Quantcast

Creative Disc Exclusive Single: 15 Apr 2019

By - 2 months ago in Creative Disc Exclusive Single

Avicii (Alb. Tim / Universal Music) – SOS (feat. Aloe Blacc)

Pekan lalu keluarga Avicii telah mengumumkan jika mereka akan merilis sebuah album postumous sang DJ sebagai bentuk penghormatan. Kini sudah dirilis pula single perdana untuk album berjudul “Tim” tersebut. Istimewanya, lagu dengan judul ‘SOS’ ini kembali menggandeng nama Aloe Blacc sebagai pengisi vokal. Sebagaimana ‘Wake Me Up’, maka ‘SOS’ juga adalah sebuah single fusi. Hanya saja bukan EDM-folk, melainkan sebuah pop-dance yang melodik. Dengan meminjam instrumentasi ala tropical, Aloe menghembuskan vokalnya yang soulful dalam lagu, sehingga perpaduan beat dan vokalnya menjadikan ‘SOS’ sebagai lagu yang atentif. Single dirilis tanggal 10 April.


P!nk (Alb. Hurt 2B Human / RCA) – Can We Pretend (feat. Cash Cash)

menyajikan gaya berbeda lagi, yaitu sebuah track dance-pop yang bergaya club tropical. Pilihan yang agak mengejutkan memang, mengingat Pink dikenal dengan lagu-lagu yang relatif “gahar”. Banger manis ini dengan sukses dibawakan Pink berkat kolaborasinya bersama trio kenamaan pengusung EDM, Cash Cash. Tidak hanya memberi penekanan pada synth yang mengkilap dan beat dance seru, serta mengandalkan hook pada chorus, Cash Cash tak melupakan kalau kekuatan utama Pink tersebut terdapat di dalam vokalnya, sehingga lagu tetap mengedepankan nyanyian enerjetik ala Pink. Single dirilis tanggal 11 April.


Ellie Goulding (Single / Polydoor) – Sixteen

Masa remaja adalah masa yang indah, apalagi jika kita mengenangnya saat telah memasuki usia yang jauh dewasa. Meski tentunya ada masa-masa sulit, tapi nostalgia masa remaja selalu terasa menyenangkan. Begitu pula yang dirasakan Ellie Goulding di single barunya, ‘Sixteen’. Dengan antaran beat electropop bertempo sedang yang ringan dan manis, Ellie, yang kini berusia 32 tahun, teringat akan kekasihnya di masa remaja tersebut. Melalui lagunya Ellie juga ingin mengingatkan, meski usia bertambah, namun nuansa magis masa remaja jangan sampai hilang. Tidak boleh terlupakan hanya gara-gara kini kita sudah dewasa. Single dirilis tanggal 12 April.


Norah Jones (Alb. Begin Again / Capitol) – Begin Again

Penyanyi dan penulis lagu pemenang 6 buah Grammmy, Norah Jones, telah merilis sebuah album berjudul “Begin Again”. Menjelang perilisan album, Norah juga sudah merilis single untuk album, tepatnya track yang menjadi judul album, ‘Begin Again’. Di dalamnya Norah mengusung pendekatan pop-folk-soul yang lebih konvensional, dengan piano yang memang menjadi senjata utama Norah, menjadi tandemnya dalam membawakan lagu. Single dirilis tanggal 12 April.


Chris Brown (Single / RCA) – Back to Love

Chris Brown baru saja menghadirkan single barunya, ‘Back To Love’, yang menampilkan dirinya nge-dance dengan sangat enerjetik dan jelas sangat terinspirasi dari gaya dance Michael Jackson. Elemen fantasi pun memperkaya visual klip. Sebenarnya ‘Back To Love’ tak terlalu mengingatkan akan lagu-lagu MJ, tapi sebagai sebuah lagu pop-R&B, ia mengusung beat yang cukup groovy yang memang pas jika dibawakan dengan menari ala sang Raja Pop. Single dirilis tanggal 11 April.


Mark Ronson (Alb. Late Night Feelings / Sony Music) – Late Night Feelings (feat. Lykke Li)

Era patah hati milik Mark Ronson akan segera dimulai karena ia secara resmi sudah mengumumkan album berjudul “Late Night Feelings”. Tidak hanya itu, ia juga menggandeng Lykke Li untuk lagu yang dilepas menjadi single, ‘Late Night Feelings’. Bertempo sedang, ‘Late Night Feelings’ tidaklah benar-benar sebuah “sad banger” sebagaimana yang disebut Mark, malah kental dengan pop-dance-tropical yang groovy. Tapi memang ada melankolisme tersendiri dalam lagunya, terutama di bagian bridge. Single dirilis tanggal 12 April.


