Trending News

Blog Post

Billboard Ungkap Panduan Baru Untuk Gimmick Bundling Merchandise & Album
Music News

Billboard Ungkap Panduan Baru Untuk Gimmick Bundling Merchandise & Album 

Beberapa waktu lalu grup K-Pop Super M sempat membuat heboh saat album mereka sukses menjuarai Billboard 200 meski memiliki jumlah streaming yang kecil. Penyebabnya ternyata gimmick dalam bentuk bundling merchandise dan album yang menyebabkan angka penjualannya bisa tinggi. Banyak yang mengungkap rasa kecewanya akan trik marketing seperti ini.

SuperM bukan satu-satunya artis yang mendapat keuntungan dari sistem penjualan ini, karena ada juga Celine Dion, Kanye West, Taylor Swift, Ariana Grande, dan banyak lagi yang melakukan trik yang sama.

Mungkin untuk menyikapi kasus sama terulang kembali, Billboard kini telah mengungkap sebuah panduan baru yang mengatur tentang bundling merchandise dan album ini. Billboard menyebutkan agar penjualan album bisa dihitung sebagai bagian bundling merchandise/album, semua itemnya harus tersedia untuk dibeli baik secara terpadu atau mandiri di website yang sama.

Sebagai tambahan, item yang dijual terpisah harus memiliki harga yang lebih rendah dari harga bundlingnya. Bundling ini hanya bisa dijual melalu laman resmi sang artis bukan melalui website pihak ketiga. Penjualan bundling baru bisa dihitung setelah dikirim ke pembeli, bukan umlah ketersediaan paketnya. Bundlingnya juga harus memiliki harga minimum setidaknya $3.49 atau lebih untuk bisa dihitung.

Kebijakan baru ini akan berlaku mulai tanggal 3 Januari 2020. Semua album yang dirilis mulai tanggal tersebut harus mengikuti peraturan ini.

Related posts

Leave a Reply