Creativedisc Exclusive Interview with Zachary Knowles: Tentang Introvert, Sad Boy, Dan Perilisan Album Debut

Oleh: dundhee - 06 Aug 2021

Penyanyi muda asal Texas, Zachary Knowles menyapa penikmat musik dengan karya-karyanya yang tidak kalah bagus dibandingkan musisi pendatang baru di beberapa tahun terakhir. Salah satu yang menarik perhatian para penikmat musik dunia adalah single yang April lalu dirilis olehnya yaitu, ‘Dancing in The Kitchen’.

Single satu ini adalah sebuah bop dengan lirik jujur nan riang khas Zachary Knowles. Memang, nama Knowles pasti akan mengingatkan kita pada sosok Beyonce yang sudah punya ‘legacy’ nama tersebut terlebih dahulu. Tapi, Zach mengaku dia tidak ada hubungan darah apapun dengan sosok Beyonce, dan ternyata dia sering sekali mendapatkan pertanyaan tentang relasinya tersebut baik dari media maupun orang-orang yang baru mengenalnya.

Ditemui beberapa waktu lalu secara virtual, Zach terlihat bersemangat menceritakan awal mula dia ‘tercebur’ di dunia musik. Diawali oleh orang tuanya yang memberikan sebuah keyboard berlampu, Zach memupuk keinginannya untuk berkarir musik sejak usia dini. Hal itu kemudian menjadi sebuah keseriusan saat dirinya menginjak usia perkuliahan.

“Di masa awal kuliahku, aku sempat merilis sebuah project bernama ‘Feeling’ dan ternyata itu mendapatkan sambutan yang tidak pernah kuduga sebelumnya. Awalnya, musik adalah sesuatu yang menyenangkan untuk kulakukan disaat aku juga tetap fokus untuk mengejar gelar bisnis di perkuliahanku,” kisah penyanyi yang menyukai John Mayer, Justin Bieber, hingga Michael Jakson ini. “Sampai akhirnya ada momen pergantian dimana aku sangat suka menulis lagu sampai aku harus merubah jurusanku di kuliah agar bisa lebih banyak waktu kuhabiskan untuk menulis lagu. Hari-hari aku semakin cinta untuk menulis hingga akhirnya kuputuskan untuk itulah yang akan kulakukan selepas kuliah,” lanjutnya.

Akhir-akhir ini, Zach sedang bersemangat menanti ‘lahirnya’ album debut yang telah lama dinantikan. Berjudul “Tendency To Be A Loner”, album ini dirilis tepat pada hari ini, 6 Agustus. Menurutnya, lagu-lagu dalam lagu ini akan banyak memberikan pengalaman seperti roller-coaster di dalamnya. Banyak lagu-lagu sedih dengan melodi yang sedih, lagu sedih dengan melodi riang, hingga lagu yang benar-benar riang. Memang, bisa dibilang beberapa lagu yang telah dirilis oleh Zach sebagai awal pengenalan album debutnya ini kebanyakan memiliki deskripsi tersebut. Ketika ditanya, apakah ini menandakan dia adalah seorang ‘sad-boy’, Zach menjawab sambil tertawa, “Aku sebenarnya tidak menganggap diriku sebagai sad boy, karena aku tidak selalu merasa sedih. Tapi, saat menulis lagu, aku selalu tertarik kepada sesuatu yang menceritakan tentang kesedihan dan patah hati, sekaligus caritas pengalamanku. Well, lagu yang kutulis memang kebanyakan berdasarkan pengalamanku, tapi aku juga suka menulis lagu yang menceritakan sesuatu yang orang-orang bisa merasa relate dengan apa yang kuceritakan,”

Simak wawancara Creativedisc dengan Zachary Knowles secara lengkap lewat video di bawah. Dimana Zach mengaku sebagai seorang yang introvert serta pandangan mendalamnya tentang MUSIK.

https://youtu.be/

dundhee
More from Creative Disc