Iklan

10 Lagu Ini Ternyata Juga Ditulis oleh Julia Michaels

Oleh: dundhee - 15 May 2020

Kita mengenal sosok Julia Michaels lewat lagu hits ‘Issues’ yang sangat catchy dan relate dengan hubungan-hubungan masa kini. Lagu ini juga sempat masuk ke #11 di Billboard Hot 100. Tapi, sebenarnya Julia juga merupakan seorang pencipta lagu yang handal. Bahkan, dia memulai kariernya di dunia musik sebagai penulis lagu. Banyak menulis lagu bersama Fifth Harmony, Justin Bieber, bahkan sahabatnya, Selena Gomez, Julia Michaels berhasil menelurkan banyak sekali hits lewat lagu-lagu yang diciptakannya tersebut.

Selain menjadi pencipta lagu utama dari lagu-lagu hits yang telah dirilis, ternyata Julia Michaels juga pernah menjadi co-writers untuk lagu dari musisi terkenal dunia lainnya. Berikut 10 lagu yang juga ditulis oleh Julia Michaels.

1. Linkin Park ft Kiiara – Heavy

Menulis bersama Linkin Park adalah pengalaman yang tidak akan pernah dilupakan Julia seumur hidupnya, terlebih ini adalah lagu terakhir sebelum Chester Bennington ditemukan meninggal dunia bulan Juli 2017. Dirilis bulan Februari 2017, Julia mengaku masih susah mendengarkan lagu ini kembali karena masih tidak percaya akan kejadian yang menimpa Chester. Dia bahkan menceritakan, saat bertemu, Chester merupakan orang yang sangat ceria. Bahkan Chester sering melontarkan gurauan saat sedang menulis lagu ini.

2. Gwen Stefani – Used To Love You

Sebenarnya, Julia tidak hanya menjadi co-writer untuk lagu ini saja. Dia bahkan menjadi co-writer untuk 10 buah lagu dari total 12 lagu milik Gwen Stefani yang ada di album “This Is What the Truth Feels Like”. Lagu ‘Used to Love You’ sendiri dipilih Gwen sebagai single official pertama untuk album ini. Julia mengaku, dia harus mempelajari sosok seorang Gwen Stefani melalui diarynya sebagai inspirasi.

3. Britney Spears ft Tinashe – Slumber Party

Yup! Mungkin salah satu goals seorang penulis lagu adalah untuk bisa bekerjasama dengan sang ikon Britney Spears. Hal itu, sudah pernah dilakukan Julia juga saat dirinya ikut dilibatkan dalam penulisan lagu yang masuk dalam album “Glory” milik Britney. Dirilis tahun 2016, lagu ini bahkan sempat menduduki posisi #1 di the Dance Club Song Charts.

4. Kelly Clarkson – War Paint

Di tahun 2015, Julia juga dipercaya oleh Kelly Clarkson untuk ikut menulis lagu ‘War Paint’ yang masuk ke dalam album “Piece by Piece” milik Kelly. Dalam lagu inipun, Julia tetap menghadirkan sentuhannya. Bercerita tentang bagaimana membuka diri pada pasangan kita, Julia berhasil menuliskan lirik yang punya makna mendalam untuk lagu ini.

5. Nick Jonas ft Tove Lo – Close

Ini satu lagi contoh lagu yang ikut ditulis oleh Julia terbukti bisa sukses di pasaran. Dibawakan oleh Nick Jonas bersama Tove Lo, lagu ‘Close’ ini sempat menempati posisi #14 di Billboard Hot 100. Tidak sampai disitu saja, Julia juga ikut terlibat dalam penulisan lirik lagu ‘Chainshaw’ milik Nick Jonas yang juga diambil dari album “Last Year Was Complicated” milik Nick yang dirilis tahun 2016 silam.

6. Selena Gomez – Boyfriend

Julia Michaels ternyata juga sahabat baik dari Selena Gomez, makanya tidak heran ketika dirinya banyak membantu menulis lagu untuk album solo ketiganya, “Rare”. Setidaknya ada lima lagu yang ditulis bersama Julia, yaitu 'Boyfriend', 'Lose You to Love Me', 'Look at Her Now', 'Fun', dan 'Bad Liar'. Yang hebatnya, ‘Love You to Love Me’ berhasil jadi #1 di Billboard Hot 100.

7. Ed Sheeran – Dive

Pada tahun 2016 lalu, Julia memiliki kesempatan emas untuk menulis bersama Ed Sheeran dan Benny Blanco untuk salah satu track dari album “Divide” milik Ed. Berjudul ‘Dive’, lagu ini turut menampilkan Jessie Ware sebagai backing vokal. Lagu balada akustik ini menceritakan tentang pasangan yang ragu-ragu, dan memiliki lirik yang cukup jenaka.

8. Justin Bieber – Sorry

Salah satu hit terbaik yang ditulis oleh Julia Michaels adalah ‘Sorry’ dari Justin Bieber. Single ini menjadi #1 Billboard Hot 100 dan bertahan selama 42 minggu di chart ini. Julia awalnya juga tidak percaya bisa menulis untuk salah satu popstar terbesar saat itu. Tak hanya ‘Sorry’, ternyata Julia juga turut menulis ‘The Feeling’ yang juga berada di album yang sama “Purpose” milik Justin.

9. Demi Lovato – Fire Starter

Bisa jadi ini awal karir Julia Michaels. Pada tahun 2013, Julia yang masih berusia 20 tahun, dirinya menjadi co-writer lagu Demi Lovato ‘Fire Starter’ untuk album keempatnya, “Demi”. Ditulis bersama penulis lagu ternama Lindy Robbins dan Jarrad "Jaz" Rogers, ‘Fire Starter’ bisa menjadi batu lompatan Julia untuk lebih dikenal sebagai penulis lagu handal.

10. Dua Lipa – Pretty Please

Rilisan terbaru dari Dua Lipa, ‘Pretty Please’ yang diambil dari album keduanya, “Future Nostalgia” ternyata juga turut ditulis oleh Julia Michaels, Caroline Ailin, Ian Kirkpatrick juga sang Dua Lipa sendiri. Walau masih belum dirilis sebagai salah satu single andalan dari album ini, tapi bisa menjadi calon future hits untuk Dua Lipa.

Jadi, menurutmu, kira-kira siapa lagi musisi yang seharusnya dituliskan lagu oleh Julia Michaels?

dundhee
More from Creative Disc