Maren Morris (Alb. For The Throne / Sony Music) – Kingdom of One

Dengan dimulainya penayangan musim terakhir “Game of Thrones“, maka sudah terungkap juga beberapa lagu yang diambil dari album soundtracknya. Salah satu yang dirilis sebagai single adalah ‘Kingdom of One’ yang dibawakan oleh bintang country kenamaan, Maren Morris. Track balada akustik ini memang lebih condong ke pop-folk ketimbang country, tapi memang pas untuk mengusung nuansa gelap yang diusung oleh serialnya. Maren meniupkan emosi yang kuat di dalam lagu, sementara balada akustik yang membuka lagu kemudian malih rupa menjadi sebuah track atmosferik yang terkesan megah dan tentunya sinematik. Single dirilis tanggal 12 April.


push baby (Single / SRV LabelCo) – mama’s house

Ucapkan selamat tinggal pada band pop-rock Rixton, karena kini Jake Roche dan rekan-rekannya sudah mengubah nama band mereka menjadi push baby. Dan bukan hanya nama yang diubah, namun juga gaya bermusik mereka, setidaknya jika menilik single perdana push baby yang baru saja diluncurkan, ‘mama’s house’. Memang formula chorus masif dengan mengandalkan hook catchy, sebagaimana yang biasa diusung Rixton, tidak benar-benar ditinggalkan. Hanya saja, ‘mama’s house’ kini lebih condong ke ranah alt-pop dengan cita rasa dance yang cukup tebal. Single dirilis tanggal 5 April.


Asher Angel (Single / HITCO) – One Thought Away (feat. Wiz Khalifa)

Asher Angel, yang menjadi pemeran utama “Shazam!”, baru saja meluncurkan single barunya yang berjudul ‘One Thought Away’ di mana ia menggandeng rapper Wiz Khalifa untuk membantunya. Vokal Asher memang belum begitu berkembang, karena masih berada di usia pubertas, namun jelas tidak jelek. Apalagi ia memilih R&B yang mememerlukan jangkauan vokal dan dinamika luas untuk ‘One Thought Away’ ini. Single dirilis tanggal 12 April.


Seeb & Highasakite (Single / Universal Music) – Free To Go

Selepas berkolaborasi bersama Bastille, duo Seeb sudah kembali ke studio dan menggodok single baru mereka, ‘Free To Go’, yang kini sudah dilepas. Di dalamnya mereka berkerjasama dengan grup asal Norwegia, Highasakite, dan menghadirkan sebuah anthem synh-pop yang melodik dan sangat bersandar pada kekuatan vokal. Sebuah sajian musim pansa pastinya. Single dirilis pada tanggal 12 April.


BTS (Alb. Map of the Soul: Persona / Bighit Entertainment) – Boy With Luv (feat. Halsey)

Sebagaimana yang dijanjikan, boy group populer asal Korea Selatan, BTS, merilis EP terbaru mereka, “Map of the Soul: Persona”, tepat pada hari ini Jumat, 12 April. Dan ada ‘Buy With Luv’ di dalam album, di mana penyanyi Amerika kenamaan, Halsey, hadir untuk membantu. ‘Boy With Luv’ adalah tentang menemukan kekuatan sejati dan cinta dengan menemukan kebahagiaan justru dari hal-hal kecil dalam hidup. Porsi vokal Halsey sendiri sebenarnya tidak begitu besar, bahkan cenderung seperti vokal latar untuk track pop-dance ringan ini, namun pastinya memberi warna untuk lagunya.

Special Thanks to Sony Music Indonesia, Universal Music Indonesia, Warner Music Indonesia, dll.


Love Film. Love Books. Love Music. And Everything in Between.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | June 18, 2019 By

Album Comeback Jonas Brothers, “Happiness Begins”, Sukses Sebagai Debut Terbesar Billboard 200 Tahun Ini

Music News | By

Galantis & Yellow Claw Rilis Kolaborasi Musim Panas, ‘We Can Get High’

Music News | By

Lorde Kembali Ke Media Sosial & Beri Kabar Tentang Album Ketiganya