Trending News

Blog Post

Creative Disc Exclusive Single: 20 Jan 2020
Creative Disc Exclusive Single

Creative Disc Exclusive Single: 20 Jan 2020 

BTS (Alb. Map Of The Soul : 7 / BigHit Entertainment) – Black Swan

Album ke-4 milik BTS, “Map Of The Soul : 7,” belum lagi dirilis, namun BTS membuka era album ini dengan single ‘Black Swan’. Melalui lagu ini BTS mencoba melangkah keluar dari zona aman mereka dengan menghadirkan pendekatan musikal yang cukup berbeda. ‘Black Swan’ adalah banger moody yang diusung dalam balutan emo hip-hop. Jika agak bingung menentukan distribusi vokalnya, sepertinya BTS memang sengaja menyamarkan nyanyian setiap member agar terdengar mirip antara satu dengan yang lain dengan memanfaatkan auto-tune. Tujuannya bisa jadi untuk menyesuaikan filosofi album yang diusung, 7 adalah 1 dan 1 adalah 7. Single dirilis tanggal 17 Januari.


Jonas Brothers (Single / Republic) – What a Man Gotta Do

Apakah tahun baru berarti era (album) baru pula bagi Jonas Brothers? Sepertinya begitu, jika menilik pelepasan single baru mereka, ‘What a Man Gotta Do’, yang merupakan susulan album “Happiness Begins” yang dirilis tahun lalu. Track pop-uptempo ini memang menyenangkan untuk didengar, seolah-olah JoBro memang ingin bersenang-senang saja saat mengkomposisi lagunya. Beatnya cepat dan atraktif, sementara melodi senantiasa renyah dan pastinya didukung dengan chorus yang sing-a-long. Single dirilis tanggal 17 Januari.


Tove Lo (Single / Universal Music) – Bikini Porn

Setelah sukses melepas album “Sunshine Kitty” di tahun 2019 lalu, Tove Lo rupanya ingin segera membuka era album barunya lagi di tahun 2020 ini. Dibuktikan dengan single ‘Bikini Porn’ ini. Menariknya lagi Tove Lo menggandeng penyanyi, penulis lagu dan produser yang juga kakak lelaki Billie Eilish, FINNEAS, untuk membantunya. FINNEAS juga bisa diandalkan dalam urusan banger. ‘bad guy’-nya Billie Eilish bisa menjadi bukti, sehingga tidak heran jika semangat pop-dance terasa lekat dalam ‘Bikini Porn’. Tapi mengingat ini Tove Lo yang kita bicarakan, maka sentuhan easy listening yang tebal juga mendominasi lagu. Agak tropikal, agak dancehall dan agak alt-pop, tapi pastinya sebuah catchy. Single dirilis tanggal 15 Januari.


Shakira & Anuel AA (Single / Ace Entertainment) – Me Gusta

Jelang aksinya bersama Jennifer Lopez di Super Bowl LIV Halftime Show 2020, Shakira ternyata masih sempat meluncurkan sebuah single baru. Sang Ratu Pop Latin asal Kolumbia mengajak Anuel AA untuk membantunya di lagu berjudul ‘Me Gusta’ ini. Bukan kejutan jika Shakira kemudian menghadirkan sebuah banger yang catchy dengan ‘Me Gusta’ ini tentu saja. Bersama mereka dengan kompak menghadirkan irama Latin yang menggoda. Single dirilis tanggal 13 Januari.


Steve Aoki & Maluma (Single / Ultra) – Maldad

Super DJ Steve Aoki memang terkenal dengan versatilitasnya. Karya-karyanya tak asing dalam berpindah dari satu genre ke kenre lain. Kali ini Steve ingin memasuki ranah Latin dan siapa lagi yang bisa diajak berkolaborasi selain bintang yang namanya sedang panas saat ini, Maluma. Steve mengajak Maluma dalam sebuah track berjudul ‘Maldad’ yang merupakan hibridasi antara degup Latin dan EDM sehingga menjelma menjadi sebuah banger yang eksplosif. Drop, ketukan beat musik latar dan vokal Maluma yang seksi menjadi formula juara tawaran ‘Maldad’ yang berarti “iblis” ini. Single dirilis tanggal 17 Januari.


