Video Lama Bernuansa Rasisme Terungkap, Billie Eilish Meminta Maaf

Oleh: admincd - 23 Jun 2021

Akhir pekan lalu, sebuah klip lama memperlihatkan Billie Eilish muda - sekitar usia 13 atau 14 tahun - mengemuka di TikTok. Sontak video mengundang kontroversi, karena di dalamnya terdengar Billie yang seolah memainkan aksen ras tertentu dan tampak juga bernyanyi mengikuti lagu milik Tyler, The Creatror, 'Fish', yang diambil dari album "Goblin" (2011), dan mengandung perkataan rasisme kepada ras Asia/Tiongkok.

Menyusul tuduhan rasisme dan juga ajakan untuk "meng-cancell" Billie mengemuka dengan kencang di medsos, ia pun dengan sigap memposting sebuah pernyataan di akun Instagram miliknya.

Tidak hanya meminta maaf jika tindakannya menyebabkan rasa sakit hati, Billie juga mengklarifikasi beberapa hal dari klip tersebut, seperti di usia belia tadi tidak tahu makna perkataan rasisme yang dinyanyikannya.

Lebih lanjut ia mengalamatkan tentang aksen yang dilakukannya di video tadi, di mana Billie mengungkap jika apa yang dilakukannya bukan mengejek aksen tertentu, tapi berbicara tidak jelas yang dilakukannya semenjak anak-anak dan dilakukan kepada peliharaanya, teman-temannya dan juga keluarga. Jadi, sama sekali bukan imitasi dari bahasa, aksen atau kultur tertentu.

Selain tidak berniat untuk menyebabkan rasa sakit dan duka kepada orang lain, ia juga patah hati karena mendapat label sesuatu yang bukan dirinya yang sebenarnya. Ia juga menyebutkan akan selalu menggunakan platformnya untuk berjuang untuk inklusi, kebaikan, toleransi, ekuitas dan kesetaraan.

admincd
More from Creative Disc