Trending News

Blog Post

‘NEO CITY: SINGAPORE – The Origin’ Penutup Tur NCT 127 yang Emosional
Concerts Review

‘NEO CITY: SINGAPORE – The Origin’ Penutup Tur NCT 127 yang Emosional 

Rasanya sudah lama sekali sejak Creative Disc diundang untuk menyaksikan penampilan (dan wawancara!) NCT 127 di panggung Spotify On Stage tahun 2017 lalu. Hadir menyanyikan beberapa lagu hits mereka untuk pertama kalinya di Indonesia kala itu adalah salah satu momen nggak terlupakan buat para NCTzen di sini. Lalu pekan lalu, Creative Disc kembali diundang untuk menyaksikan penampilan grup asuhan manajemen SM Entertainment ini. Berbeda dengan event Spotify On Stage kala itu, undangan kali ini adalah untuk melihat NCT 127 tampil dalam rangkaian tur dunia ‘NEO CITY: SINGAPORE – The Origin’.

Mengambil venue di Singapore Indoor Stadium dan dipromotori oleh ONE Production, Singapura jadi kota pemberhentian terakhir untuk tur dunia pertama grup yang debut di tahun 2016 tersebut. Nggak heran kalau ini jadi konser yang sangat emosional buat kesembilan member yang tampil: Taeyong, Taeil, Johnny, Yuta, Doyoung, Jaehyun, Jungwoo, Mark dan Haechan. Jauh sebelum jadwal ke Singapura diresmikan, NCT 127 sudah mengarungi daratan Amerika Utara hingga Selatan dan juga Eropa. Di luar negara asalnya Korea dan konser spesial di beberapa kota di Jepang, Thailand dan Singapura adalah dua negara Asia Tenggara yang sangat beruntung kedatangan grup pelantun ‘Cherry Bomb’ ini.

Jauh berbeda dari konser para seniornya di manajemen yang sama seperti EXO dan Super Junior, konser ‘NEO CITY: SINGAPORE – The Origin’ ini benar-benar dikemas jadi konser internasional di mana semua personel berusaha keras untuk berkomunikasi dengan fans dalam Bahasa Inggris. Kita punya tiga member di NCT 127 yang jago dan lancar berbahasa Inggris seperti Mark, Johnny dan Jaehyun. Member yang lain terbilang cukup komunikatif juga dalam berbicara meski harus nyontek di layar monitor lirik lagu mereka di atas panggung.

Konser ‘NEO CITY: SINGAPORE – The Origin’ menawarkan visual dan tata cahaya yang breathtaking. Meski terbilang cukup sederhana dari segi properti dan tata panggungnya. Ah tapi siapa peduli? Kurang lebih 6.000 NCTzen datang ke Singapore Indoor Stadium kan untuk melihat para member membawakan lagu-lagu mereka! Apalagi NCT 127 belum lama ini merilis album mini terbaru mereka ‘Superhuman’ yang tentu saja jadi salah satu lagu paling dinantikan di konser ini. Oh iya, konser di Singapura ini juga mengikuti setlist konser-konser mereka di Amerika dan Eropa. Sehingga ada beberapa lagu dibawakan dalam versi Bahasa Inggris.

‘NEO CITY: SINGAPORE – The Origin’ dibuka dengan versi remix dan Bahasa Inggris dari ‘Cherry Bomb’. Sebuah pembuka yang istimewa dan suasana juga semakin terkesan grande mengingat banyak dari fans membawa lightstick resmi dari NCT yang bisa berubah-ubah warna sesuai dengan beat lagu dan lampu yang ditampilkan di panggung (agak shock karena pertama kali melihat ini terjadi secara langsung! Hehe). Hype-nya sudah sangat terasa sejak awal. Meski tentu saja ada yang berbeda dari versi ‘Cherry Bomb’ yang dibawakan di konser ini. Selain tak ada adegan salto dari salah satu member, versi remix ini juga memberikan nuansa yang baru buat lagu tersukses NCT 127 itu.

