Getting Personal with Raisa: Musik adalah Hal yang Sangat Signifikan Dalam Hidupku

Oleh: dundhee - 10 Jun 2021

Tahun 2021 ini, Raisa Andriana seperti sedang memanjakan Your Raisa (sebutan fansnya) dengan rilisan lagu-lagu terbarunya. Selepas merilis single ‘Ragu’ di awal tahun ini, mengisi soundtrack film Disney "Raya and the Last Dragon" bersama beberapa musisi asal Asia Tenggara lewat single ‘Trust Again’, hingga merilis ‘Kutukan (Cinta Pertama)’ sekitar 2 bulan lalu, kini Raisa merilis sebuah mini-album berjudul “It’s Personal” bersamaan dengan single terbaru ‘Tentang Dirimu’. Dalam unggahannya di sosial media, mini-album ini akan menjadi pembuka album terbaru Raisa yang akan dirilis dalam beberapa waktu ke depan. Dirilis bersamaan dengan hari ulang tahunnya, Raisa seperti memberikan kado special pelepas rasa rindu Your Raisa kepada musisi kesukaan mereka ini.

Dalam mini-album “It’s Personal” sentuhan cerita personal ala Raisa masih kental dihadirkan olehnya. Namun, lagu-lagu di dalam mini-album ini memang terdengar lebih dewasa. Tidak salah memang, karena Raisa sendiri telah lebih dari 1 dekade berkarier di dunia musik. Kini, Raisa-pun merasa dirinya seperti sudah punya trademark tersendiri dalam menciptakan lagu yang sesuai dengan karakternya.

“Perubahan yang kurasakan lebi kearah pendewasaan dalam penulisan lirik dan alasan di balik menulis lagu. Sementara kalau dari genre dan aransemen, aku sudah punya signature style, sudah punya pakem. Aku kan juga sempat melakukan beberapa eksperimen dari warna musikku,” ungkap Raisa saat ditemui di round-table interview kemarin. “Kalau berbicara soal tema sendiri adalah Raisa yang sekarang, mulai dari ceritanya, kehidupannya. Karena (saat menulis lagu) aku selalu mengutamakan lirik. Aku suka sekali story telling dan itulah hal yang akan selalu aku usung dalam musik-musikku,” tambahnya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Musik sudah menjadi bagian hidup Raisa selama lebih dari 1 dekade. Raisa juga menganggap Musik sebagai sesuai yang sangat signifikan dalam kehidupannya, “Setelah pandemik ini terjadi, aku semakin bisa menjawab pertanyaan tentang arti musik bagiku. Karena akibat pandemik, kita bisa pause sedikit, dan melihat kehidupan kita. Aku baru bisa benar-benar melihat peran musik dalam hidupku. Musik (menurutku) lebih dari pekerjaan, tapi lebih kepada passion, me time, dan semua apapun itu menjadi satu dan ada di musik,” jelas musisi yang sering dipanggil Yaya ini. “Aku juga sebenarnya adalah seorang yang introvert dan lewat musik aku bisa meluapkan apa yang sedang aku rasakan. Saat tampil di atas panggung, aku juga bisa meluapkan emosi juga energiku. Tapi, sekarang ini, aku banyak banget merasakan kekosongan dalam diriku karena semuanya masih belum kembali normal. Jadi, ya, musik itu sangat sangat signifikan dalam kehidupanku,” pungkasnya.

dundhee
More from Creative Disc