The 9th Ramadhan Jazz Festival 2019 "Love Unites All" Siap Digelar 17-18 Mei

Oleh: welly - 02 May 2019

Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) bekerja sama dengan WartaJazz kembali menggelar kegiatan tahunan bernama “Ramadhan Jazz Festival 2019”. Acara ini kembali digelar kesembilan kalinya untuk memeriahkan bulan Ramadhan 1440 H, dan membawa tema Love Unites All dengan tagline #EmbraceTogetherness dengan membawa pesan cinta dan kedamaian untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Mundur ke 9 tahun yang lalu, RICMA mendapatkan tawaran WartaJazz dari sebuah celotehan di Twitter untuk bekerja sama dan menggarap kegiatan yang menyedot perhatian banyak anak-anak muda ini. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dakwah syiar masa kini sekaligus meningkatkan tali silaturahim dan menambah pengetahuan ke-Islam-an kita bersama. Islam juga mengajarkan hamba-Nya untuk saling mengingatkan, tolong menolong, serta saling berbuat baik yang dilandasi rasa cinta kasih.

Mengutip firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surah Ibrahim ayat 4, yakni “Kami tidak mengutus seorang rasul pun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. Maka Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Dia- lah Rabb Yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana”. Dengan bahasa yang baik serta dilandasi ketulusan cinta kepada Allah SWT dan sesama, maka diharapkan pesan damai dan harmoni Ramadhan Jazz Festival dapat diterima tidak hanya oleh warga Jakarta, namun seluruh elemen masyarakat Indonesia dan dunia.

Kegiatan ini akan digelar pada tanggal 17-18 Mei 2019 bertempat di Pelataran Masjid Cut Meutia Menteng dengan rangkaian acara yang akan dimulai setelah pelaksaan shalat tarawih di Masjid Cut Meutia.

Beberapa rangkaian kegiatan dari Ramadhan Jazz Festival 2019 yakni program Pre Event bertajuk ”Intimate Jazz Night” sebagai acara pembuka dari Ramadhan Jazz Festival dimana dalam acara ini Ramadhan Jazz Festival 2019 akan memberikan pengalaman yang hangat dan intimate untuk para penikmat musik, serta untuk mengangkat Social Activity yang akan dijalankan pada Ramadhan Jazz Festival 2019 tahun ini. Acara ini akan digelar pada 27 April 2019 berlokasi di Greenhouse Co-working and Office Space dan Folia Restaurant, dan menghadirkan Ecoutez, Trisouls, Putri Delina, BID, dan Fadhilon serta special performance dari Adik-Adik Yayasan Difable Action Indonesia.

Selain itu terdapat Social Activity yang menjadi inti dari semua kegiatan Ramadhan Jazz Festival. Untuk diketahui, biaya masuk acara Ramadhan Jazz Festival akan dialokasikan sebagai donasi Social Activity. Inshaa Allah, kegiatan Social Activity kali ini bekerjasama dengan platform Kitabisa.com memiliki tema #PahalaMengalir, yaitu dengan cara berdonasi untuk memberikan alat bantu untuk para teman-teman difabel yang membutuhkan alat bantu tersebut agar dapat menunjang kegiatan aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, kami memanfaatkan momen Ramadhan ini sebagai bentuk upaya untuk mendapatkan pahala dan keberkahan sebanyak-banyaknya dengan cara mewujudkan kegiatan sosial ini.

Fahmi Dirgantara Ishadi selaku Project Officer Ramadhan Jazz Festival 2019 menyatakan, “Ramadhan Jazz Festival memiliki keunikan tersendiri dari acara music lainnya. Agenda besar dari acara ini adalah untuk melakukan dakwah atau syiar agama Allah dengan cara yang lebih mudah diterima terutama oleh anak-anak muda. Selain itu juga, untuk masuk ke acara ini tidak memerlukan tiket masuk, tetapi kita mengajak masyarakat untuk melakukan donasi dimana tahun ini seluruh hasil donasi akan disalurkan kepada teman-teman difabel yang membutuhkan alat bantu untuk menunjang kegiatan sehari-hari agar dapat beraktivitas layaknya teman-teman yang lain. Inshaa Allah, Allah SWT Maha Mengetahui segala hal baik yang kita usahakan dan lakukan di dalam acara ini semata-mata hanya untuk mencari ridho-Nya”.

Sementara Agus Setiawan Basuni, selaku Artistic Director dan penggagas RJF mengungkapkan, “Alhamdulillah dapat menjadi sarana dakwah kekinian yang Insya Allah akan terus relevan dikalangan muda atau millenials. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan dan menebarkan manfaat dari kegiatan ini baik dari penyelenggara, penampil, pendukung ataupun penonton yang hadir ataupun yang menonton live streamingnya. Kekuatan RJF adalah pada pesan dakwah yang disampaikan dalam gaya dan cara yang tak biasa”.

Beberapa nama yang dipastikan akan tampil dalam Ramadhan Jazz Festival 2019 antara lain Andre Hehannusa, Maliq and The Essentials, Glenn Fredly, dan masih banyak lagi termasuk special guest Ramadhan Jazz Festival yang merupakan seorang International

Performer.

Menurut catatan panitia, donasi yang terkumpul dari kegiatan Ramadhan Jazz Festival 2018 sebanyak 75 kantung darah yang disalurkan kepada PMI, dan donasi uang mencapai 165 juta Rupiah yang kemudian 70% digunakan untuk membantu mengisi fasilitas tempat tinggal dan kesehatan pasien kanker di yayasan Cancer Information and Support Center (CISC), serta 30% disumbangkan kepada saudara-saudara kita yang tertimpa bencana alam di Banten, Palu serta Donggala.

Dalam acara Main Event Ramadhan Jazz Festival 2019 tahun ini ditargetkan akan mendatangkan lebih banyak partisipan dan pengunjung serta dihadiri oleh tokoh- tokoh ternama, baik dari pengisi acara, tokoh politik, masyarakat, serta duta besar dari negara-negara sahabat.

Untuk informasi lebih lanjut:

Instagram : @ramadhanjazz

Twitter : @ramadhanjazz

Ask.fm : @ramadhanjazz

Snapchat : @ramadhanjazz

Official Account LINE : @ramadhanjazz

Web: : www.ricmaupdate.org / www.wartajazz.com

welly
More from Creative Disc