Tanpa Sepengetahuannya, Publisher Eminem Menuntut Spotify Ke Pengadilan

Oleh: admincd - 23 Aug 2019

Publisher lagu-lagu Eminem telah menuntut Spotify ke pengadilan dengan tuduhan pelanggaran hak cipta, di mana layanan streaming ini tidak memiliki izin untuk melakukan streaming lebih dari 200 lagu Eminem, termasuk hits seperti ‘Lose Yourself’ dan ‘Stan’.

Menurut pemberitaan The Hollywood Reporter, tuntutan ini diajukan di hari Rabu, 21 Agustus lalu, oleh Eight Mile Style, yang memiliki katalog awal sang rapper. Tapi rupanya Eminem sendiri tidak terlibat dalam tuntutan hukum ini. Publisisnya menyebutkan pada The Verge jika sang klien dan timnya sama sekali tidak tahu tentang masalah ini dan "sama terkejutnya dengan orang lain yang mendengar beritanya."

Eight Mile Style mengklaim, meski tidak memiliki untuk 243 lagu milik Eminem, Spotify tetap menjadi host untuk lagu-lagu tersebut tanpa membayar royalti untuk miliaran streaming lagu-lagu tadi, demikian isi keluhan yang diajukan ke pengadilan.

Selain penggantian biaya hukum, Eight Mile Styles juga menuntut Spotify untuk membayar sejumlah besar keuntungan yang didapat dari streaming lagu-lagu Eminem tadi. Jumlah pastinya akan diungkap di saat sidang sudah berjalan. Jika tidak, maka Spotify akan didenda sebesar $150.000 per-lagunya atau total sebesar $36.45 juta, seperti yang dilaporkan oleh NME.

admincd
More from Creative Disc