Quantcast

Creative Disc Exclusive Single: 04 Feb 2019

By - 4 months ago in Creative Disc Exclusive Single

Billie Eilish (Alb. When We All Fall Asleep, Where Do We Go? / Interscope) – bury a friend

Menyusul pengumuman album barunya, Billie Eilish kemudian merilis sebuah single baru pula. Berjudul ‘Bury A Friend’, lagu diset sebagai single andalan untuk album “When We All Fall Asleep, Where Do We Go?”. Mengusung alunan alt-pop yang atmosferik, ‘Bury A Friend’ merupakan gambaran pas untuk cover-art albumnya, di mana Billie membangun rasa suram dan menghantui dalam ketukan nada yang sebenarnya cukup intens. ‘Bury A Friend’ lagi-lagi adalah kolaborasi Billie bersama kakak laki-lakinya, Finneas O’Connell. Di dalamnya kita bisa mendengar Billie yang bernyanyi dengan lirik tak kalah gloomy. Single dirilis tanggal 30 Januari.


Ally Brooke (Single / Atlantic) – Low Key (feat. Tyga)

Setelah menjadi featuring act di beberapa single musisi lain, sebuah lagu cover untuk Natal dan anthem Weight Watcher, mantan personel Fifth Harmony, Ally Brooke, akhirnya akan benar-benar merilis single solo yang menjadi debutnya, ‘Low Key’. ‘Low Key’ adalah sebuah bop yang dihadirkan Ally dengan mengusung beat ala Latin yang catchy. Dengan chorus yang repetitif, ‘Low Key’ memang langsung mengikat pada sekali dengar, sementara Tyga memeriahkan dengan verse rapnya. Iramanya memgundang untuk berdansa, sehingga Ally menampilkan talenta-nya dalam ngedance dengan koreografi ciamik pula dalam klipnya. Single dirilis tanggal 31 Januari.


Lizzo (Single / Back Lot Music) – Stayin’ Alive (from Happy Death Day 2U)

Lizzo, sedang mempersiapkan album ketiganya, “Cuz I Love You”, yang akan dirilis di tahun ini. Tapi, sebelum album tersebut rilis, Lizzo sudah menghadirkan sebuah single barunya. Memang tidak benar-benar baru, melainkan sebuah cover-version dari hits disko klasik Bee Gees, ‘Stayin’ Alive’. Disko masih menjadi usungan, sementara Lizzo dengan enerjik membawakan lagunya. Aroma retro masih kental mewarnai lagu, namun ia juga mengemas lagu dengan pendekatan pop yang kekinian, sehingga lagu tetap terdengar “uptodate”. Single dirilis tanggal 2 Februari.


Astrid S (Single / Universal Music) – Someone New

Tahun 2019 ini akan menjadi tahun yang penting bagi bintang asal Norwegia, Astrid S. Ia menjanjikan akan merilis album debutnya tahun ini. Kini, ia membuka tahun dengan lagi menghadirkan single berjudul ‘Someone New’ yang mematangkan musikalitasnya. Sebagaimana lagu Astrid S lainnya, track pop dengan imbuhan electro maka ‘Someone New’ yang bertempo sedang ini juga pengecualian. Yang juga tak absen dalam lagu adalah energi dan subtilitas yang lagi-lagi dipamerkan Astrid S dalam nyanyiannya, sehingga meski sebenarnya sederhana, lagu tetap terdengar menawan. Single dirilis tanggal 1 Februari.


LÉON (Alb. LÉON / BMG) – You and I

Padahal LÉON baru saja merilis kolaborasinya bersama Grey dalam ‘Want You Back’, namun kini sang bintang berusia 24 tahun sudah menghadirkan lagu baru lain yang bertajuk ‘You And I’. Di dalamnya sang bintang asal Swedia berkisah tentang perjuangan untuk bertahan selepas putus cinta. Alih-alih “move on”, ia malah bermimpi tentang berbaikan kembali dengan sang pacar, meski sebenarrnya peluangnya kecil. Meski berkisah tentang patah hati, tidak berati LÉON menghadirkan lagunya dalam melodi menye-menye dramatis melankolis. Malah ‘You and I’ dihadirkan sebagai sebuah bop synth-pop up-beat yang anthemik dengan chorus yang memiliki hook kuat. Single dirilis tanggal 1 Februari.


ALMA (Alb. Have You Seen Her? / Universal Music) – When I Die

ALMA membuka tahunnya dengan menghadirkan single berjudul ‘When I Die’.
Menilik judul, tema yang diusung ALMA memang agak berat, yaitu kontemplasi tentang kematian. Meski temanya agak berat, tapi ini ALMA yang kita bicarakan, yang dikenal dengan lagu-lagu bersertifikasi bop-nya. ‘When I Die’ pun bukan pengecualian. Pop upbeat yang disajikan lagu agak mengingatkan ‘When I Grow Up’ milik Pussycat Dolls, hanya saja ALMA membungkusnya dengan lebih fierce dan jeda subtil di tengah-tengah. Single dirilis tanggal 1 Februari.


