Trending News

Blog Post

Super Junior Adalah Artis K-Pop Pertama Yang Sukes Menembus Chart Latin Billboard
Music News

Super Junior Adalah Artis K-Pop Pertama Yang Sukes Menembus Chart Latin Billboard 

Tidak terbantahkan jika Super Junior (SuJu) merupakan salah satu musisi yang berjasa mengangkat nama K-Pop ke pentas internasional. Kini boyband senior ini kembali mencatatkan prestasi baru di karir mereka, karena SuJu menjadi musisi K-Pop pertama yang sukses menembus chart Latin milik Billboard.

Prestasi ini didapat berkat single baru mereka, ‘Lo Siento’, yang diisi juga dengan lirik berbahasa Spanyol, selain Korea dan Inggris. Single hasil kolaborasi bersama Leslie Grace dan Play-N-Skillz ini debut di posisi #13 di chart Latin Digital Song Sales. ‘Lo Siento’ juga debut di posisi #2 World Digital Song Sales, dan tercatat sebagai performa terbaik kedua SuJu setelah single rilisan 2011 mereka, ‘A-Cha’, yang juga duduk di posisi #2.

Masuknya ‘Lo Siento’ ke dalam chart berbahasa Latin ini selain menandakan yang pertama bagi musisi K-Po, juga menambah kawasan baru untuk dimasuki oleh skena musik Korea Selatan. Dengan muatan lirik trilingual, single memang memenuhi syarat untuk masuk baik di chart Latin (berkat lirik bahasa Spanyol-nya) dan chart World Songs (berkat bahasa Korea-nya). Sukses single juga bisa menjadi catatan tersendiri, karena kini terbuka lebar kesempatan kolaborasi untuk artis Korea dan Latin, karena telah terbukti juga bisa menuai sukses. Selain pastinya memenuhi selera baik para fans musik Latin maupun K-Pop.

‘Lo Siento’ merupakan single andalan SuJu untuk album “Replay”, yang merupakan repackaged untuk album “Play” yang dirilis di tahun 2017 lalu. “Replay” debut di posisi #2 World Albums Billboard pekan ini.

Related posts

Leave a Reply