Trending News

Blog Post

Nicki Minaj Dituntut Tracy Chapman Atas Tuduhan Pelanggaran Hak Cipta
Music News

Nicki Minaj Dituntut Tracy Chapman Atas Tuduhan Pelanggaran Hak Cipta 

Penyanyi dan penulis lagu kenamaan, Tracy Chapman, telah mengajukan Nicki Minaj ke meja hijau dengan tuduhan jika track sang femcee bersama Nas, ‘Sorry’, menggunakan lagu klasik miliknya, ‘Baby Can I Hold You’, sebagai sampel dengan tanpa izin.

Menurut laporan TMZ dan kemudian dikonfirmasi oleh Pitchfork, Tracy mengungkap jika ia telah berulang kali menolak pengajuan izin penggunaan lagu untuk ‘Sorry’, yang rencananya akan hadir di album baru Nicki, “Queen”, di bulan Juni 2018 lalu.

Lagu memang batal hadir di album, namun DJ Funkmaster Flex memutarnya di acara miliknya di stasiun radio Hot 97, New York. Charlamagne Tha God juga memutar ‘Sorry’ di acara radio miliknya, “The Breakfast Club”, dan lagu kini siap tersaji secara online.

Menilik pengajuan tuntutan hukum ini, lagu milik Nicki “memasukkan lirik dan melodi vokal” dari “bagian paling mudah dikenali dan paling berkesan” dari ‘Baby Can I Hold You’. Nicki dituduh menggunakan bagian ini sebagai sampel tanpa izin. Tuntutan Tracy berisi permintaan untuk melarang lagu untuk dirilis kembali serta kompensasi finansial.

Nicki sempat mengungkap tentang keinginannya untuk menggunakan sampel lagu Tracy ini sebelum album “Queen” dirilis, bahkan rela memundurkan jadwal rilis segala. Tapi rupanya ia gagal, sehingga akhirnya “Queen” pun tidak menyertakan ‘Sorry’ sebagai bagian dari dirinya. Tracy sendiri sempat mendapat “bully” dari para fans Nicki karena tidak bersedia untuk memberikan izin penggunaan ‘Baby Can I Hold You’ untuk ‘Sorry’.


Related posts

Leave a Reply