New Hope Club & R3HAB (Single / Universal Music) – Let Me Down Slow

Meski pop-rock adalan usungan trio asal Inggris, New Hope Club, bukan berarti mereka anti menyebrang ke ranah pop yang lebih murni, bahkan pop-dance atau Latin. Kali ini sepertinya New Hope Club ingin menyajikan irama dance yang lebih tebal, bahkan masuk ke ranah EDM dengan ‘Let Me Down Slow’. Mungkin karena itu mereka mengajak DJ dan produser kenamaan asal Belanda berdarah Moroko, R3HAB untuk membantunya. Hasilnya sebuah anthem tropical berbumbu dance Latin yang menggebu, meski tentunya tetap catchy didengar. Single dirilis tanggal 17 Januari.


The 1975 (Alb. Notes on a Conditional Form / Dirty Hit) – Me & You Together Song

The 1975 membawa kabar yang agak kurang sedap; album baru mereka, “Notes on a Conditional Form”, diundur perilisannya. Mungkin sebagai penawar rasa kecewa, Matthew Healy dan teman-teman kemudian melepas sebuah single baru dari albumnya, yaitu ‘Me & You Together Song’. Lagu pop riang bukan hal aneh bagi The 1975, namun ‘Me & You Together Song’ menawarkan pendekatan yang agak berbeda dari biasanya. ‘Me & You Together Song’ adalah sebuah bop murni yang memperdengarkan nyanyian Matty saat ia sedang jatuh cinta. Oleh karenanya optimisme begitu kuat mewarnai lagunya sehingga turut mempengaruhi mood pendengar lagu untuk turut merasakan rasa riang dan juga cinta tadi. Single dirilis tanggal 16 Januari.


Green Day (Alb. Father of All… / Reprise) – Oh Yeah!

Jelang perilisan album “Father of All…”, Green Day kembali melepas sebuah single baru. Kali ini sebuah anthem pop rock berjudul ‘Oh Yeah!’. Dengan beat berdegup, bahkan bouncy, Billie Joe Armstrong bernyanyi dengan iringan synth yang cukup tebal di mana ia membahas tentang selebriti yang sedang dalam masalah. Agak berbeda dengan pop-punk yang biasa dibawakan Green Day, mengingat lagunya lebih condong bergerak di ranah pop-dance, namun jangan takut karena secara atmosfer ‘Oh Yeah!’ tetap kental dengan warna “gritty” ala trio ini. Single dirilis tanggal 16 Januari.


Lauv (Alb. ~how i’m feeling~ / AWAL) – Tattoos Together

Saat kita merasa Lauv sudah cukup melepas single untuk album debutnya, “How I’m Feeling”, namun rupanya ia belum puas karena kembali merilis sebuah single, ‘Tattoos Together’.
Ini merupakan single ke-9 (!) untuk album tersebut dan susulan ‘Changes’ yang dirilisnya di tanggal 2 Januari lalu. ‘Tattoos Together’ adalah sebuah track pop mid-tempo yang “playful”, sesuatu yang bisa kita harapkan dari seorang Lauv. Tentunya beat-nya catchy dan melodinya easy listening, sementara liriknya manis romantis membuai telinga pendengarnya. Single dirilis tanggal 16 Januari.


Alec Benjamin (Single / Alec Benjamin) – Demons

Di tahun 2020 ini Alec Benjamin punya rencana untuk (akhirnya) melepas album debutnya. Sebagai langkah awal ia merilis single andalan album tersebut yang bertajuk ‘Demons’. Jika lagu ini menjadi indikasi, maka albumnya akan sangat menarik untuk disimak. ‘Demons’ adalah pop manis dan easy listening dan diantarakan oleh vokal merdu Alec. Melodinya sederhana saja tapi memikat di pendengaran. Meski berjudul ‘Demons’, ia pada dasarnya sebuah lagu cinta, sehingga tidak heran melantun dengan manis dan romantis. Single dirilis tanggal 16 Januari.


Eminem (Alb. Music to Be Murdered By / Aftermath) – Godzilla (feat. Juice WRLD)

Eminem memberi kejutan pada para penggemar dengan secara mendadak merilis album barunya. Berjudul “Music To Be Murdered By”, sang rapper berusia 47 tahun melepas albumnya dengan amunisi sebanyak 20 lagu, dan didukung pula oleh beberapa artis terkenal seperti Juice WRLD yang membantunya di track playful ‘Godzilla’. Meski hip-hop tetap menjadi sajian Eminem dalam lagu, namun ia juga mengusung sentuhan pop catchy tebal dalam lagunya. Single dirilis tanggal 17 Januari.

Special Thanks to Sony Music Indonesia, Universal Music Indonesia, Warner Music Indonesia, dll.


Related posts

Leave a Reply