Trending News

Blog Post

TEMAN Musicals presents HAIRSPRAY: The Closest ‘Real-Broadway-Musical’ You Can Get!
Concerts Review

TEMAN Musicals presents HAIRSPRAY: The Closest ‘Real-Broadway-Musical’ You Can Get! 

Teater Musikal Nusantara atau yang lebih dikenal dengan nama TEMAN Musicals adalah satu komunitas yang selalu mengedepankan teater sebagai pertunjukan yang dikelolanya. Sempat memberikan workshop teater beberapa tahun ke belakang, Teman Musicals juga pernah mementaskan salah satu Broadway Musical classic “Into The Woods” di bulan Desember 2018. Kini, tepat setahun setelah pementasan “Into The Woods”, TEMAN Musicals memberikan sajian baru untuk penikmat pagelaran musical tanah air. Bertajuk “Hairspray”, TEMAN Musicals menghadirkan cast yang tidak biasa. Nama besar seperti Venytha Yoshiantini, Lea Simanjuntak, Morgan Oey, Gusty Pratama, Peter Ong, hingga Damien Jonathans ikut meramaikan pementasan tersebut. Diadakan selama 2 hari dengan total 3 show, “Hairspray” berhasil menghadirkan keceriaan untuk para penontonnya.


“Hairspray” berlatarbelakang tahun 1960’an dimana terdapat seorang remaja wanita berperawakan tambun bernama Tracy Turnbladd (diperankan Venytha Yoshiantini) yang sangat cerita dan memiliki cita-cita muncul sebagai regular dancer dalam acara favoritnya ‘The Corny Collins Show’. Selain menceritakan tentang perjalanan Tracy menggapai cita-citanya, “Hairspray” juga menyajikan tentang kesenjangan yang terjadi antara kulit hitam dan kulit putih di tahun 60’an. Dibagi dalam 2 act, “Hairspray” berhasil menyajikan produksi yang bisa dibilang setara dengan Broadway di Amerika Serikat. Ini mengejutkan memang, mengingat sebagian besar cast dari pagelaran musical ini berasal dari Indonesia. Mulai dari panggung, kostum, hingga tata lampu, semuanya terasa sangat klop dengan cerita dari “Hairspray”. Ditambah lagi, Bahasa pengantar dari musical ini dibawakan sesuai dengan script aslinya, yaitu Bahasa Inggris. Walau memang, tidak bisa dipungkiri terdapat satu atau dua technical issue berkaitan dengan microphone yang dipakai oleh pemain, tapi hal tersebut tidak menurunkan keseruan menikmati musical ini.


Memang, drama musical yang dibawakan dalam bentuk teater seperti ini masih tergolong baru di Indonesia. Tapi, ketika disajikan semaksimal “Hairspray” yang dipersembahkan oleh TEMAN Musicals ini, bisa jadi penikmatnya akan semakin banyak bermunculan di tahun-tahun mendatang. Terbukti dari banyaknya komentar positif yang diberikan oleh para penonton setelah meonton secara langsung. Bahkan, bisa dibilang, TEMAN Musicals berhasil memberikan standard baru pagelaran musical di tanah air. Mari kita tunggu kejutan apa lagi yang akan TEMAN Musicals berikan di tahun depan. Tapi, untuk sekarang, let us reminiscing a great laugh, happy tears, and giggles we got when we saw “Hairspray”.

Photo: Andi Bestari

Related posts

Leave a Reply