Trending News

Blog Post

10 Karya Musik Indonesia Terbaik di Tahun 2020
Top 10 Lists

10 Karya Musik Indonesia Terbaik di Tahun 2020 

Mulai dari pendatang baru dengan debut yang memukau hingga artis independen yang menggebrak pasar mainstream

Tahun 2020 terbukti menjadi tahun penuh tantangan bagi semua orang, tidak terkecuali para pekerja seni di industri musik Indonesia. Terlepas dari itu, beberapa dari mereka berhasil menaklukan tantangan tersebut dan menelurkan karya-karya paling berkesan sepanjang tahun 2020. Mulai dari pendatang baru dengan debut yang memukau hingga artis independen yang menggebrak pasar mainstream, berikut ini adalah 10 karya musik Indonesia yang berhasil mewarnai keseharian kita di tengah kegelapan.

(Penyusunan daftar ini khusus untuk karya musik Indonesia yang pertama kali dirilis dalam kurun waktu antara 1 Januari 2020 hingga 31 Desember 2020)

10. Mahen – “Luka Yang Kurindu”

Melalui “Luka Yang Kurindu”, Petrus Mahendra atau Mahen berhasil menghindari kutukan one-hit wonder dan melanjutkan debut raksasanya “Pura-Pura Lupa” dengan pop ballad yang mengeksplor penghayatan dan kekuatan vokal seorang Mahen. Bila konsistensi ini dipertahankan, pastinya Mahen kelak akan menjadi kandidat kuat garda depan musik pop Indonesia.

9. Tiara Andini – “Maafkan Aku #TerlanjurMencinta”

Terlepas dari tiga versi yang dirilis ke pasar, versi yang dibawakan oleh Tiara Andini terbukti lebih unggul dalam menaklukan hati konsumen musik sekaligus mengukuhkan eksistensi Tiara Andini sebagai artis rekaman yang mampu bersaing. Pujian teristimewa patut diberikan pula kepada Yovie Widianto yang berperan sebagai maestro di balik viral hit yang satu ini.

8. Ardhito Pramono feat. Aurélie Moeremans – “I Just Couldn’t Save You Tonight” (Story of Kale – OMPS)

Melalui duet jazz pop ini, Ardhito Pramono membuktikan bahwa pada akhirnya, jurus nomor satu untuk menggebrak pasar mainstream adalah dengan cukup menjadi diri sendiri. Tidak hanya itu, “I Just Couldn’t Save You Tonight” juga merintis tren munculnya artis-artis mainstream pop yang memutuskan untuk ikut mengeksplor genre jazz pop yang kerap kali dipandang sebelah mata. Liriknya yang unik juga menambah daya tarik tersendiri.

Related posts

Leave a Reply