Trending News

Blog Post

Terbius Kerennya ‘EXO PLANET #5 ExplOration’ di Singapura
Concerts Review

Terbius Kerennya ‘EXO PLANET #5 ExplOration’ di Singapura 

“Hello Singapore!”

Teriakan dari salah satu member EXO yang langsung mengundang jeritan dari para EXO-L yang hadir di Singapore Indoor Stadium pada Minggu 15 September 2019 lalu. Venue konser itu penuh sesak oleh fans yang sudah merindukan kehadiran Suho, Baekhyun, Chanyeol, Kai, Sehun, dan Chen di Singapura setelah penampilan terakhir mereka di konser ‘EXO’rdium’ pada kuarter pertama 2018 silam. Setelah lebih dari setahun akhirnya EXO kembali ke Singapura dengan tur kelima mereka ‘EXO PLANET #5 ExplOration’. Sambutan yang diberikan tak hanya oleh fans lokal dari Singapura tapi juga dari beberapa negara lain di Asia, termasuk tentu saja Indonesia. Menyaksikan konser EXO di Singapura rasanya seperti sedang nonton konser di ICE BSD karena hampir sebagian besar penonton adalah fans Indonesia. Beberapa yang lain datang dari Thailand, Malaysia, China, bahkan Korea Selatan pun ada. Tak heran Singapore Indoor Stadium sore itu terlihat padat. CreativeDisc mendapat undangan liputan dari promotor One Production Singapore, berada di kursi paling atas venue pemandangannya tampak luar biasa penuh oleh fans yang sudah siap sedia mengangkat EXO Fanlight 3.0 mereka yang canggih.

Konser dimulai pukul 4 sore waktu setempat dan seperti biasa, kita disajikan video singkat sebagai pembuka konser ini. Di konser-konser KPop, VCR seperti ini selalu ada di bagian awal, jeda antara sesi di tengah-tengah konser, dan di akhir sebelum konser ditutup. Di VCR kali ini EXO terlihat lebih dewasa dan agak sedikit melepaskan elemen fantasi dalam video-videonya. Yang pasti wajah-wajah tampan mereka sudah menyebarkan virus keceriaan dan teriakan sampai ketika enam member muncul di atas panggung bersiap membawakan lagu pembuka untuk konser ini: Tempo.

Diambil dari album terbaru mereka yang dirilis 2018 lalu ‘Don’t Mess Up My Tempo’, lagu ini jadi pembuka yang fantastis buat ‘EXO PLANET #5 ExplOration’. That was a strong opening act! Belum sampai ke mana-mana, EXO seakan-akan mau bilang kalau ini baru awal dan masih ada sekitar dua setengah jam keceriaan lagi yang akan mereka tampilkan. Entah kenapa baru lagu pertama saja rasanya sudah klimaks. Bagaimana dengan lagu-lagu selanjutnya?

Lagu-lagu yang ditampilkan dalam konser ini didominasi tentu saja dari album ‘Don’t Mess Up My Tempo’ karena memang tujuan dari tur ini adalah mempromosikan studio album kelima EXO. Namun yang membuat konser ini jadi terasa berbeda adalah pemilihan lagu-lagu dari album musim dingin mereka seperti dari ‘Sing For You’ dan ‘Universe’. Biasanya lagu-lagu dari album winter hanya jadi insert dalam setiap konser, biasanya dibawakan hanya satu atau dua lagu saja. Tapi di ‘EXO PLANET #5 ExplOration’, lagu-lagu dari album “Winter Special” itu justru mendapatkan porsi yang setimpal dengan lagu-lagu lain dari album reguler. Bahkan terbilang istimewa juga karena dibawakan secara solo oleh beberapa member seperti Suho dan Chen (yang membawakan lagu ‘Been Through’ dan ‘Lights Out’ yang originally dibawakan secara grup dalam album ‘Universe’). Selain itu juga lagu-lagu yang EXO nyanyikan di konser ini dikutip dari album ‘Exodus’ (termasuk repackaged-nya), ‘Growl’, dan mini album ‘Overdose’. Tidak ketinggalan penampilan sub-unit dari Sehun-Chanyeol dan juga solo dari Baekhyun menjadi sesuatu yang dinanti-nantikan di sini.

