CreativeDisc Exclusive Interview With mxmtoon: Cerita Baru Si Pecinta Kucing dan Gim “Life Is Strange”

Oleh: luthfi - 27 Oct 2021

Dengan angka streaming yang mencapai ratusan juta kali pemutaran dan telah berkolaborasi dengan musisi papan atas seperti Carly Rae Jepsen, Maia atau yang lebih dikenal dengan nama panggungnya mxmtoon pantas dibilang sebagai “Queen of Bedroom Pop” atau ratu dari genre bedroom pop. Tetapi ketika ditemui oleh CreativeDisc via Zoom ia tidak terlihat seperti seorang ratu ia masih terlihat seperti remaja perempuan pada umumnya dengan latar belakang Zoom di kamarnya, ia masih bermain game indie dan FPS seperti Valorant dan Fortnite, ia masih sering mengunggah foto-foto kucing peliharaannya di media sosial dan ia masih membuat musik di kamarnya sendiri. “Aku juga masih tidak menyangka aku dinobatkan sebagai queen of bedroom pop karena aku masih mencari musik yang pas buatku.”, ungkap Maia.

Ketika ditanya apa yang berubah semenjak kami mewawancarainya Agustus 2020 kemarin dengan sekarang ia menjawab, “Pada waktu itu orang-orang kebingungan mencari tahu apa yang terjadi berikutnya apalagi dengan berita tentang COVID-19 di sana sini, tetapi sekarang banyak harapan mulai muncul dan akhirnya kita bisa bekerja bareng lagi. Ada banyak harapan yang menanti di masa depan sehabis ini.”. Selama rentang waktu dari Agustus 2020 sampai sekarang ia telah mengeluarkan EP terbaru berjudul “True Colors” yang menjadi soundtrack sebuah gim terbaru berjudul “Life Is Strange: True Colors” dan menjadi seri kelima dari “Life Is Strange”. Di dalam EP tersebut ia membawakan ulang lagu Radiohead yang legendaris “Creep” dimana menurutnya yang membedakan versi aslinya dengan miliknya adalah ia membawakan lagu ini untuk “gadis remaja yang sedang masuk ke dalam tahap emo dalam hidupnya”. Jika versi aslinya bersuara begitu kasar dan penuh amarah, “Creep” versi buatannya mengalun lebih pelan dan bernuansa folk dengan sound ala Bon Iver di dalamnya.

Ia sangat senang bisa ikut dalam pembuatan musik untuk “Life Is Strange: True Colors” dan mengisi suara Alex ketika bernyanyi di dalam gimnya. “Alex dan aku benar-benar sangat mirip bisa dibilang 90% sangat mirip, dia orang Asia aku juga orang Asia, dia berkacamata aku juga berkacamata jadi ketika aku melihat Alex ini bener-bener gw banget.”, kata Maia.

mxmtoon juga sudah merilis EP "True Colors", yang berisikan 4 track. EP tidak hanya menampilkan karya orisinalnya, seperti 'in the darkness' dan 'every wave', namun juga dua lagu cover, yaitu 'creep' milik Radiohead dan 'blisters in the sun' milik Violent Femmes.

Simak wawancara CreativeDisc selengkapnya dengan mxmtoon dimana kami bercerita tentang gim, EP terbarunya, cerita dibalik produksi “Life Is Strange: True Colors” serta pesannya untuk orang-orang yang membuat musik sendiri di kamarnya lewat video di bawah ini.

luthfi