CreativeDisc Exclusive Interview With Beren Olivia: Menceritakan Perasaan Gundah Gulana Dalam EP Perdananya

Oleh: luthfi - 19 Oct 2021

Solois perempuan pendatang baru asal Inggris, Beren Olivia mulai terinspirasi membuat lagu karena kebiasaannya menulis puisi sewaktu sekolah sebagai bentuk mencurahkan perasannya sambil menyanyikannya lewat gitar. Lalu ia mulai mencoba berbagai macam aktivitas seperti renang, model, berakting bahkan sampai memegang sertifikasi untuk menolong ikan paus dan lumba-lumba. Tetapi kecintaannya menulis dan membuat lagu yang membuat ia memilih untuk menekuni karir bermusik secara profesional. Dengan lebih dari lima juta stream di berbagai macam platform digital streaming ia akhirnya mengeluarkan EP perdananya berjudul “Early Hours of the AM” yang berisikan campuran perasaan gundah gulana yang ia rasakan ke dalam lima lagu.

Lagu pembuka di album ini “Is That What You Like Now” mencerminkan perasaan Olivia yang campur aduk dengan gebrakan musik pop yang berdentum dan sisipan rock yang membuat lagu ini terasa emosional. Menurut Olivia sendiri EP ini menggambarkan kecemasan dan berbagai macam perasaan stress yang ditumpuk sewaktu beraktivitas di siang hari dan muncul kembali di kala malam sebelum tidur sehingga kita tidak bisa tertidur karena memikirkannya. Hal ini juga terpancar dari sampul albumnya dimana ia bercermin dengan cermin di sekelilingnya.

“Menurutku sangat penting sebuah cover art menggambarkan apa yang ingin disampaikan dalam sebuah lagu. Di sampul albumku aku menaruh semua cermin yang isinya sampul single-ku sebelumnya sebagai pertanda bahwa apa yang ingin aku sampaikan merupakan sebuah cerminan dari diriku dan perasaanku.”, ungkap Olivia terkait sampul albumnya.

Namun, Olivia tidak mau menganggap EP ini menjadi sesuatu yang berat dan susah dicerna ia sebisa mungkin menyeimbangkan emosi galau yang ada di dalam dirinya dengan musik yang gampang dicerna agar pesan yang ia sampaikan bisa masuk ke khalayak ramai. “Mungkin karena vokalku yang terdengar seperti ini bisa membuat musik yang aku sajikan terasa ringan meski ada berbagai elemen di dalamnya seperti riff gitar yang berat dan liriknya yang berat.”, kata Olivia.

Simak wawancara eksklusif CreativeDisc bersama Beren Olivia dimana ia mengungkapkan detail dari “Early Hours of the AM” mulai dari proses pembuatan lagu sampai produksi, kecintaanya akan Yungblud, dan lagu yang paling ngena di hati Olivia lewat video di bawah ini.

luthfi
More from Creative Disc