Setelah dibuka oleh ‘Tempo’, sesi pertama dilanjutkan dengan lagu ‘Transformer’ dari album “Exodus” dan kembali ke album “Don’t Mess Up My Tempo” lewat ‘Gravity’. Di tiga lagu pembuka ini tidak ada fans yang bisa tenang atau kalem. Audio menggelegar di Singapore Indoor Stadium bahkan sampai ke pojok atas venue membuat dada bergetar dan kepala nggak bisa berhenti bergerak mengikuti ritme lagu yang bersemangat. Mana lagi tiga lagu pembuka ini punya beat yang kencang semua. Penggemar hanya diberi waktu istirahat sebentar saja ketika VCR kedua ditayangkan sebelum Baekhyun akhirnya naik panggung bersama para dancer berbaju hitam untuk menampilkan lagu solo ‘UN Village’.
Ini merupakan kali pertama Baekhyun tampil membawakan lagu tersebut di Singapura dan bisa dikatakan jadi salah satu penampilan yang ditunggu-tunggu. Lagu bergenre R&B dipadu dengan gaya tengil dan dance seksi Baekhyun di sini menjadikan penampilan ini punya pesona tersendiri dan sangat berkesan terutama buat mereka yang memang memilih Baekhyun sebagai biasnya. Di akhir lagu Baekhyun pun sempat berkata “I love you!” sebelum akhirnya penampilan berlanjut ke ’24/7′.

Ketika EXO membawakan lagu ini, panggung megah dengan permainan cahaya yang epik tersebut menampilkan sesuatu yang berbeda dan istimewa. Sesuatu yang nggak pernah ada di konser EXO sebelumnya: Kinetic Lights. Lampu-lampu yang bergerak dalam formasi tertentu, berubah-ubah, dan memberikan efek magis buat yang melihatnya tersebut jadi scene stealer di konser ‘EXO PLANET #5 ExplOration’. Membuat orang-orang salah fokus sampai lupa kalau di konser ini EXO hanya tampil berenam, formasi sub-unit di awal debut mereka dulu (EXO-K, EXO-M). Tapi jujur saja, formasi member yang irit ini nggak mengurangi kemegahan dan powerful performance mereka. Buktinya mereka bisa menampilkan ‘Love Shot’ dengan sangat seksi (ditambah dukungan efek Kinetic Lights yang amat apik!) bahkan berkeliling ke extension stage dalam formasi tiga-tiga di ‘Ooh La La’ tanpa memberi kesan sepi di panggung karena mereka hanya berenam.

Klimaks kedua sepertinya sangat terasa ketika EXO membawakan lagu ‘Monster’. Setelah sekian lama tidak mendengarkan dan melihat mereka membawakan lagu ini, rasanya ada efek bius yang muncul dari panggung utama dan ditembakkan secara presisi dan akurat sampai ke kursi pojok CAT 3. DAMN! Rasanya tidak ingin berhenti berteriak dan ikut bernyanyi di setiap lirik lagu. Cahaya biru yang datang dari lampu-lampu panggung menyelimuti venue, titik-titik cahaya dari Fanlight 3.0 yang dibawa EXO-L menjadikan pemandangan dari sudut atas ke bawah terlihat lebih epik lagi. Cahaya dari Fanlight 3.0 ini kerap berubah-ubah sesuai dengan beat lagu yang sedang dibawakan EXO di panggung, juga mengikuti pola warna efek lampu utama yang didesain buat konser ini. Keren banget sih!

Di konser ‘EXO PLANET #5 ExplOration’ ini para member EXO juga terlihat lebih santai di sesi ment/ngobrol-ngobrol saat jeda penampilan. Beberapa dari mereka bahkan terlihat nyaman menggunakan Bahasa Inggris, meski pada akhirnya mereka menyerah dan kembali bicara dalam Bahasa Korea. Sempat terjadi keributan di awal konser sampai Chanyeol harus meminta fans untuk hati-hati dan sebaiknya tidak berdesakan-desakan ke depan.

“Terlihat berbahaya karena beberapa dari kalian saling dorong satu sama lain. Aku ingin kalian mundur beberapa langkah,” katanya dibantu oleh penerjemah yang benar-benar fasih dan asyik dalam menginterpretasikan apa yang dikatakan para member di sesi ment.

EXO juga banyak bercanda di sesi ini. Seperti ketika Baekhyun menggoda Chen setelah penampilan solo ‘Lights Out’-nya dengan bilang kalau Chen sebenarnya punya vokal yang sangat stabil meski sudah tampil nge-dance dengan bersemangat. Seperti menyindir karena dari semua member EXO kita sama-sama tahu kalau Chen bukanlah main dancer di EXO. Becandaan soal dance Chen yang bersemangat pun dilanjutkan Baekhyun dengan bilang, “Untung saja dia nggak merobek celananya ketika dia dance tadi karena bokong Chen itu tajam banget. Dia juga punya paha yang bagus!” Baekhyun sampai duduk dan berusaha menggulung celana yang digunakan Chen supaya fans bisa melihat “paha kencang” yang dimaksud Baekhyun tadi. Chen hanya bisa tertawa melihat tingkah rekan sesama membernya itu.