Bisa ditebak lagu-lagu andalan mereka dibawakan semua seperti ‘Limitless’, ‘Chain’, ‘Regular’, ‘Simon Says’, ‘Fire Truck’ dan ‘Superhuman’. Tapi di antara lagu-lagu tersebut, NCT 127 juga menampilkan kualitas vokal, rap, dan dance mereka lewat lagu-lagu B-side track di deretan album yang sudah mereka rilis sebelumnya. Di antaranya lagu-lagu bersemangat seperti ‘Mad City’ dari album debut mereka dan ‘Good Thing’ dari album ‘Limitless’. Melihat image mereka yang sangat bold dan strong selama ini kadang-kadang suka lupa juga kalau NCT 127 punya vokalis-vokalis yang luar biasa: Doyoung, Taeil, dan Jaehyun. Makanya agak kaget waktu tiba-tiba grup ini tampil di panggung membawakan lagu slow mellow seperti ‘Fly Away With Me’ yang dikemas dengan koreografi agak seksi dan bikin nagih untuk melihatnya lagi dan lagi. Ada lagi lagu ‘Timeless’ yang Mark sebut dengan “Ear-melting performance.” Karena sedari tadi sebelum lagu itu dibawakan NCT 127 sudah menghajar semua NCTzen dengan lagu-lagu bersemangat.

Dalam sesi ment (ngobrol-ngobrol di panggung), para member menyebutkan kalau lewat konser ini mereka memang ingin menunjukkan sisi yang berbeda dari NCT 127. Sebuah sisi yang agak jarang dilihat oleh fans dalam kesempatan-kesempatan seperti comeback di acara musik misalnya. Nggak jarang memang para member terlihat bercanda di atas panggung, berusaha membangun mood para fans yang sebenarnya nggak pernah turun sejak awal. Kita bisa melihat hampir semua member dari grup ini ingin bicara lebih lama di atas panggung, seolah ingin mendengar teriakan fans lebih lama dan ingin tahu lebih banyak tentang NCTzen yang datang ke Singapore Indoor Stadium hari itu. Bahkan ketika mereka sudah lelah dengan skrip berbahasa Inggris yang ditampilkan di monitor, mereka nggak segan untuk bilang “Sekarang aku akan bicara dalam Bahasa Korea,” agar mereka bisa lebih leluasa mengungkapkan isi hatinya. Dibantu translator, tentu saja, para fans pun akhirnya bisa lebih mengerti apa yang berusaha disampaikan oleh para member.

Seperti yang sempat disebutkan sebelumnya, konser di Singapura ini merupakan penutup dari semua konser ‘NEO CITY: The Origin’. Nggak heran kalau ini jadi momen yang sangat emosional buat para member. Di akhir konser, masing-masing personel memberikan kata-kata terakhirnya sebagai ucapan “selamat tinggal” untuk tur ini. Sebuah fase penting dalam perjalanan NCT 127 yang memulai karier mereka sebagai sub-unit Seoul dari grup besar NCT, dan sekarang malah jadi sub-unit yang paling terkenal di antara semua sub-unit grup SM Entertainment itu.

Mark dan Haechan mewakili para member mengucapkan terima kasih tak hanya buat para penggemar yang sudah datang untuk menyaksikan aksi panggung mereka, tetapi juga untuk semua staf konser yang sudah membuat tur ini jadi mungkin untuk dilakukan. Mulai dari Seoul hingga Kanada, dari Amerika hingga Eropa, NCT 127 sudah menampilkan yang terbaik dan para staf juga sudah melakukan yang terbaik untuk bisa membuat konser demi konser NCT 127 berjalan dengan lancar.

“Kami nggak akan bisa melakukan ini tanpa kalian semua,” kata mereka.

“Terima kasih karena memberikan kami kesempatan untuk tumbuh sebagai sebuah grup,” kata Johnny di akhir speech-nya.

Konser ‘NEO CITY: SINGAPORE – The Origin’ ditutup dengan sesi encore di mana NCT 127 membawakan tiga lagu: ‘Superhuman’, ‘Summer 127’, dan ‘0 Mile’. Sebuah penutup manis yang akan bikin NCTzen susah move on dan nggak sabar untuk menunggu tur mereka selanjutnya.

Sampai jumpa lagi, NCT 127!

Track list ‘NEO CITY: SINGAPORE – The Origin’:

  1. Cherry Bomb
  2. Come Back
  3. Limitless
  4. Chain
  5. Fly away with me
  6. Back 2 U
  7. City 127
  8. Angel
  9. Jet Lag
  10. Timeless
  11. No Longer
  12. Regular
  13. Wake up
  14. Baby don’t like it
  15. Mad City
  16. Good thing
  17. Touch
  18. Replay
  19. Simon Says
  20. Fire Truck
  21. Superhuman
  22. Summer 127
  23. 0 Mile

 

Related posts

Leave a Reply