Inilah 10 Lagu Populer Tahun 2020 Berkat TikTok

Oleh: cung2 - 28 Aug 2020

Aplikasi TikTok awalnya diluncurkan pada bulan September 2016 oleh perusahaan asal Tiongkok. TikTok berkembang pesat sebagai jaringan sosial dan platform video musik di negeri tirai bambu itu dan tidak butuh lama untuk bisa terkenal secara global. Termasuk di Indonesia sendiri, aplikasi ini sempat diblokir pada tahun 2018 lalu karena adanya konten negatif. Kini, TikTok kembali menjadi aplikasi sekaligus platform teratas bagi mereka yang ingin membagikan video pendek mereka, apapun bentuk videonya itu. Seperti video menari, tutorial, animasi dan masih banyak lagi. Berkat TikTok pula, banyak lagu-lagu yang sebelumnya tidak dikenal akhirnya menjadi hits viral.

Berikut ini daftar 10 lagu yang terangkat namanya di tahun 2020, gara-gara aplikasi TikTok. Lagu yang terpilih ini berdasarkan pilihan CreativeDisc yang lagunya viral di Indonesia.

10. Ysabelle Cuevas – I Like You So Much, You’ll Know It

Lagu ini aslinya dalam bahasa Tiongkok, yang kemudian dicover berbahasa Inggris oleh penyanyi asal Filipina, Ysabelle Cuevas. Di TikTok sendiri, lagu ini sering menjadi musik ketika menjalani kegiatan berdua bersama pasangan, atau orang yang spesial. Selain versi Ysabelle Cuevas, ada juga versi penyanyi Filipina, Honey Jemlan dan penyanyi asal Indonesia, AVIWKILA.

9. Doja Cat – Boss B*tch

Soundtrack film "Birds of Prey" yang rilis di awal tahun 2020 ini, mendadak menjadi hits – salah satunya karena dipakai sebagai musik di video Glambot Grammy Awards 2020. Akhirnya lagu ini menjadi viral di TikTok, karena kreatifitas pengguna yang curhat tentang teman-teman / keluarganya, dan diisi potongan video Glambot Grammy. Sepertinya, Doja Cat layak menyandang gelar ratu TikTok karena tak hanya, 'Boss B*tch' saja yang jadi hits, tapi Doja Cat memiliki beberapa lagu lainnya yang viral di TikTok, yaitu 'Like That', 'Juice', 'Say So', 'Mooo! dan yang terbaru, 'Freak'.

8. Benee feat Gus Dapperton– Supalonely

Benee sepertinya tidak pernah bisa jauh dari TikTok. Setelah 'Glitter' yang menjadi ‘famous dance challenges in 2019’, tahun ini Benee merilis 'Supalonely' yang juga terkenal di TikTok. Bermula dari satu user @zoifishh yang membuat dance di lagu yang tempo cepat ini, sampai akhirnya sekarang ada 11 juta user yang sudah membuat video dance dengan audio 'Supalonely'.

7. Weird Genius – Lathi (ft. Sara Fajira)

Indonesia boleh berbangga karena #LathiChallenge viral di TikTok. Salah satu user @jharnabhagwani mengunggah klip transformasi make-up yang sekaligus mengangkat budaya Indonesia. Terinspirasi dari konsep video musik lagunya yang terkesan menghantui, #LathiChallenge sudah diikuti 292 juta kali. Berkat 'Lathi' sendiri, nama Weird Genius akhirnya dikenal hingga kancah internasional dan mereka menjadi artis Asia pertama yang dikontrak oleh label Astralwerks.

6. Powfu – death bed (ft. beabadoobee)

Powfu adalah penyanyi indie dari Kanada, yang mengeluarkan single 'Death Bed' dengan mengambil sample dari lagu penyanyi Filipina, beabadoobee ‘Coffee’. Meski dirilis tahun 2019, lagu ini hits di TikTok bulan Februari lalu, dimana banyak user yang menggunakan lagu ini untuk menyatakan perasaan mereka. Melihat kesuksesan lagu ini di TikTok, Powfu dikontrak oleh Columbia Records, dan merilis EP "Poems of Human" tanggal 29 Mei 2020 lalu.

5. Surf Mesa – ily (ft. Emilee)

Surf Mesa yang punya nama asli Powell Aguirre, tidak pernah menyangka kalau cover dari lagu hits Frankie Valli (1967), yang sudah dirilis sejak tahun 2019 lalu akan sukses besar di tahun 2020. Lagu ini menjadi viral dan hits di TikTok, karena menampilkan kegiatan / orang yang disuka, sesuai dengan lirik lagunya “I love you, Baby..

4. Jason Derulo, Jawsh 685 – Savage Love (Siren Song) & Coño

Gelar raja TikTok, sepertinya layak diberikan pada Jason DeRulo. Dua lagu yang melejitkan namanya di TikTok adalah 'Coño' dan 'Savage Love'. Meskipun keduanyanya bukan lagu baru, tapi punya beat yang ringan dan catchy. Jason memberi vokal di lagu itu, ditambah dengan gerakan dance yang asik, voila, jadi trending di TikTok dunia! Yang terbaru dari Jason adalah 'Take You Dancing', lagu baru yang sepertinya khusus diciptakan untuk TikTok.

3. Claire Rosinkranz - Backyard Boy

Claire Rosinkranz adalah penyanyi 16 tahun dari Islandia, yang mendapatkan spotlight di TikTok lewat lagunya ‘Backyard Boy’ – lagu terpendek dari EPnya. Sound ini digunakan di video #POV (Point of View) dimana user berkreasi memilih pilihan, atau kondisi-kondisi tertentu dalam hidupnya.

2. Curtis Waters ft Harm Franklin - Stunnin'

Single Curtis Waters sudah dirilis bulan Mei lalu, yang mengakibatkan warga TikTok menggila dengan #StunningChallenge #whatiwouldwear dimana TikTok-ers berkreasi dengan outfit favoritnya, atau berandai-andai menjadi karakter di sebuah film.

1. Natalie Taylor – Surrender

Lagu ini sebenarnya sudah dirilis sejak tahun 2015 oleh Natalie Taylor, dan menjadi viral karena TikTok, karena menjadi latar untuk video-video yang menyentuh hati. Sebagai rasa baru dari lagu ini, tahun 2020 Martin Jensen membuat versi remix dari lagu ini.

LATEST VIRAL HITS

MC Zaac, Anitta & Tyga- ‘Desce Pro Play (PA PA PA)

Viral hits yang terbaru datang dari penyanyi asal Brazil, MC Zaac. Bersama Anitta dan rapper Tyga, mereka mebawakan lagu ‘Desce Pro Play (PA PA PA)’ atau yang terdengar seperti nama makanan Ba Ba Bat Ba Ba Bat. Tak ayal, berkat melodi dan kata-kata yang mudah diingat, chorus lagu ini banyak mondar-mandir di TikTok akhir-akhir ini.

Kalo menurut kamu lagu viral apa yang lagi hits di TikTok?

cung2
More from Creative Disc