“Mungkin lain kali kita ke Singapura lagi, kita bisa melihat Chen memamerkan pahanya!” timpal member yang lain.

Sehun juga sempat menggoda Suho soal penampilan solo ‘Been Through’-nya karena di akhir lagu itu, sang leader tampak melepaskan kemeja merah yang digunakannya sehingga menampilkan otot-otot upper body-nya. Adegan ini memang sudah ada di skrip dan selalu begitu di setiap konser ‘EXO PLANET #5 ExplOration’ yang sudah digelar. Makanya Sehun bilang “Mungkin nanti, Suho bisa tiba-tiba membuka bajunya di tengah-tengah lagu lain, mendadak gitu. Pasti heboh, deh.”

Ya, Sehun tahu apa yang fans mau hehe.

Interaksi EXO dengan fans juga terasa ketika mereka membawakan lagu ‘Power’ di mana mereka menandatangani bola dan melemparnya ke penonton. Sebelum Power terlebih dahulu fans dibuat menjerit oleh penampilan solo Kai dengan ‘Confession’. Tapi penampilan yang paling luar biasa dan menguras emosi ada di detik-detik sebelum encore ketika EXO membawakan lagu ‘Growl’, dilanjutkan dengan ‘Overdose’, dan ‘Call Me Baby’. Sebelum itu mereka memang menampilkan ‘Bad Dream’ dan ‘Damage’ yang mana adalah dua lagu dengan visual, permainan cahaya, dan musik yang benar-benar menghentak. Tapi di ‘Growl’ dan ‘Overdose’, nyebelin, karena mereka tampil dengan formasi 12 member!

Buat yang belum tahu, EXO dulunya debut dengan 12 member namun kemudian tiga member asal Tiongkok keluar satu per satu sehingga menyisakan sembilan member hingga kini. Namun Lay tidak pernah lagi beraktivitas dengan EXO sejak perilisan album ‘Lotto’ karena kesibukannya di China dan Amerika, sementara di tur kali ini Xiumin dan D.O tak ikut karena harus menjalani wajib militer. Lalu kemudian EXO menampilkan ‘Growl’ dan ‘Overdose’ dalam formasi 12 member di ‘EXO PLANET #5 ExplOration’ Singapura Minggu lalu… wah… momen paling pecah! Meski enam yang lainnya adalah dancer, tapi tetap saja… rasanya EXO seperti tahu kalau EXO-L merindukan formasi original mereka. Jadi mereka memutuskan untuk memberi tribute untuk OT12 lewat dua penampilan lagu ikonik EXO di konser ‘EXO PLANET #5 ExplOration’.

Selanjutnya EXO membawakan ‘Unfair’ dan ‘On the Snow’ dari album “Sing For You” dan konser ini ditutup dengan encore lagu ‘Smile of My Face’ dari “Don’t Mess Up My Tempo”. Sebuah lagu yang soothing dan jadi penutup yang pas buat konser ini (meski tetap ‘Angel’ adalah lagu ending terbaik di konser EXO hehe).

‘EXO PLANET #5 ExplOration’ Singapura adalah sebuah konser paket lengkap yang nggak cuma menjadikan EXO sebagai pusat perhatian. Tapi produksi konsernya, tata lampu, panggung, suara, sampai ke teknologi yang membuat cahaya Fanlight 3.0 itu bisa berubah-ubah warna pun jadi nilai lebih yang menjadikan konser ini semakin worth it.

Semoga pengalaman yang sama bisa dihadirkan di ‘EXO PLANET #5 ExplOration’ Jakarta.
Sampai jumpa, EXO!

‘EXO PLANET #5 ExplOration’ Setlist:
1. Tempo
2. Transformer
3. Gravity
4. UN Village (Baekhyun Solo)
5. 24/7
6. Ooh La La
7. Monster
8. Oasis
9. Been Through (Suho Solo)
10. Lights Out (Chen Solo)
11. What A Life (EXO-SC – Sehun&Chanyeol)
12. Closer to You (EXO-SC – Sehun&Chanyeol)
13. Falling For You
14. Wait
15. Power
16. Confession (Kai Solo)
17. Bad Dream
18. Damage
19. Growl
20. Overdose
21. Call Me Baby
22. Unfair
23. On The Snow
24. Smile on My Face

Official Photo: One Production

Related posts

Leave a Reply