Iklan

11 Lagu Jebolan Songland yang Wajib Kamu Dengar

Oleh: riadini - 24 Sep 2019

Beberapa waktu yang lalu, tersiar kabar bahwa Charlie Puth menolak untuk membawakan lagu pemenang Songland dengan alasan lagu tersebut lebih baik dibawakan langsung oleh penyanyi aslinya. Charlie Puth diketahui menjadi bintang tamu dalam acara tersebut di episode 10 yang tayang pada 4 September kemarin.

Songland sendiri merupakan kompetisi menulis lagu di Amerika yang tayang perdana di bulan Mei 2019 lalu melalui channel NBC. Di setiap episodenya, para penulis lagu akan bekerja sama dengan para produser yang terdiri dari Ryan Tedder, Ester Dean, dan Shane McAnally, untuk membuat sebuah single hits. Lagu pemenang akan direkam dan dibawakan oleh bintang tamu yang berbeda-beda di tiap episodenya. Beberapa single yang dilombakan dalam ajang tersebut bahkan berhasil menembus tangga-tangga lagu di posisi teratas. Kompetisi ini jelas merupakan sebuah wadah unjuk gigi terbaik bagi para penulis lagu sekaligus sebuah penghormatan atas kontribusi mereka di industri musik.

Berikut 11 single pemenang kompetisi menulis lagu Songland di tiap-tiap episode. Check it out!

1. ‘We Need Love’ oleh Tebby Burrows

Songland akhirnya mampu membantu menyelesaikan perburuan lagu hits baru bagi John Legend. John menemukan single yang dicarinya melalui ‘We Need Love’ karya penulis lagu kelahiran Bahama yang kini tinggal di Miami, Tebby Burrows. John menjelaskan ketertarikannya terhadap ‘We Need Love’ dikarenakan lagu tersebut telah mengalami sebuah perjalanan dari tempatnya yang dulu ke tempatnya sekarang. John juga berpendapat bahwa lagu tersebut terdengar begitu indah untuknya. Sedangkan Tebby sendiri menjelaskan bagaimana ia mengutak-atik lagu menjelang pertunjukan dengan menempatkan suara John di pikirannya. Ia juga meminta bantuan kepada Shane McAnally yang memberinya saran untuk menyederhanakan liriknya dan membuatnya terdengar lebih akustik.

2. ‘Be Nice’ oleh Adam Friedman

Di episode kedua Songland, will.i.am, pentolan Black Eyed Peas, selaku bintang tamu memilih lagu upbeat bop milik Adam Friedman yang berjudul ‘Be Nice’. Lagu tersebut bahkan juga sangat disukai oleh sang produser sekaligus juri, Ester Dean. Ester menyatakan kecintaannya terhadap ‘Be Nice’ dan berharap semua orang juga menyukainya termasuk will.i.am yang selalu berhasil membuat sebuah musik yang menyenangkan dan penuh energi. Will.i.am akhirnya turut memberikan sedikit masukan terhadap lagu tersebut dan naik ke atas panggung untuk menyanyikannya bersama Adam. Ia melihat adanya energi positif yang terdapat dalam ‘Be Nice’ dan menyukainya.

3. ‘Better Luck Next Time’ oleh Darius Coleman

Di episode berikutnya, penyanyi cantik Kelsea Ballerini yang menjadi bintang tamu memutuskan untuk memilih single catchy milik pria asal Philadelphia, Darius Coleman, berjudul ‘Better Luck Next Time’. Kelsea mengakui bahwa keputusan yang diambilnya cukup sulit namun single ini merupakan salah satu yang terus ternginag-ngiang di kepalanya. Kelsea mengatakan bahwa ia juga selalu ingin menulis sebuah lagu yang membuat para pendengarnya merasa lebih baik walaupun mengisahkan hal-hal buruk yang terjadi dalam kehidupan. Bagi Darius sendiri, musik adalah segalanya. Single ciptaannya tersebut terinspirasi oleh seorang gadis ia ketahui tengah berselingkuh dan membuatnya termotivasi untuk membuat sebuah lagu yang dapat dibawakan oleh Kelsea.

4. ‘Greenlight’ oleh Able Heart

Selama episode keempat berlangsung, para pengguna Twitter tengah tergila-gila oleh sebuah single yang dibawakan oleh salah satu peserta bernama Able Heart bahkan sebelum Jonas Brothers memilihnya sebagai pemenang. Jonas Brothers jelas telah menemukan single hits yang mereka cari. Nick Jonas bahkan mengatakan dalam acara tersebut bahwa ‘Greenlight’ begitu mengguncang dan dapat mereka mainkan di mana pun mereka berada bahkan di depan para penggemar mereka di seluruh dunia. Able Heart begitu bersyukur dan sangat berterima kasih akan kesempatan yang Songland berikan kepadanya. Ia sangat senang karena Jonas Brothers akan merilis single miliknya dan begitu bahagia dapat bekerja sama dengan para musisi yang begitu luar biasa dalam acara tersebut.

