Quantcast

Creative Disc Exclusive Single: 24 Dec 2018

By - 3 months ago in Creative Disc Exclusive Single

Sam Smith (Alb. OST. Watership Down / Universal Music) – Fire on Fire

Sam Smith menutup tahun 2018-nya dengan merilis single berjudul ‘Fire On Fire’. Sayangnya bukan single untuk album barunya, namun lagu tema untuk mini seri berjudul “Watership Down”, dan akan tayang di Netflix. Dalam ‘Fire On Fire’ sang penyanyi asal Inggris kembali ke wilayah familiarnya, sebuah balada anthemik yang bergelora, meski soul agak dipinggirkan untuk memberi ruang yang lebih lebar pada kosa kata popnya. Tapi tak mengapa, karena lagu yang diproduser oleh Steve Mac dan direkam di Abbey Road Studios bersama BBC Concert Orchestra ini “sangat Sam Smith sekali.” Single dirilis tanggal 21 September.


Ally Brooke (Single / Atlantic) – The Truth Is In There

Tepat sebelum tahun 2018 berakhir, Ally Brooke memutuskan untuk merilis sebuah single untuk aksi solonya, berjudul ‘The Truth Is In There’. Dengan mengandalkan ketukan ritme berderap dan nuansa dance yang diantarkan oleh beat electronic, lagunya memang cukup berbeda dengan lagu-lagu Fifth Harmony, tapi berada di atmosfer yang sama. Lagipula ‘The Truth Is In There’ selaras dengan lagu-lagu Ally saat ia membantu beberapa musisi EDM beberapa waktu lalu. Sebagai catatan, ‘The Truth Is In There’ merupakan bagian dari kampanye “Wellness That Works” yang dipandu oleh Oprah Winfrey. Single dirilis tanggal 21 September.


5 Seconds of Summer feat. Julia Michaels (Alb. Youngblood / Universal Music) – Lie to Me

Rupanya 5 Seconds Of Summer telah memilih ‘Lie To Me’ sebagai single terbaru dari album “Youngblood” milik mereka. Dan guna kepentingan perilisan sebagai single, 5SOS memutuskan untuk meremix lagu dengan menghadirkan tambahan vokal dari Julia Michaels. Versi baru ‘Lie To Me’ masih setia dengan produksi orisinalnya, sebuah anthem emo yang melankolis. Hanya saja tambahan vokal Julia yang evokatif menambah kedalaman tersendiri dalam lagunya. Tidak heran jika balada mid-tempo yang kaya dengan sound electronic lembut ini terasa lebih emosional. Single dirilis tanggal 21 September.


Dido (Alb. Still On My Mind / BMG) – Friends

Berbarengan dengan dibukanya pre-order album kelimanya, “Still On My Mind”, Dido merilis lagu lain untuk album tersebut, ‘Friends’, sebagai instant-grat. Berbeda dengan single sebelumnya, ‘Hurricane’ yang bergaya meditatif dan mengusung trip-hop andalan Dido, maka ‘Friends’ cenderung lebih nge-pop, meski tetap terdengar trippy. Hanya saja Dido membungkus lagunya dalam semangat deep house yang mengundang. Tampaknya “Still On My Mind” adalah sebuah album yang layak untuk ditunggu, selain pengobat rindu selepas Dido absen selama 5 tahun merilis album. Single dirilis tanggal 21 Desember.


Galantis feat. Sofia Carson (Single / Atlantic) – San Francisco

Galantis kembali lagi dengan EDM bercorak pop-bubbly mereka. Kali ini sebuah lagu berjudul ‘San Francisco’ dengan mengandeng Sofia Carson sebagai pengisi vokal. Lagu terinspirasi dari penampilan Galantis di kota tersebut dan diniatkan sebagai tribut kepada San Francisco. Menggabungkan tiupan trumpet yang upbeat dan vocoder melodik, lagu dibawakan Sofia dengan cantik. Track pop house ini memang menggoda untuk disimak. Single dirilis tanggal 21 September.


