Pertama Kali Dalam Sejarah, Nominasi Album of the Year Grammy Sertakan Album Yang CD-nya Tidak Rilis

Oleh: admincd - 21 Dec 2018

Untuk pertama kalinya semenjak era compact disc, nominasi Album of the Year Grammy tahun ini menampilkan album yang tidak pernah dirilis dalam bentuk CD, yaitu "Invasion of Privacy" milik Cardi B dan album self-titled milik H.E.R.

Album-album tersebut melewati format CD untuk perilisan mereka di Amerika Serikat dan lebih memilih dirilis dalam versi streming, unduhan digital dan vinyl. Ini merupakan kali pertama semenjak tahun 1984 untuk kategori Album of the Year di mana nomine-nya tidak dirilis dalam bentuk CD.

CD komersial diperkenalkan di tahun 1982 dengan album "Thriller" Michael Jackson dan "Synchronicity" dari The Police sebagai yang pertama menggunakan format ini masuk dalam kategori Album of the Year di Grammy 1984, sebagaimana data yang bersumber dari Discogs.

Absennya CD album Cardi dan H.E.R. ini memang tidak mengejutkan, mengingat makin berkurangnya pamor CD dari tahun ke tahun di sepanjang dekade terakhir. Di tahun 2007, CD menyumbang 90% dari penjualan album di Amerika Serikat. Namun tahun lalu hanya sekitar 18% saja, sebagaimana yang dilaporkan oleh Nielsen Music.

Dengan kondisi seperti ini, maka album Cardi B dan H.E.R. kemungkinan besar akan menjadi yang pertama untuk para penyusulnya di masa mendatang untuk nominasi Album of the Year Grammy, yaitu album yang tak memiliki perilisan CD.

admincd
More from Creative Disc