fbpx

Trending News

Blog Post

Universal Studios Terbakar, Master Orisinal Rekaman Nirvana, R.E.M., Eminem Dan Banyak Lagi, Terancam Musnah
Music News

Universal Studios Terbakar, Master Orisinal Rekaman Nirvana, R.E.M., Eminem Dan Banyak Lagi, Terancam Musnah 

Kebakaran yang menimpa Universal Studios Hollywood di tahun 2008 ternyata masih berimbas hingga ini. Disebutkan oleh New York Times dalam laporan terbaru mereka yang ditulis oleh jurnalis bernama Jody Rosen, kebakaran tersebut telah memusnahkan rekaman master untuk banyak album dan single klasik, utamanya untuk artis-artis yang berada di bawah naungan Universal.

Beberapa nama musisi yang master orisinal untuk album dan single mereka terancam musnah adalah Nirvana, R.E.M., John Coltrane, Joni Mitchell, Eminem, Aretha Franklin, Nine Inch Nails, Ray Charles, Tupac, Janet Jackson, Beck, Snoop Dogg, dan banyak lagi. Tentu saja ini nantinya membatasi kemungkinan untuk melakukan reproduksi atau adaptasi dengan kualitas tinggi di masa depan.

Sementara itu, artis-artis yang namanya disebut-sebut dalam artikel, seperti R.E.M., masih mencoba untuk memastikan kebenaran laporan ini dan menjanjikan akan mengabari untuk perkembangannya.

Kebakaran tersebut memang menjadi bahan pembicaraan yang menghebohkan, meski Universal mengalihkan atensi pada taman hiburan “King Kong” dan juga content-content video yang musnah terbakar. Banyak pihak menduga hal ini dilakukan Universal guna menghindari kecaman dari seniman atau pihak-pihak lain yang terlibat. Bagaimana tidak, kebakaran tersebut termasuk memusnahkan rekaman master untuk lagu legendaris seperti ‘At Last’ milik Etta James misalnya.

Sebagai tanggapan, Universal Music Group mengklaim dalam sebuah pernyataan yang dilayangkan kepada Pitchfork, jika artikel tadi memiliki banyak “ketidak akuratan, pernyataan membelokkan arah, kontradiksi dan kesalah pamahan mendasar tentang skala insiden dan aset yang dipengaruhinya.” Perusahaan menyebutkan jika dalam beberapa tahun terakhir ini mereka telah merilis rangkaian audiophiles dengan resolusi tinggi dan berkualitas master untuk banyak rekaman yang disebut dalam artikel telah musnah terbakar.

Related posts

Leave a Reply