CreativeDisc Exclusive Interview with Ruth B: Bahas Tentang Kecanduan TikTok, Lagu Viral, Hingga Persiapan Album Kedua

Oleh: dundhee - 23 Mar 2021

Nama Ruth B adalah nama yang tidak asing di dunia musik. Ya! Karena memang dirinya sempat viral dengan lagu berjudul ‘Lost Boy’ yang menggambarkan sosok Peter Pan lewat liriknya yang sarat pesan. Walau kini tengah menyiapkan album sophomore’nya, nama Ruth B kembali mencuat dengan viralnya lagu ‘Dandelions’ di TikTok. Uniknya, lagu ‘Dandelions’ ini merupakan lagu yang terdapat di album pertama Ruth yang telah dirilis 4 tahun lalu. ‘Lost Boy’ juga merupakan satu dari 12 lagu yang ada di album pertama Ruth berjudul “Safe Haven”.

Tentu ini adalah sebuah hal yang tidak diduga oleh Ruth sebelumnya karena memang dirinya tidak merencanakan untuk bisa mempunyai 2 lagu viral. Memang, setahun atau dua tahun ke belakang, Tiktok menjadi salah satu barometer lagu-lagu untuk menjadi viral atau hits. Itu jugalah yang membuat lagu ‘Dandelions’ milik Ruth menjadi viral. Telah dipakai lebih dari 100ribu video, lagu ini kini telah mencapai

hampir 60 juta streaming di Spotify.

Ditemui beberapa waktu lalu, Ruth B mengungkapkan bahwa dirinya juga tengah kecanduan Tiktok! “Aku ingat saat pertama kali TikTok rilis aku sempat mengatakan ‘yaa, aku tidak akan mengunduhnya’. Lalu ketika karantina terjadi dan akupun mengunduhnya. Saat mengunduh kakakku sempat mengatakan ‘hei, hati-hati kecanduan!’, dan sekarang akupun kecanduan!” kisahnya. Ditanya mengenai lagunya yang bisa viral 4 tahun selepas dia merilisnya, Ruth B menggambarkan itu sebagai sesuatu yang gila dan tak pernah dipikirkan sebelumnya. “Kurasa itu adalah hal yang keren dimana musik bisa tetap hidup walau sudah dirilis beberapa tahun lalu. Jadi, itu terasa keren saat tahu lagu ini punya ‘nyawa’ baru,” ungkap Ruth.

Tahun ini, Ruth tengah menyiapkan album terbarunya. Album ini merupakan album yang telah ditulisnya selama beberapa tahun terakhir. Ruth juga mengatakan bahwa lagu yang ada di album ini akan menunjukkan cerita perjalanan hidupnya dan apa saja yang terjadi di dalam hidupnya selama dia menulis untuk album. Saat ditanya apakah album keduanya ini berbeda dengan album pertamanya, Ruth mengatakan bahwa memang akan terdapat beberapa perubahan di dalamnya.

“Sebagai penulis lagu, aku berharap aku berubah banyak. Walau begitu, aku masih ingin lagu-laguku menceritakan tentang kejujuran dan apa yang terjadi di dalam kehidupanku. Jadi, aku tidak mengatakan sangat berubah (dalam cara menulis), tapi dilihat dari seberapa jauh aku telah bertumbuh dengan pengalaman hidup yang kualami, caraku menulis juga pasti berubah,” jelasnya.

Ruth B juga mengatakan bahwa album ini sudah hampir rampung, “Ya! Albumku sekarang ini sudah ada di babak terakhir. Aku bisa mengatakan itu sudah selesai sekitar 95% dan akan dirilis sebentar lagi,” ungkapnya bersemangat.

Simak interview bersama Ruth berikut ini:

Interview by Dundhee Yuwono.

Thanks to Sony Music Entertainment Indonesia!

dundhee
More from Creative Disc