Jarryd James (Alb. Have You Seen Her? / Dryden Street) – Slow Motion

Jarryd James sukses menarik perhatian di tahun 2015 berkat ‘Do You Remember’ dan kemudian disusul dengan ‘1000x’ bersama Broods. Kini ia kembali dengan sebuah single baru berjudul ‘Slow Motion’. Kali ini pengusung perpaduan R&B dan electronica asal Australi ini menghadirkan sebuah lagu bercorak alt-R&B yang moody dalam ‘Slow Motion’. Tapi, berbeda dengan ‘1000x’ yang lebih atmosferik, balada yang diusung Jarryd dalam ‘Slow Motion’ terdengar lebih up-tempo. Single dirilis tanggal 30 Januari.


Lil Peep & iLoveMakonnen (Single / Columbia Records) – I’ve Been Waiting (feat. Fall Out Boy)

Di tahun 2017 lalu, Lil Peep mengungkap pada XXL jika iLoveMakonnen dan Fall Out Boy adalah artis yang karya-karyanya mereka kerap didengar saat tumbuh dewasa. Setelah ia kemudian meninggal dunia, rasa-rasanya mimpi sang rapper untuk berkolaborasi bersama idolanya sirna sudah. Tapi ternyata, mimpi Lil Peep ini bisa menjadi nyata, karena di Kamis, 31 Januari, rilis single kolaborasinya bersama iLoveMakonnen dan Fall Out Boy berjudul ‘I’ve Been Waiting’. Menariknya, kolaborasi tiga musisi ini justru hadir dalam sebuah track up-beat yang cukup funky. Nyaris tidak ada pengaruh hip-hop atau rock di dalamnya. ‘I’ve Been Waiting’ adalah sebuah track pop-dance yang upbeat, ceria dan mengundang perhatian. Single dirilis tanggal 31 Januari.


Simple Creatures (Single / BMG) – Drug

Mark Hoppus (Blink-182) dan Alex Gaskarth (All Time Low) berkolaborasi dalam sebuah duo bernama Simple Creatures. Dan kini duo ini merilis single debut mereka dan sekaligus menjadi ekspektasi apa yang akan mereka kerjakan ke depannya. Berjudul ‘Drug’, Simple Creatures tak meluoakan akar punk dan rock mereka, yang dibuktikan dengan riff gitar eletrik dan ketukan drum bergemuruh, tapi memang kosa kata pop terdengar lebih tebal. Menarik. Single dirilis tanggal 25 Januari.


Before You Exit & Lash (Alb. love, pain, & retrospect / Before You Exit) – Numb

Trip pop-rock Before You Exit tampaknya semakin dalam dengan pilihan pop-electronic mereka. Yang terbaru dari mereka, ‘Numb’, adalah buktinya. Berkolaborasi bersama Lash, ‘Numb’ dibuka dengan pendekatan ala tropical sebelum berkembang menjadi anthem future bass di bagian chorus. Sepuluh tahun setelah EP “A Short Story Long”, maka album debut mereka, “love, pain, & retrospect”, tampaknya akan sangat menarik untuk disimak. Single dirilis 1 Februari.


Galantis (Single / Atlantic) – Bones (feat. OneRepublic)

Duo asal Swedia, Galantis, baru saja meluncurkan proyek kolaboratif mereka bersama OneRepublic dalam sebuah lagu berjudul ‘Bones’. Mendengarkan lagunya mengingatkan akan ‘Wake Me Up’ milik Avicii atau kolaborasi antara Marshmello dengan Bastille dalam ‘Happier’, yaitu perpaduan pop-dance bersama rock-folk. Tapi, kelebihan dari ‘Bones’ adalah ia memiliki porsi yang cukup seimbang antara nuansa musikal Galantis dan OneRepublic. Meski hasil akhirnya memang lebih nge-pop ketimbang dance. Tapi tak mengapa, karena ‘Bones’ tetap sebuah hasil kolaboratif yang seru untuk disimak. Single dirilis tanggal 31 Januari.

Special Thanks to Sony Music Indonesia, Universal Music Indonesia, Warner Music Indonesia, dll.


Love Film. Love Books. Love Music. And Everything in Between.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | June 18, 2019 By

Album Comeback Jonas Brothers, “Happiness Begins”, Sukses Sebagai Debut Terbesar Billboard 200 Tahun Ini

Music News | By

Galantis & Yellow Claw Rilis Kolaborasi Musim Panas, ‘We Can Get High’

Music News | By

Lorde Kembali Ke Media Sosial & Beri Kabar Tentang Album Ketiganya