Justin Bieber, Selena Gomez, Shawn Mendes Hingga Maroon 5, Berikut Daftar Kolaborasi Julia Michaels

Oleh: riadini - 29 Oct 2019

Julia Michaels menjadi salah satu bintang pop powerhouse yang tengah bersinar. Ia telah menjadi kolaborator bagi banyak musisi yang membuat namanya semakin melambung di beberapa tahun terakhir. Karier Julia Michales diawali dengan menulis single hits berbagai genre untuk para artis kenamaan termasuk ‘Sorry’ untuk Justin Bieber dan ‘Bad Liar’ untuk Selena Gomez. Lalu di tahun 2017, ia menelurkan single solo untuk dirinya sendiri bertajuk ‘Issues’ dan berhasil masuk ke dalam nominasi Grammy. Gadis yang akan berulang tahun ke-26 pada November mendatang ini pun akhirnya menjadi penyanyi yang dicari-cari dan telah bekerja sama dengan para superstar pencetak hits dari seluruh genre termasuk Maroon 5, Keith Urban dan Clean Bandit.

Berikut beberapa lagu kolaborasi para musisi ternama bersama Julia Michales:

1. ‘Surrender’ – Cash Cash (2014)

Tak hanya karena lagu ini muncul dan menjadi hits beberapa tahun sebelum dunia mengenal Julia Michaels, para penikmatnya pun bahkan tidak menyadari ia terlibat di dalamnya. Namun suaranya yang whispery muncul dalam single dance dengan nada yang terus meningkat dan hal tersebut merupakan salah satu penampilan vokal terbaik Julia hingga saat ini. Nada tinggi dalam chorus single ‘Surrender’ milik Cash Cash ini jelas bukan hal yang mudah untuk ditaklukan.

2. ‘Straight Into the Fire’ – Zedd (2015)

Julia Michaels melanjutkan kecakapan vokalnya dalam single bergenre EDM yang lain. Ia bergabung bersama para kolaborator yang mengesankan dalam album “True Colors” milik Zedd. Lagi-lagi di bagian chorus, Julia mampu menunjukkan nada tingginya yang powerful. Single berjudul ‘Straight Into the Fire’ ini mampu mendorong kemampuan Julia Michaels dan menunjukkan jangkauan suaranya dalam melodi yang bergelombang.

3. ‘Trade Hearts’ – Jason Derulo (2015)

Single ballad yang penuh gairah satu ini terasa sedikit mirip dengan lagu Julia Michaels yang klasik dengan lirik yang cerdas seperti, “Hey can you teach me cynical? I hope it’s not too difficult.” Dengan vokalnya yang terdengar breathy mampu membuat penampilan Julia dalam single ‘Trade Hearts’ ini menjadi sangat berkesan begitu pula penampilan Jason Derulo.

4. ‘Carry Me’ – Kygo (2016)

Dalam single ‘Carry Me’, suara Julia Michaels jelas telah terbukti merupakan sebuah pelengkap yang sempurna untuk produksi lagu dance-inspired. Maka, Kygo pun membuat langkah cerdas dengan menyambar Julia dan mengajaknya berkolaborasi dalam debut album studionya, “Cloud Nine”. Kolaborasi ini merupakan salah satu yang menekankan perasaan semangat dan penuh gairah dalam suara Julia.

5. ‘Friends (Remix)’ – Justin Bieber dan Bloodpop (2017)

’Friends’ awalnya merupakan lagu yang hanya dibawakan oleh Justin Bieber bersama Bloodpop walaupun ditulis bersama dengan Julia Michaels. Selang dua bulan setelah dirilis, lagu tersebut dibuat versi remix-nya yang pada akhirnya turut menampilkan Julia dan membuat lagunya semakin terasa dalam.

6. ‘Help Me Out’ – Marron 5 (2017)

Kolaborasi antara Maroon 5 dan Julia Michaels dalam lagu ‘Help Me Out’ tak akan pernah terjadi jika bukan karena Diplo. DJ tersebut tiba-tiba saja mengirimkan sebuah pesan kepada sang pentolan band berisi demo yang menampilkan Julia tengah membawakan lagu tersebut. Sontak saja, Adam Levine begitu terpukau dengan vokal Julia Michaels. Suara falsetto-nya mampu mengimbangi nada-nada tinggi Adam Levine yang khas dan mereka pun berpadu dengan sangat mulus.

7. ‘I Miss You’ – Clean Bandit (2017)

Gabungan antara synth yang cemerlang milik Clean Bandit dengan suara Julia Michaels yang ringan mampu menciptakan kombo yang begitu memukau dalam single hits berjudul ‘I Miss You’. Lagu upbeat bertema patah hati yang sudah tak asing bagi semua orang ini pun menjadi terasa lebih santai dan lebih bersahabat di lantai dansa.

