CreativeDisc Exclusive Interview With Sezairi: Bersyukur Lagu 'It’s You' Viral di Mana-Mana

Oleh: luthfi - 13 Aug 2021

Mempunyai darah Indonesia dan tinggal di Singapura dengan berbagai macam keberagaman bahasanya membuat solois asal Singapura, Sezairi sangat luwes dalam menyampaikan lagunya dalam berbagai macam bahasa mulai dari Indonesia, Melayu, dan Inggris. “Waktu aku kecil aku terbiasa mendengarkan orang mengobrol dalam bahasa Indonesia tetapi ketika aku ke sekolah akhirnya aku belajar bahasa lainnya seperti Melayu, Inggris, Tamil, Mandarin dan itu membuatku bisa menulis lagu dalam berbagai macam bahasa.”, ungkap Sezairi ketika ditemui oleh CreativeDisc via Zoom.

Kali ini ia mencoba sesuatu yang lebih gila lagi dengan menggandeng artis Korea bernama msftz dimana mereka memadukan lirik bahasa Inggris dan bahasa Korea ke dalam satu lagu berjudul “Blue”. “Awalnya msftz menulis lagu ini dengan bahasa Inggris tapi aku kepikiran kenapa gak lagu ini ada bahasa Koreanya jadinya muncul lagu ini.”, ungkap Sezairi. “Blue” sendiri mempunyai alunan nada-nada pop jazz yang diiringi dengan beat R&B yang modern nan santai. Menurutnya, “Blue” sendiri terinspirasi dari kesukaannya akan musik jazz dan juga kecintaannya akan Maliq & D’essentials terutama lagu “Dia” yang sudah ia idolakan semenjak ia menempuh pendidikan sekolah musik di Singapura.

Kemampuannya dalam menyanyikan berbagai macam bahasa terbukti dengan kepopulerannya yang bisa menjangkau bukan hanya dari wilayah Asia Tenggara tetapi Asia secara keseluruhan dengan menaruh lagunya di berbagai macam tangga lagu viral layanan streaming musik di Taiwan, Hongkong, Filipina, Indonesia dan tentunya Singapura. Keviralannya tersebut masih berlanjut sampai sekarang dan puncaknya terjadi saat ini dimana lagunya “It’s You” masuk di Spotify Global Viral Chart dan juga ramai dibicarakan di Indonesia berkat kekuatan TikTok dan influencer di media sosial untuk menggambarkan bagaimana seseorang menemukan pasangan hidupnya. Menurutnya kunci dari lagu “It’s You” adalah nostalgia dimana ia memasukkan banyak elemen lagu-lagu cinta di era 90’an dan awal 2000’an dan hasilnya lagu ini menjadi viral dimana-mana.

“Aku sangat bersyukur lagu “It’s You” ini jadi viral karena lagu ini merupakan momen besar buatku dimana akhirnya aku bisa menunjukkan rasa cinta yang sangat dalam kepada pacarku di waktu itu yang sekarang jadi istriku lewat sebuah lagu. Lagu ini jadi lagu yang sangat personal buatku dan orang-orang memakainya di momen-momen romantis mereka mulai dari jadi soundtrack nikahan, nembak sampai mengenag pasangannya yang meninggal dunia. Ini adalah momen tergila buatku dan aku tidak peduli jika lagu lainnya tidak bisa mengalahkan lagu ini karena kepopuleran lagu ini adalah hal yang paling berharga buatku.”, ungkap Sezairi ketika ditanya tentang viralnya lagu “It’s You”.

Dengan kemampuannya memahami berbagai macam kultur musik Asia dan bisa berbagai macam Asia Tenggara rasanya Sezairi sudah mempunyai satu kaki di depan pintu yang akan membukanya untuk menjadi artis populer di Asia bahkan dunia dan lewat “It’s You” ia bisa membuktikan bahwa artis Asia Tenggara juga bisa mempunyai karya yang relevan dan bisa didengarkan oleh orang-orang di seluruh dunia.

Simak wawancara lengkap CreativeDisc bersama Sezairi dimana ia menceritakan tentang single terbarunya, hidup di negara yang memakai banyak bahasa, keviralan ”It’s You”, opininya soal musisi Asia Tenggara yang bisa go global sampai ke lima hal tentang Sezairi yang dijawab spesial dengan menggunakan bahasa Indonesia (yang fasih tentu saja).

Terima kasih Sony Music Indonesia atas wawancaranya.

luthfi
More from Creative Disc