Creativedisc Exclusive Interview with Inigo Pascual: Album “Options” Menjadi Proses Pendewasaan Baginya

Oleh: dundhee - 19 Aug 2021

Inigo Pascual, salah satu penyanyi asal Filipina yang tidak boleh kamu lewatkan. Terutama kalau kamu suka musik-musik bertema Pop R&B di dalamnya. Inigo memang mungkin masih asing di telingamu, tapi jangan salah, dia telah memulai karier bermusiknya sekitar tahun 2016 lalu dengan merilis album debutnya sekaligus menjadi salah satu musisi yang ditunjuk oleh Disney untuk menyanyikan soundtrack dari film Coco berjudul ‘Remember Me’.

Selepas itu, Inigo masih merilis single-single terbarunya, sempat juga tampil secara virtual di 88 Rising – Asia Rising Festival, hingga di tahun 2021 ini akhirnya dia merilis album kedua sekaligus album global pertamanya yang berjudul “Options”. Sedikit kilas balik, Inigo memang terjun ke dunia entertainment dari dunia akting, namun, dia mengatakan bahwa dirinya sudah sejak dulu ingin bisa menulis lagu dan menjadi seorang musisi. Ditemui beberapa waktu lalu secara virtual, Inigo menceritakan bahwa dia sempat menuliskan statusnya sebagai musisi dan penyanyi di setiap resume yang dia kirimkan saat audisi.

“Salah satu kesulitan yang kupunyai adalah saat aku memulai karierku, aku melakukan akting dan selama 3 tahun, aku tidak berhasil menciptakan musik. Tapi, setiap kali aku audisi untuk peran, di resume-ku selalu kutambahkan bahwa aku adalah seorang penyanyi dan seorang musisi, aku ingin menyisipkan itu di dalamnya. Jadi, yeah, aku selalu ingin menulis lagu dan aku bersyukur sekarang atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk akhirnya bisa menulis lagu,” kisahnya.

“Aku selalu menyukai musik, bahkan saat aku masih di sekolah. Aku ikut paduan suara, aku ikut teater musik dan kurasa musik adalah sesuatu yang dapat membantuku menemukan siapa aku sebagai manusia. Itu seperti sebuah wadah bagiku, saat aku sedang merasakan emosi yang membuncah entah itu sedih maupun senang aku selalu kembali ke musik. Musik itu seperti sumber kebahagiaanku dan saat aku patah hati selalu ada lagu yang bisa menggambarkan apa yang kurasakan,” lanjut saat ditanya kenapa dia sangat tertarik untuk menjadi seorang musisi.

Album “Options” milik Inigo memiliki jalan panjang untuk akhirnya bisa dirilis. Butuh sekitar 2 tahun untuk Inigo akhirnya merampungkan albumnya. Tidak mengapa, karena menurut Inigo dia mendapatkan banyak sekali pelajaran berharga selama pembuatan album yang mendewasakan diriny sebagai musisi dan sebagai manusia ini.

“Aku banyak punya kesempatan untuk lebih mengenal diriku, musikku, dan bagaimana aku ingin terdengar dan ya, lagu-lagu ini memang membuatku dewasa sebagai seorang seniman, kurasa dengan album ini aku merasa punya banyak ruang-ruang kreatif dimana aku juga bisa berkolaborasi bersama beberapa produser ternama yang sekaligus aku dapat menarik pelajaran dari mereka,” kisah penyanyi yang bulan September nanti genap berusia 24 tahun ini. “Ada lagi hal yang kurasa keren di album ini adalah aku bisa punya kesempatan untuk bekerjasama dengan banyak seniman, produser yang memberikan aku banyak sekali pelajaran untuk membuat musik.”

Inigo bersyukur dengan dirilisnya album “Options” ini ke pasar global, membuat penikmat musik di Indonesia dapat juga mendengarkan lagu-lagu yang dia tulis di album ini. Diapun mengaku tidak sabar untuk bisa menghabiskan waktu lebih lama untuk menjelajah Indonesia. Karena, dulu, saat dia datang ke Indonesia adalah saat dia mengikuti sebuah perlombaan. “Aku bersyukur aku bisa 'connect' dengan banyak orang melalui musikku, dan, yeah, itu sangat menyenangkan bahkan mendengar bahwa laguku dimainkan di Indonesia adalah sebuah mimpi jadi nyata bagiku, jadi terima kasih banyak untuk para pendengarku di Indonesia,” ucapnya.

Simak obrolan lengkap Creativedisc bersama Inigo Pascual di video ini:

Thanks to Secret Signals!

dundhee
More from Creative Disc