Trending News

Blog Post

Creative Disc Exclusive Single: 03 Feb 2020
Creative Disc Exclusive Single

Creative Disc Exclusive Single: 03 Feb 2020 

Dua Lipa (Alb.Future Nostalgia / Warner Music) – Physical

Album sophomore Dua Lipa, “Future Nostalgia”, jelas merupakan salah satu album pop paling dinanti di tahun 2020 ini. Sejauh ini lagu-lagu yang dirilis Dua untuk albumnya menarik untuk didengar. Kini Dua kembali menyiapkan single susulan untuk ‘Don’t Start Now’ dan ‘Future Nostalgia’, yaitu ‘Physical’. Tentu saja ‘Physical’ versi Dua Lipa ini bukan cover-version atau remake lagu klasik era 80-an milik Olivia Newton-John. Tapi sepertinya Dua dan tim produser, Jason Evigan dan KOZ, terinspirasi dari disko klasik tersebut, sehingga ‘Physical’ versi mereka pun terdengar sangat 80-an, lengkap dengan synth yang mendominasi. Single dirilis tanggal 31 Januari.


Taylor Swift (Single / Republic) – Only The Young (Featured in Miss Americana)

Dokumenter Taylor Swift yang sudah ditunggu-tunggu, “Miss Americana”, akhirnya tayang juga di Netflix. Dan berbarengan dengan penayangan dokumenter, kita juga bisa mendengarkan sebuah lagu baru dari Taylor, ‘Miss Americana’. Diproduserinya bersama Joel Little, ‘Only The Young’ bisa dikatakan sebagai sebuah anthem protes dari Taylor. Meski berbau protes, namun ‘Only The Young’ tetap dihadirkan dalam melodi yang renyah dan catchy. Pop-ish dan manis sebagaimana lagu-lagu di album terakhirnya, “Lover”. Single dirilis tanggal 31 Januari.


Demi Lovato (Single / Island) – Anyone

Comeback Demi Lovato yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Sang bintang berusia 27 tahun meluncurkan kembali karirnya dengan membawakan lagu barunya, ‘Anyone’. Ditulis hanya jelang beberapa hari sebelum insiden overdosis yang dialaminya di tahun 2018, ‘Anyone’ adalah sebuah balada emosional di mana Demi bernyanyi dengan penuh perasaan tentang meminta adanya sebuah koneksi. Dengan aransemen minimalis di mana piano menjadi instrumental utama lagu, Demi meluncurkan lirik yang cukup jujur. Tentu saja karena ini lagu Demi Lovato, maka chorusnya dihadirkan dengan vokal eksplosif darinya dalam menjangkau nada-nada tinggi. Single dirilis tanggal 26 Januari.


Kesha (Alb. High Road / RCA) – Tonight

Rupanya jelang perilisan album “High Road”, Kesha masih ingin menghadirkan lagu lain lagi. Untuk itu ia melepas sebuah lagu berjudul ‘Tonight’. Masih dalam semangat pop ‘Tonight’ adalah sebuah electrobanger penuh beat gempita yang mengingatkan akan era “Animal”. Tapi karena ini Kesha yang lebih “matang” yang kita bicarakan, maka lagunya juga mengusung sesuatu yang subtil pula di dalamnya. Jadi, ada momen-momen lembut di dalam ‘Tonight’ sebelum diisi oleh hentakan yang anthemik. Pop, tapi bukan “cheesy pop”, mungkin seperti itu. Single dirilis tanggal 28 Januari.


Meghan Trainor (Alb. Treat Myself / Epic) – Nice to Meet Ya

Selepas dengan mengejutkan kembali aktif di Instagram, Nicki Minaj menyusulnya dengan comeback ke dunia musik dengan sebuah lagu baru. Memang bukan single solonya, melainkan membantu Meghan Trainor dalam track ‘Nice To Meet Ya’. Lagu merupakan bagian dari album baru Meghan, “Treat Myself”. Meghan terkenal berkat tangan dinginnya dalam mengerjakan sebuah bop, maka ‘Nice To Meet Ya’ bukan pengecualian. Dengan meminjam semangat dance, ‘Nice To Meet Ya’ adalah sebuah anthem pop yang tidak hanya pop-ish, namun juga edgy. Sedang Nicki tentu saja memberi kesan hip-hop pada lagu catchy dan kaya hook di chorusnya ini. Single dirilis tanggal 31 Januari.


