fbpx

Trending News

Blog Post

Creative Disc Exclusive Single: 02 Sep 2019
Creative Disc Exclusive Single

Creative Disc Exclusive Single: 02 Sep 2019 

Post Malone (Alb. Hollywood’s Bleeding / Republic) – Circles

Siapa kira Post Malone ternyata sudah menyiapkan album ketiganya. Tidak hanya itu, album yang diberi judul “Hollywood’s Bleeding” tersebut akan dirilis di 6 September. ia menyusulnya dengan single terbaru, yang dirilis sepekan sebelum peluncuran albumnya. Bertajuk ‘Circles’, Post Malone menghadirkan pendekatan yang agak berbeda dari biasanya. Sebuah track mid-tempo yang terdengar melankolis dengan imbuhan psikadelik yang disajikan dalam petikan gitar dan bassline-nya, sementara ketukan beat-nya cukup berderap, meski tidak terlalu up-beat. Single dirilis tanggal 30 Agustus.


Cigarettes After Sex (Single / Partisan) – Heavenly

Band pengusung ambient-pop pendatang baru yang kini sudah menjadi favorit banyak orang, Cigarettes After Sex, sukses dengan album debut mereka, sebuah self-titled yang dirilis di tahun 2017 lalu. Kini mereka sudah siap untuk meluncurkan sebuah album sophomore berjudul “Cry”. Cigarettes After Sex juga meluncurkan single pertama mereka untuk album ini, ‘Heavenly’. Dengan bertempo sedang, ‘Heavenly’ memang terdengar lebih upbeat dibandingkan lagu-lagu Cigarettes After Sex yang cenderung balada atau mellow. Meski begitu denting gitar menghantui sebagai andalan mereka, tetap menjadi instrumen utama dalam membangun ambient lagu. Single dirilis tanggal 28 Agustus.


Jason Derulo (Single / Warner) – Too Hot

Perlahan tapi pasti album kelima Jason Derulo, yang untuk sementara disebut sebagai “2Sides”, mulai menunjukkan rupanya. Termasuk dengan hadirnya single baru berjudul ‘Too Hot’. Lagi-lagi Jason menghadirkan pendekatan baru di lagunya ini. Masih banger, namun dibungkus dengan balutan dancehall yang seru. Yang pasti Jason masih ingin mengajak kita menikmati musim panas yang hangat (atau panas lebih tepatnya) melalui ‘Too Hot’ ini. Beatnya lincah dan enerjetik. Sedang liriknya terdengar penuh dengan rayuan yang dinyanyikan Jason di tengah irama tropikal lagunya. Single dirilis tanggal 27 Agustus.


Bebe Rexha (Single / Warner) – Not 20 Anymore

Jangan main-main dengan Bebe Rexha! Mungkin demikian yang tersirat dari single baru sang popstar, ‘Not 20 Anymore’. Selain menunjukkan kedewasaan dengan menyatakan kini ia tidak lagi berusia 20 tahunan, Bebe juga menjadikan lagunya sebagai semangat melawan “ageism”, utamanya yang ditujukan untuk kalangan perempuan. Produksi yang ditangani oleh The Monsters & Strangerz menekankan pada sisi anthemik tadi, dengan membungkus melodi lagu dalam ketukan ala electro-soul dan imbuhan doo-woop. Single dirilis tanggal 30 Agustus.


Skrillex, Boys Noize & Ty Dolla $ign (Single / Atlantic) – Midnight Hour

Skrillex akhirnya kembali. Memang ia masih aktif di dunia musik, namun ‘Midnight Hour’ menandakan single resmi pertamanya semenjak 2017. Dirilis 29 Agustus kemarin, “Midnight Hour’ dihadirkan Skrillex sebagai sebuah anthem deep-house yang intim dan menggoda. Bassline tebal dan ketukan beat intens menjadi sajian kolaborasi Skrillex bersama DJ asal Berlin, Boys Noize, sementara Ty Dolla $ign bertugas sebagai pengisi vokal. Sebuah club banger, ‘Midnight House’, memang bertujuan untuk mengundang pendengarnya nge-dance di lantai dansa, namun nyanyian Ty Dolla $ign yang intim, menyajikan sebuah track R&B yang cukup melodius. Single dirilis tanggal 29 Agustus.


Jax Jones & Tove Lo (Alb. Snacks (Supersize) & Sunshine Kitty / Universal Music) – Jacques

Tove Lo digandeng produser asal Inggris, Jax Jones, untuk sebuah banger berjudul ‘Jacques’. Mengingat Jax dikenal sebagai pengusung house, maka ‘Jacques’ tentu saja juga dihadirkan dalam gaya setipe. Hanya saja, alih-alih pop-dance yang juga kental menjadi mewarnai karya-karyanya, dalam ‘Jacques’ Jax menghadirkan house dengan bassline yang lebih tradisional, meski tidak menghilangkan cita-rasa popnya begitu saja. Dengan balutan atmosfer house yang lebih konvensional ini ‘Jacques’ memang terdengar sensual. Single dirilis tanggal 28 Agustus.


