Trending News

Blog Post

Imbas Gagal Temui Kata Sepakat Bersama Kakao M, Berbagai Rilisan K-Pop Hilang Dari Spotify
CREDIT: rappler.com
Music News

Imbas Gagal Temui Kata Sepakat Bersama Kakao M, Berbagai Rilisan K-Pop Hilang Dari Spotify 

Meski Maret baru saja masuk, namun para fans K-Pop sudah dibuat gelisah tak menentu, setelah ratusan lagu dan album dari banyak artis K-Pop secara mendadak hilang dari Spotify secara global. Apa penyebabnya?

Platform streaming ini sudah mengkonfirmasi kepada NME jika lagu-lagu yang berada dalam katalog Kakao M, salah satu distributor musik terbesar Korea Selatan sudah tidak tersedia lagi di Spotify semenjak tanggal 1 Maret ini.

Jubir Spotify menyebutkan meski telah mencoba upaya terbaik mereka, namun perjanjian mereka dengan Kakao M, yang mencakup semua negara di luar Korea Selatan, telah berakhir. Jubir tersebut juga berharap jika hal ini bersifat sementara dan bisa mencari jalan keluarnya di waktu dekat.

Sementara itu, pihak Kakao M juga sudah merilis pernyataan mereka, dengan menyebutkan jika pihak Spotify lah yang memilih untuk tidak memperbarui perjanjian mereka, bahkan setelah ada permintaan dari pihak Kakao M.

Kakao M juga memberi klarifikasi jika mereka masih dalam tahap negoisasi apakah katalog mereka akan tersedia di versi Korea Selatan untuk Spotify atau kadaluarsanya perjanjian lisensi global mereka adalah hal yang berbeda dan terpisah.

Bagi yang belum tahu, Kakao M merupakan induk platform streaming populer di Korea Selatan, Melon. Dengan masuknya Spotify ke Korea Selatan, jelas Melon kini memiliki saingan berat. Beberapa musisi kenamaan yang katalognya berada di bawah Kakao M antara lain adalah Mamamoo, GFRIEND, dan juga IU, yang beberapa rilisan terbarunya sudah hilang dari Spotify. Yang pasti, hal ini juga merugikan beberapa musisi yang relatif lebih kecil dan juga rookie seperti STAYC dan Secret Number, yang ingin melebarkan sayap mereka secara internasional.

Ternyata kisruh ini tidak dinotifikasi kepada para musisi yang terlibat, sehingga mereka melakukan protes melalui medsos, seperti yang dilakukan Tablo dari Epik High. Terlepas dari siapa yang bersalah, Tablo menekankan jika artis dan para fans lah yang dirugikan saat bisnis lebih mengedepankan ketamakan ketimbang seni.

Related posts

Leave a Reply

windows 10 pro kaufen office 2019 pro kaufen office 365 pro kaufen windows 10 home kaufen windows lizenz kaufen instagram follower kaufen tiktok follower kaufen windows 10 pro satın al office 2019 pro satın al office 365 pro satın al windows 10 home satın al windows lisans satın al windows 10 satın al