat itu berumur 16 tahun justru harus tereliminasi pada babak 24 besar. Bukan itu saja, Tori Kelly saat itu juga disebut memiliki suara yang menyebalkan oleh juri Simon Cowell.

Tak putus asa dengan mimpi besarnya sebagai penyanyi, Tori Kelly lantas mengambil jalur YouTube dengan merilis beberapa lagu cover. Salah satunya cover dari lagu Thinking About You milik Frank Ocean yang menjadi viral dan hingga saat ini sudah ditonton lebih dari 26 juta kali.

Saat ini Tori Kelly bergabung dengan Scooter Braun dan mendapatkan kontrak dengan Capitol Records. Ia pun menjadi pembuka konser Ed Sheeran dan Sam Smith. Tak terlalu buruk, 'kan?

naya
More from Creative Disc