Yellow Claw (Single / Roc Nation) – Baila Conmigo (feat. Saweetie, INNA & Jenn Morel)

Yellow Claw, sudah merilis single baru lagi. Berjudul ‘Baila Conmigo’, di dalamnya mereka dibantu ramai-ramai oleh rapper Saweetie, serta penyanyi dan penulis lagu INNA dan Jenn Morel. Yellow Claw memang dikenal sebagai pengusung trap, namun berarti anti berpindah ke genre dance lain. Dan dalam ‘Baila Conmigo’ ini mereka tentu saja menghadirkan irama latin yang bergelora. Dengan reggaeton sebagai elemen utama, Yellow Claw mengajak pendengarnya untuk berdansa. Meski begitu INNA boleh dikatakan yang berperan utama sebagai penggerak lagu yang mengambil sampel lagu dancehall klasik ‘Bam Bam’ karya Sister Nancy ini. Single dirilis tanggal 23 Agustus.


benny blanco & Juice WRLD (Single / Interscope) – Graduation

Meminjam melodi chorus lagu pop era 90-an yang kini sudah bisa dianggap klasik, ‘Graduation (Friends Forever)’ yang beken dibawakan Vitamin C, Benny Blanco menghadirkan single barunya yang bertajuk ‘Gradution’ (tentu saja). Dengan berkolaborasi bersama Juice WRLD sebagai pengisi vokal, ‘Gradution’ tidak hanya meminjam melodi, namun juga lirik chorus anthem SMA ikonik tadi. Ada alasan mengapa Benny melakukan hal ini, karena ia memang ingin menghadirkan tema cinta SMA di dalam lagunya. Juice WRLD tepat sebagai corong untuk tema lagu. Ada kesan emo dalam nyanyiannya, yang memang pas untuk mewartakan perasaan seorang remaja (meski ia sudah tidak remaja lagi pastinya). Single dirilis tanggal 30 Agustus.


K-391, Alan Walker & Martin Tungevaag (Single / Liquid State) – Play (feat. Mangoo)

Alan Walker, bersama barisan produser/DJ asal Nordic lainnya, K-391 dan Tungevaagbaru saja meluncurkan single kolaborasi mereka, ‘Play’. Mendengar ‘Play’, kita dengan segera sontak mengasosiasikan lagunya dengan Alan Walker, karena masih mengusung pop EDM dengan pengaruh deep-house tropical miliknya. Tapi sebenarnya ‘Play’ menggunakan track techno-house milik Mangoo yang dirilis di tahun 2009 lalu, ‘Eurodancer’, sebagai sampel. Bedanya adalah tempo yang lebih medium dan tambahan vokal, ketimbang up-beat secara rapat dan instrumental dalam versi ‘Eurodancer’. Single dirilis tanggal 30 Agustus.


James Blunt (Alb. Once Upon a Mind / Atlantic) – Cold

Setelah album terakhirnya muncul di tahun 2017 lalu bertajuk “The Afterlove”, James Blunt kembali dengan “Once Upon A Mind” yang akan keluar pada 25 Oktober 2019. Single perkenalan dari “Once Upon A Mind” telah dirilis. Berjudul ‘Cold’ tersebut berkisah mengenai hubungan cinta jarak jauh. James Blunt kembali menghadirkan melankolisme melalui ‘Cold’, meski kali ini dihadirkan dalam anthem pop-folk ketimbang balada. Tapi tak mengapa, karena tetap kuat dari sisi emosional. Single dirilis tanggal 31 Agustus.


Angels & Airwaves (Single / Rise) – Kiss & Tell

Selepas ‘Rebel Girl’ yang dirilis beberapa pekan lalu, Angels & Airwaves kembali menghadirkan single comeback mereka, “Kiss & Tell”. Pop punk bertempo kencang masih menjadi sajian Tom DeLonge dan kawan-kawan. Tapi mendengar lagunya, ada sisi sentimentalia yang kuat dalam lagunya, sehingga bagian chorus terdengar agak “sendu”. Sepertinya era album keenam Angels & Aiwaves akan sangat menarik, selain tentunya sudah ditunggu lama, semenjak terakhir kali merilis “The Dream Walker” di tahun 2014. Single dirilis tanggal 30 Agustus.

Special Thanks to Sony Music Indonesia, Universal Music Indonesia, Warner Music Indonesia, dll.


Related posts

Leave a Reply