Trending News

Blog Post

Ganti Nama, Lady Antebellum Malah Tuai Masalah
CREDIT: John Shearer/Getty Images; Courtesy of Lady A
Music News

Ganti Nama, Lady Antebellum Malah Tuai Masalah 

Trio pengusung country populer, Lady Antebellum, telah memutuskan untuk mengganti nama mereka menjadi Lady A saja, mengingat munculnya kritikan atas penggunaan nama Antebellum yang kerap diasosiasikan dengan romantisasi situasi pra-perang saudara dan juga perbudakan di selatan Amerika Serikat. Penggantian nama ini, termasuk di medsos dan platform streaming, juga menyikapi gerakan #BlackLivesMatter yang sedang berkembang.

Tapi berganti nama bukan berarti trio ini terlepas dari masalah, malah terjebak yang baru. Ternyata sudah ada musisi yang menggunakan nama Lady A. Berasal dari Seattle, ia telah lama menggunakan nama Lady A dalam karir musiknya. Menurutnya trio country tadi belum ada menghubungi dirinya sebelum mengubah nama mereka.

Bernama asli Anita White, Lady A adalah seorang perempuan berkulit hitam berusia 61 tahun. Ia telah mengusung musik blues dengan nama Lady A selama lebih dari 20 tahun lamanya. Ia memulai karir menyanyi dengan menjadi penyanyi gospel di gereja dan mulai memakai nama Lady A saat berkaraoke di era 80-an.

Lady A juga sudah merilis beberapa album, selain bekerja sebagai pegawai Seattle Public Utilities. Ia berencana untuk merilis album baru, “Lady A: Live in New Orleans,” tepat di hari ulang tahunnya nanti, 18 Juli.

Rolling Stone sudah menghubungi pihak Lady Antebellum dan di hari Jumat pagi, 12 Juni, perwakilan band menyebutkan jika mereka tidak tahu sudah ada yang menggunakan nama Lady A dan berniat untuk menghubunginya.

Related posts

Leave a Reply