Creativedisc Exclusive Interview with Zoe Wees: ‘Control’ adalah Lagu Personal yang Didedikasikan Untuk Gurunya

Oleh: dundhee - 30 Dec 2020

Untuk kamu yang selalu haus akan adanya musisi-musisi baru dengan karya luar biasa, mungkin musisi asal Jerman satu ini adalah jawabannya. Mari kita berkenalan dengan Zoe Wees, musisi yang baru berusia 18 tahun ini (19 tahun pada bulan Januari 2021 nanti), telah merilis lagu debutnya yang berjudul ‘Control’ beberapa bulan yang lalu. Warna suara yang tebal menjadi salah satu ciri khas musisi satu ini. Ditambah lagi, lagu ‘Control’ ini merupakan lagu yang sangat personal untuknya. Ditemui beberapa waktu lalu via zoom, Zoe menceritakan pengalamannya menulis bersama penulis-penulis professional sampai akhirnya ‘Control’ terlahir.

“Lagu ini adalah lagu pertama yang kubuat bersama beberapa penulis profesional. Aku tahu dengan pasti saat aku di ruangan itu, aku ingin menulis lagu yang personal. Lalu, aku juga ingin membuat lagu yang dapat aku dedikasikan untuk guruku,” kisahnya. “Saat kecil, aku adalah seorang penderita Epilepsi dan guruku ini adalah sosok yang sangat memperhatikanku, dan terus membuatku berusaha untuk melawan penyakitku itu. Jadi, lagu ini merupakan sebuah penghargaanku untuknya,” lanjut musisi yang juga sempat menjadi musisi pembuka dari konser virtual Sam Smith di Abbey Road Studio.

Saat lagu ini diperdengarkan oleh Zoe pada gurunya, sang guru sangat terharu dan berterima kasih kepadanya karena telah mendedikasikan lagu ini untuknya. “Setelah dia mendengarkan lagunya, dia menangis, kami berdua menangis dan saling berpelukan. Itu adalah momen paling menakjubkan dalam hidupku,” kenangnya.

Di tengah pandemik sekarang ini, Zoe sangat beruntung mendapatkan kesempatan untuk menjadi sebuah nama yang bersinar di industri musik. Dia juga merasa bersyukur karena lagu ini menjadi sangat berhubungan dengan keadaan yang terjadi sekarang ini. Setidaknya, dia sendiri merasakan seperti itu, karena dia ingin banyak orang untuk tidak ‘lose control’ karena sesuatu yang tengah melanda mereka. Zoe-pun memberikan sedikit pesan bagi orang-orang yang tengah lelah memperjuangkan kehidupannya. “Dunia ini memang sangat besar, dan aku tahu kita akan dengan sangat mudah merasa kesepian. Tapi, kamu tidak akan pernah merasa sendirian. Akan selalu ada harapan atau seseorang yang mungkin sekarang ini kamu lihat. Tapi, dia pasti ada di sana dan siap membantumu keluar di situasimu sekarang ini. Jadi, kamu tidak akan merasa sendiri dan kamu akan merasa lebih baik,” pesannya. “Kamu akan jadi lebih baik dan jangan pernah menyerah!” sambungnya.

Simak video interview dan podcast bersama Zoe Wees di bawah ini:

Interview & Teks by Dundhee Yuwono.

dundhee
More from Creative Disc