Justin Bieber (Alb. Changes / Def Jam) – Get Me (feat. Kehlani)

Justin Bieber memberi kejutan pada para fans-nya dengan mengumumkan judul untuk album kelimanya, “Changes”. Dan ia juga sebuah buzztrack baru berjudul ‘Get Me’. Menariknya Kehlani diajak Justin untuk berkolaborasi dalam lagu ini. ‘Get Me’ adalah sebuah alt-R&B mid-tempo yang ternyata cukup mellow, meski tentu saja dibungkus dengan melodi manis yang easy listening. Dengan pendekatan yang lebih low-key, maka jelas lagu berniat untuk mengeksplorasi kekuatan vokal sang superstar berusia 25 tahun ini. Kehlani sendiri sudah tidak usah diragukan lagi dalam menjadi tandem bagi Justin. Single dirilis tanggal 28 Januari.


Madison Beer (Alb. Life Support / Epic) – Good in Goodbye

Akhirnya Madison Beer kembali ke dunia musik melalui single berjudul ‘Good in Goodbye’. Sebagaimana yang bisa diharapkan dari bintang berusia 20 tahun ini, ‘Good In Goodbye’ adalah sebuah bop melankolis namun catchy dan mengusung hook yang kuat pada chorusnya. Terdengar ada pengaruh pop R&B ala akhir 90-an di dalam lagunya, selain alt-pop yang kuat dengan synth dan instrumentasi electronic. Single dirilis tanggal 31 Januari.


San Holo (Single / bitbird) – Honest (feat. Broods)

Dalam perjalanannya future bass memang terus mengalami perkembangan dan adaptasi. Mudahnya ia menyatu dengan genre lain menjadi kelebihan tersendiri untuk subgenre ini, seperti yang baru dilakukan San Holo dalam single barunya, ‘Honest’. Dengan menggandeng duo pengusung pop-electronic asal Australia, Broods, San Holo menghadirkan sebuah anthem pop-dance yang begitu cair, berpindah-pindah nuansa tanpa kehilangan akar EDM-nya itu sendiri. Catchy dan radio friendly pastinya juga. Dengan melankolisme yang disiratkan dalam lagu, boleh dikatakan ‘Honest’ sebagai banger yang moody. Single dirilis tanggal 31 Januari.


Cosmo’s Midnight & Ruel (Single / Sony Music) – Down for You

Duo kembar asal Sydney, Cosmo’s Midnight, baru saja merilis single baru mereka di tahun ini. Berjudul ‘Down For You’, lagu merupakan proyek kolaboratif bersama dengan musisi senegara mereka, Ruel. Lagu ini merupakan hasil pertemuan mereka di tahun 2018 lalu, setelah Cosmo’s Midnight mengundang Ruel menjadi bagian penampilan mereka di “Groovin’ The Moo”. ‘Down For You’ sendiri dihadirkan sebagai pop chillin yang tampaknya terinspirasi dari lite-jazz yang santai. Single dirilis tanggal 31 Januari.


Trevor Daniel & Summer Walker (Single / Alamo) – Falling (Summer Walker Remix)

Trevor Daniel, saat ini tengah terangkat namanya dan sukses masuk Billboard Hot 100 berkat single debutnya, ‘Falling’. Padahal ‘Falling’ dirilis di tahun 2018 lalu, namun sebagaimana umumnya lagu-lagu viral masa kini, ia perlu waktu untuk “panas” dan dinikmati oleh banyak orang. Sukses di TikTok tentu adalah bonus tersendiri. Sebagaimana lagu sukses masa kini, ‘Falling’ pun mendapat treatment remix. Kali ini bersama bintang muda yang namanya juga tengah terangkat, Summer Walker. Secara esensi tidak banyak perbedaan dengan versi asli, hanya mendapat tambahan vokal dari Summer. Single dirilis tanggal 31 Januari.


Samantha Jade (Single / Sony Music ) – In the Morning

Bintang asal Australia jebolan The X Factor, Samantha Jade, sedang menyiapkan album kelimanya yang rencananya akan dirilis di tahun ini. Untuk itu ia merilis sebuah single berjudul ‘In The Morning’ yang diproduseri oleh duo DNA, yang sebelumnya sudah memproduseri beberapa lagi Samantha, seperti ‘What You’ve Done To Me’ misalnya. ‘In The Morning’ sendiri sebuah bop yang terinspirasi dari ranah Latin dan juga tropical di dalamnya. Single dirilis tanggal 31 Januari.

Special Thanks to Sony Music Indonesia, Universal Music Indonesia, Warner Music Indonesia, dll.


Related posts

Leave a Reply