8. ‘Coming Home’ – Keith Urban (2018)

Julia Michaels berhasil menaklukan genre lain. Dalam musik country dengan sentuhan elektro, sebuah single milik Keith Urban berjudul ‘Coming Home’ yang masuk dalam LP Keith Urban “Graffiti U” ini pun mampu dibawakan dengan begitu apik oleh Julia. Tanpa menambah apa pun dalam single ini, suara Julia yang jernih menggema dan menjembatani lagu yang sentimentil ini menjadi lebih mengena.

9. ‘Like To Be You’ – Shawn Mendes (2018)

Shawn Mendes dan Julia Michaels menulis menulis dan menyanyikan lagu ‘Like To Be You’ bersama. Shawn bahkan mengatakan pada Entertainment Weekly bahwa membuat nada dengan Julia sangat mudah dan alami. Ia juga menyukai lirik-liriknya. Kolaborasi keduanya terasa penuh chemistry dan terhubung satu sama lain. Julia juga membantu menulis lagu lain untuk Shawn yakni dalam single ‘Nervous’.

10. ‘Jump’ – Trippie Redd (2018)

Julia Michales masih terus melanjutkan karier bermusiknya dengan genre electro-pop. Ia kembali berkolaborasi dalam genre tersebut saat membawakan lagu ‘Jump’ bersama Trippie Redd. Melodi yang mudah diingat dan lirik-lirik cerdas benar-benar menunjukan karakter bermusik Julia Michales.

11. ‘Light Me Up’ – RL Grime dan Miguel (2018)

RL Grime mengumpulkan suara-suara manis dari Miguel dan Julia untuk melengkapi single ‘Light Me Up’. Ditambah dengan ketukan yang kuat, kombo tersebut membuat lagu ‘Light Me Up’sangat cocok dinikmati di mana saja bahkan dalam perjalanan sekali pun.

12. ‘There’s No Way’ – Lauv (2018)

Lauv dan Julia berkolaborasi dalam single ‘There’s No Way’ yang mampu meluluhkan hati para penikmatnya. Keduanya membawakan lagu tersebut dengan begitu halus, ditambah video musik romantis yang membuat kisah cinta keduanya terasa nyata. Rupanya, Julia dan Lauv pun akhirnya sempat cinlok dan benar-benar berpacaran meski kini mereka kembali menjalani hidup masing-masing.

13. ‘Keep Talking’ – Rita Ora (2018)

Dalam single ‘Keep Talking’, Rita Ora dan Julia Michaels bersama-sama ‘move on’ dari kandasnya hubungan cinta dengan nada yang penuh semangat namun dengan vokal yang sexy. Kolaborasi keduanya muncul dalam album teranyar Rita Ora, “Phoenix”.

14. ‘Lie To Me’ – 5 Seconds of Summer (2018)

Remix Julia Michaels untuk hit single ‘Lie To Me’ milik 5SOS menyuguhkan dua sisi dalam putusnya hubungan dan mengenang kembali cinta yang telah kandas. Julia bahkan menambahkan lirik baru dengan baris yang tetap mencerminkan aslinya namun memberikan narasi dalam lagu patah hati tersebut semakin menyayat.

15. ‘What a Time’ – Niall Horan (2019)

Kolaborasi di tahun 2019 ini dilakukan Julia Michaels bersama salah satu member One Direction, Niall Horan, dalam single ‘What a Time’. Suara keduanya yang begitu ringan dan halus berpadu dalam harmoni yang angelic saat merefleksikan sebuah hubungan di masa lalu dengan musik yang meledak di akhir lagu.

16. ‘Anxiety’ – Selena Gomez (2019)

Dalam lagu ‘Anxiety’, Julia melakukan sebuah kolaborasi yang sangat penting bersama Selena Gomez. Bersama-sama berjuang melawan ‘kecemasan’, Julia dan Selena membawakan lagu ini dengan powerful dan terhubung satu sama lain dengan lirik seperti, “I make all these plans with friends and hope they call and cancel/Then I overthink about the things I’m missing”.

17. ‘If The World Was Ending’– JP Saxe (2019)

Kolaborasi terbaru Julia adalah bersama JP Saxe dalam single ‘If The World Was Ending’. Kolaborasinya kali ini boleh dikatakan adalah yang paling menyentuh dan emosional. Menggambarkan perjuangan cinta di tengah bencana alam, keduanya mampu merefleksikannya melalui suara yang powerful ditambah video musik yang mendebarkan. Bagi JP Saxe, menulis bersama Julia adalah pengalaman paling kreatif yang pernah ia alami karena mereka berhasil menulis dan merekam lagu tersebut di hari yang sama dengan mereka bertemu.

Inilah deretan lagu hasil kolaborasi para musisi ternama bersama Julia Michaels. Julia Michaels jelas telah membuktikan kemampuannya dalam menulis lagu bahkan bernyanyi hingga ke skala internasional. Kalau kamu paling suka lagu yang mana?

riadini
More from Creative Disc