Trending News

Blog Post

18 Album Terbaik 2018 Versi Creative Disc
Top 10 Lists

18 Album Terbaik 2018 Versi Creative Disc 

14. “Invasion of Privacy” (Cardi B)

Semua berkat hit viralnya, ‘Bodak Yellow’. Bintang terang sepertinya memang sedang menaungi Cardi B, karena namanya terus dan terus menanjak. Semakin lengkap dengan hadirnya album debuttnya, “Invasion of Privacy“. Sebelum menuduh Cardi sebagai artis karbitan, ia sebelumnya telah melatih skill-nya dalam dua mixtape secara solo. Seharusnya itu sudah cukup. Saat ‘Bodak Yellow’ dirilis ia sudah memiliki tiplogi khas yang membedakan Cardi dengan barisan rapper lain. Yang menarik dari “Invasion of Privacy” adalah janji hip-hop yang tidak hanya catchy namun juga memiliki kedalaman. Kritikan sosial yang diramu oleh track tersebut gampang dicerna berkat komposisinya yang memang renyah.


15. “Camila” (Camila Cabello)

Terlepas dari drama yang terjadi selepas Camila memutuskan keluar dari girl group yang membesarkan namanya, Fifth Harmony, kita harus memberi pujian akan dedikasi dan tekad Camila untuk bisa membuktikan kekuatannya sebagai seorang artis solo. Sebuah album pop yang mengadopsi formula termutakhir tanpa terdengar terlalu artifisial. Itulah kekuatan “Camila” yang keseluruhan materinya ditulis langsung oleh Camila – sesuatu sebelumnya yang tak bisa dilakukannya -. Dengan kontrol kreatif terjaga serta paduan komersialisme dan idealisme secara pas, tidak heran jika “Camila” adalah sebuah album debut yang sangat menjanjikan dari seorang Camila Cabello.


16. “Caution” (Mariah Carey)

Di tahun ini, Mariah Carey menghadiahi para penggemarnya dengan album terbaru berjudul “Caution”. Di albumnya yang ke-15 ini, Mariah Carey seperti kembali ke asal, pada root musik pop dengan sentuhan R&B yang membuat karya-karyanya dikenal luas. Tanpa embel-embel kolaborasi dengan nama besar, terbukti album ini menjadi spotlight bagi Mariah Carey untuk bersinar. Dan album ini mampu merangkum kharisma seorang Mariah Carey, sekaligus memberikan pernyataan tegas bahwa Mariah Carey tetap layak disebut sebagai seorang Diva sampai kapan pun, whether you like it or not.


17. “Voicenotes” (Charlie Puth)

Setelah sempat juga mengalami pergantian tanggal rilis, akhirnya album studio kedua Charlie Puth, “Voicenotes”, hadir juga. Ini merupakan langkah penting bagi Charlie sebagai seorang penyanyi. Oleh karena itu, patut dipuji langkah Charlie untuk melangkah maju secara musikalitas dan tidak mengulang formula balada yang membuat namanya terkenal seperti di album debut tadi. “Voicenotes” diisi track-track kontemporer yang umumnya bergerak dalam tempo sedang hingga cepat. Sebagian besar adalah bop dan pastinya radio-friendly.


18. “Malibu Nights” (LANY)

Album kedua mereka, “Malibu Nights”, menegaskan jika LANY tidak main-main dengan karir mereka. Jadi, meski menghadirkan materi lagu-lagu yang catchy, album juga mengadirkan sisi rapuh mereka dengan cukup baik, Lirik-lirik yang bercerita tentang cinta, kerinduan dan kehilangan selepas putus cinta dipadukan dengan instrumen gitar, piano dan drum yang personal dan intim. Hasilnya, “Malibu Nights” adalah koleksi pop yang sulit untuk dilewatkan pesonanya.

Kalau versi kamu, apa album terbaik di tahun 2018 ini?

Related posts

Leave a Reply