XYLØ (Single / Sony Music) – Freak

Melalui Twitter XYLØ mengungkap jika single barunya, ‘Freak’, didedikasikan kepada orang-orang yang salah dipahami dan “ganjil” seperti dirinya. Sebuah anthem self-empowerment kalau begitu. Dan XYLØ menghadirkannya dalam lagu bergaya pop-rock yang enerjik dan playful tanpa mengurangi sisi edgy yang kita kenal dari seorang XYLØ. Single dirilis tanggal 21 Desember.


Jhené Aiko (Single / Def Jam) – Wasted Love Freestyle

Tahun 2018 cukup senyap bagi Jhené Aiko. Dan ia membuat fans senang dengan kembali aktif di media sosial di bulan November selepas hiatus singkat. Aktif kembali ke media sosial bisa jadi karena Jhené Aiko ingin menawarkan materi barunya dan benar saja karena ia kini telah merilis sebuah single moody dan down-tempo berjudul ‘Wasted Love Freestyle’. Di tengah kabar putusnya ia dari sang kekasih, Big Sean, spekulasi muncul jika lagu berkisah tentang hubungan asmaranya yang kandas. Yang pasti Jhené Aiko hanya menyebut jika lagunya adalah tentang cinta. Single dirilis tanggal 20 Desember.


Jay Sean (Single / Camouflage Entertainment) – Need To Know

Selepas merilis single ‘Emergency’ dan ‘Say Something’ di tahun 2018 ini, Jay Sean menutupnya dengan sebuah single lain berjudul ‘Need To Know’. Pop-R&B masih menjadi acuan bintang asal Inggris berusia 37 tahun ini. Nuansa urban begitu memenuhi atmosfer lagu mid-tempo ini sehingga terdengar agak 90-an dan tentunya dewasa, yang pas dengan perkembangan musikalitas Jay. Oh ya, ini adalah salah dua single baru yang dirilis Jay dalam waktu bersamaan, selain ‘Now or Later’. Single dirilis tanggal 21 Desember.


Alex Aiono (Single / Interscope) – As You Need

Alex Aiono menunjukkan versatilitasnya dengan menghadirkan single berjudul ‘As You Need’ ini. Di dalamnya kita bisa mendengar Alex yang bernyanyi dengan penghayatan prima dan sisi emosional yang tergali secara subtil. Tidak heran karena ‘As You Need’ adalah sebuah balada minimalistik di mana Alex bernyanyi ditemani gitar akustik. Hasilnya adalah sebuah lagu yang manis dan menghanyutkan. Single dirilis tanggal 21 Desember.


Luke Christopher (Single / Sony Music) – Don’t Look Back

Balada juga dihadirkan rapper dan penyanyi Luke Christopher dalam single barunya, ‘Don’t Look Back’. Hanya tentu saja karena R&B dan hip-hop adalah genre yang dipilih Luke, maka ‘Don’t Look Back’ pun dibalur dalam pendekatan musikalitas seperti itu. Di dalam lagu Luke meniupkan emosinya dengan cukup kuat, sehingga lagu terdengar menyentuh meski beat-nya terdengar cukup ritmis dan menghentak. Single dirilis tanggal 21 Desember.


SHAUN feat. Conor Maynard (Single / Spinnin’) – Way Back Home [Sam Feldt Edit]

‘Way Back Home’ adalah lagu milik bintang asal Korea Selatan, SHAUN, yang terdapat dalam EP bertajuk “Take”. Kini lagu pop-tropical lembut tersebut dirilis ulang untuk pasar internasional dengan menghadirkan remix oleh Sam Feldt dan tambahan vokal berbahasa Inggris oleh Conor Maynard. Karena Sam adalah pengusung deep house, maka versi remis ‘Way Back Home’ ini pun dihadirkan dalam pendekatan serupa tanpa menghilangkan pengaruh tropical versi aslinya. Single dirilis tanggal 21 Desember.

Special Thanks to Sony Music Indonesia, Universal Music Indonesia, Warner Music Indonesia, dll.


Love Film. Love Books. Love Music. And Everything in Between.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | March 20, 2019 By

Why Don’t We Ajak Macklemore Berkolaborasi Dalam ‘I Don’t Belong In This Club’

Music News | By

Myspace Kehilangan Nyaris Sebagian Besar Data Mereka

Music News | By

Konser Di Manchester, Nicki Minaj Beri Tribut Kepada Para Korban Pengeboman