10 Songwriter Indonesia yang Sedang Naik Daun

Oleh: cung2 - 10 Feb 2021

Pahlawan tanpa tanda jasa di balik musik populer masa kini

Bila kita diminta menyebutkan nama-nama songwriter populer Indonesia, mungkin nama yang akan langsung muncul di benak adalah Yovie Widianto (‘Aku, Dirimu, Dirinya’), Laleilmanino (‘Rayu’), atau Anji (‘Putus atau Terus’). Terlepas dari itu, industri musik Tanah Air sedang kebanjiran up-and-coming songwriter yang tidak kalah bersaing dan mulai membuktikan diri mereka sebagai hitmaker masa kini. Berikut adalah daftar nama para songwriter muda di balik musik populer dekade baru ini:

  1. Michael Juan

Michael Juan tidak hanya adalah kakak dari artis pop yang sedang naik daun, Brisia Jodie, tetapi juga adalah co-writer untuk track-track seperti ‘Cinta Kau Dimana’, ‘Ku Ingin Memilikimu’, dan ‘Kisahku’. Rasa-rasanya tinggal menunggu waktu ketika bakat songwriting Michael Juan juga diburu oleh para artis muda lainnya.

  1. Pika Iskandar

Pika Iskandar adalah sosok bertangan dingin yang memahat hit kekinian seperti Mahen ‘Pura Pura Lupa’ dan Agatha Chelsea ‘Lebih Baik Darinya’. Saat ini Pika Iskandar juga terlibat dalam project Mawar de Jongh selanjutnya. Salah satu kelebihan Pika Iskandar adalah liriknya yang relatable tanpa terkesan klise.

  1. Nadya Fatira

Untuk profesi yang masih didominasi kaum Adam, bahagia rasanya melihat seorang wanita berbakat keluar sebagai salah satu songwriter muda yang paling menjanjikan. Tidak hanya menggarap karya untuk dirinya sendiri (‘November’, yang amat sangat heartbreaking), Nadya Fatira juga beroleh songwriting credit tunggal untuk lagu kolaborasi bersama ‘Damaikan Dunia’ dan co-writer untuk single terbaru Fatin ‘Pelangi dan Hujan’.

  1. Raguel Lewi

Debut manis Mawar de Jongh (‘Lebih Dari Egoku’, ‘Sedang Sayang-Sayangnya’) dan karya follow-up nan cantik dari Hanin Dhiya (‘Terlambat Sudah’) justru lahir dari sosok maskulin Raguel Lewi. Tidak hanya musik pop yang manis, Raguel Lewi juga memiliki potensi versatilitas yang tinggi ketika menggarap balada folk pop ‘Sungguh Indah’ untuk Andy Ambarita.

  1. Bernadya Ribka

Tidak hanya berperan sebagai rekan duet Celine Eunike untuk duo pop Celine & Nadya, Bernadya Ribka (atau Nadya) juga menjadi songwriter tunggal untuk sleeper hit ‘Mereka Kau Lagi’ dan single terbaru ‘Sisakan Satu Untukku’. Ketika bakat vokal dilengkapi dengan bakat songwriting, tidak tertutup kemungkinan Bernadya Ribka akan mengikuti jejak “artis menggarap karya sesama artis” seperti Mikha Angelo (untuk Nadin Amizah ‘Bertaut’) dan Wizzy (untuk Tiara Andini ‘365’).

  1. Chevrina Anayang

Sosok yang satu ini sedang populer di kalangan artis musik indie dan artis-artis lainnya yang berniat menggarap karya yang eclectic dan anti-mainstream. Chevrina Anayang berperan sebagai co-writer untuk karya-karya unik seperti Andien ‘Somewhere in Tajikistan’, Hondo ‘River’, dan Sir Dandy ‘Jon Snow’.

  1. Alam Urbach

Beberapa karya musik masa kini yang turut digarap oleh Alam Urbach di antaranya kolaborasi antara Afgan dan Raisa ‘Tunjukkan’ dan kolaborasi Maudy Ayunda dan Teddy Adhitya ‘We Don’t (Still Water)’. Selain project pribadinya sebagai artis solo (‘Ghosting’), Alam Urbach juga sedang menggarap project terbaru JKT48.

  1. Nico Veryandi

Tidak hanya berperan sebagai additional keyboardist untuk band Kotak, Nico Veryandi juga mulai mengukir namanya sebagai songwriter berkat hit Andmesh ‘Kumau Dia’. Seakan belum puas, Nico Veryandi turut menjadi composer dan producer untuk karya-karya lain seperti Mario G. Klau ‘Beda’ dan Siska Salman ‘Patahkan Hatiku’. Ini baru yang namanya  triple threat!

  1. Andry Priyanta

Andry Priyanta mulai diburu sebagai songwriter dengan penguasaan multi-genre berkat karya-karyanya yang variatif sebagai co-writer untuk Happy Asmara ‘Perlahan’, Guyon Waton ‘Korban Janji’, dan Ngatmombilung ‘Memilih Dirinya’. Tidak mudah menemukan songwriter yang mampu meramu musik genre dangdut/tradisional dengan sensibilitas pop.

  1. Ade Govinda

Meski Ade Govinda sudah eksis cukup lama di industri musik Tanah Air (sebagai gitaris band Govinda), kolaborasinya bersama Fadly lewat ‘Tanpa Batas Waktu’ menghembuskan nyawa segar bagi songwriter-composer berusia 36 tahun itu. Sejak ‘Tanpa Batas Waktu’, Ade Govinda diundang untuk membantu menggarap karya-karya seperti Cakra Khan ‘Salah Tapi Baik’ dan Astrid ‘Baik Baik’. Ade Govinda juga dirumorkan akan menggarap project selanjutnya Lyodra dan Amanda Manopo.


TENTANG PENULIS

Felix Martua adalah penulis, editor, traveler, kurator, dan cataloger bilingual (Bahasa Inggris dan Indonesia) untuk musik, hiburan dan all things pop culture. Felix bisa dihubungi via martuafelix00@gmail.com


cung2
More from Creative Disc