5. ‘Hurt Me’ oleh Kole

Pertama kali Meghan Trainor, yang tampil sebagai bintang tamu di episode kelima mendengar lagu berjudul ‘Hurt Me’ karya Kole, ia berteriak dengan penuh kegembiraan. Menurutnya, lagu tersebut penuh dengan energi dan begitu kuat di segala cara. Meghan jelas sangat menyukai lagu tersebut dan menyatakan bahwa ia harus menjadikan ‘Hurt Me’ sebagai hits single berikutnya. Jika berbicara mengenai lagu dan penyanyi yang berjodoh, maka Meghan dengan ‘Hurt Me’ adalah salah satunya dengan lirik terang-terangan, beat menyenangkan dan catchy melodies yang begitu sesuai dengan karakter Meghan Trainor.

6. ‘Getting Started’ oleh Kyle Williams

Sebuah soundtrack yang sangat cocok untuk film besar, Fast & Furious: Hobbs & Shaw telah ditemukan melalui Songland. Sang sutradara, David Leitch, merekrut penyanyi Aloe Blacc untuk membantunya mencari single yang paling pas dan akhirnya menemukannya dalam single karya Kyle Williams yang berjudul ‘Getting Started’. Single juara episode keenam tersebut begitu mengesankan bagi Aloe Blacc karena sangat powerful dan memotivasi.

7. ‘Shadow’ oleh Iro

Berasal dari Tel Aviv, IRO mengawali karirnya sebagai pengamen dan berhasil membawakan lagu miliknya ke panggung Songland yang berjudul ‘Shadow’. Sang bintang tamu, Macklemore, langsung merasa terhubung dengan lagu tersebut namun mengungkapkan bahwa ia akan menulis liriknya sendiri di bagian yang akan ia nyanyikan dan lirik yang dibuat IRO harus diganti. Maka, lagu ‘Shadow’ kini merupakan hasil kolaborasi antara Macklemore dengan IRO.

8. ‘Young’ oleh Katelyn Tarver

Grup Country Old Dominion dan Jeep bekerja sama dalam pembuatan jingle untuk sebuah proyek iklan dan mereka mencarinya lewat ajang Songland. Single yang cocok jatuh pada milik seorang artis yang dikenal lewat perannya dalam Big Time Rush dan Secret Life of the American Teenager bernama Katelyn Tarver. Katelyn mengikuti kompetisi Songland dengan membawakan lagunya yang berjudul ‘Young’. Dengan bantuan McAnally, Katelyn berhasil membuat liriknya yang sebelumnya terdengar feminine menjadi lebih masculine dan terpilih menjadi juara. Selain menggunakan single ‘Young’, Jeep pun merekrut Katelyn menjadi model iklan terbarunya.

9. ‘Solo Quiero/ Somebody to Love’ oleh Rozee

Masuk dalam daftar nominasi Grammy sebanyak tiga kali, Leona Lewis adalah penyanyi-penulis lagu asal Inggris pertama yang menjadi bintang tamu dalam Songland dan bertemu kembali dengan Ryan Tedder. Keduanya pernah berkolaborasi dalam pembuatan single populer di tahun 2008 yang berhasil menembus posisi teratas tangga lagu berjudul ‘Bleeding Love’. Saat mendengar lagu ‘Fighting For Us’, Leona langsung menyukainya dan berharap single tersebut dapat memiliki prestasi secerah ‘Bleeding Love’. Ryan Tedder menambah sebuah rap berbahasa Spanyol ke dalam single tersebut dan mengganti judulnya menjadi ‘Solo Quiero/ Somebody to Love’.

10. ‘Bad Habit’ oleh Zach Sorgen

Ada yang berbeda dari Songland di episode 10. Sang bintang tamu Charlie Puth tampaknya begitu menyukai lagu ‘Bad Habit’ milik Zach Sorgen namun memutuskan untuk tidak merekamnya untuk dirinya sendiri. Charlie memberi keputusan yang sedikit berbelok dari kebiasaan kompetisi Songland di mana sebuah lagu yang menjadi juara akan direkam oleh sang bintang tamu. Ia memilih untuk tidak merekamnya dan meminta Zach Sorgen langsung yang melepas single ‘Bad Habit’ karena dirasa lagu tersebut terdengar jauh lebih baik saat dibawakan oleh Zach. Charlie memberi pengumuman tersebut melalui akun Twitter-nya.

11. ‘Somebody to Love’ oleh JT Roach

Di episode terakhir Songland season 1, salah satu juri sekaligus produser yang juga merupakan vokalis band ternama OneRepublic, Ryan Tedder, menjadi bintang tamu bersama rekan band-nya, Zach Filkins. Mereka harus memilih single yang akan dijadikan lagu hits OneRepublic berikutnya. Hal tersebut jelas merupakan pertama kalinya OneRepublic akan merekam sebuah single yang bukan hasil tulisan anggota band sehingga pemilihan single kali ini sangat penting bagi Ryan Tedder dan rekan-rekannya. Single terpilih jatuh di tangan JT Roach berjudul ‘Somebody to Love’ yang langsung mengena di hati Ryan Tedder. Single ini langsung melesat ke posisi pertama U.S. iTunes sales charts hanya selang dua hari setelah dirilis.

Inilah kesemua pemenang kompetisi Songland di season pertama. Beberapa single tersebut bahkan langsung mendarat di posisi teratas di tangga-tangga lagu. Manakah yang menjadi lagu favoritmu?

riadini
More from Creative Disc