CreativeDisc Exlusive Interview With bbno$ & Rebecca Black: Ketika Dua Legenda Viral Internet Bersatu

Oleh: luthfi - 06 Dec 2021

Ketika menerima tawaran untuk interview bersama bbno$ dan Rebecca Black secara bersamaan dalam satu ruangan Zoom, hati saya langsung sangat gembira karena akhirnya saya bisa mewawancarai dua legenda musik yang besar di kalangan orang-orang yang paham betul dengan kultur internet.

Mari kita mulai dari Rebecca Black, penyanyi satu ini bisa dikatakan menjadi musisi pertama yang merasakan sendiri bagaimana menjadi viral di internet lewat lagunya berjudul “Friday” pada tahun 2011. Lagu ini pada masanya dinobatkan sebagai “lagu terjelek sepanjang masa” dan mempunyai jumlah dislike terbanyak di YouTube (sebelum YouTube menghilangkan jumlah dislike di videonya yang merupakan salah satu keputusan paling ngawur dalam sejarah internet). Meskipun diejek, “Friday” menjadi lagu pertama dari keviralan dunia internet yang berhasil diterjemahkan ke kesuksesan dunia nyata. Todd Rundgren, Jimmy Fallon, Stephen Colbert Justin Bieber, Katy Perry bahkan pemain Glee menyanyikan ulang lagu tersebut.

Dengan “Friday”, Rebecca memboyong plakat Gold di Amerika Serikat setelah lagunya berhasil terjual sebanyak 500 ribu kopi sepuluh tahun sejak lagu pertama ini dirilis. Rebecca berhasil menjadi contoh awal bahwa lagu yang viral di internet mampu membawanya kemana-mana di dunia nyata sebelum akhirnya para eksekutif label rekaman mencari lagu viral berikutnya di internet untuk dijual secara riil di dunia nyata. Tentunya kenangan orang tentang “Friday” masih melekat sampai sekarang bahkan ia berkolaborasi dengan 100 gecs, 3OH!3 dan Big Freedia untuk membawakan ulang lagu “Friday” dengan musik hyperpop dengan bass yang super kencang dan musik video yang penuh dengan hal-hal yang familiar dari kultur internet awal 2010an (dan hal yang sangat shitpost tentunya).

Ketika sang legenda internet Rebecca Black menyatu dengan legenda baru di dunia internet berkat shitpost, musik yang membuatmu bingung ini musik serius atau bukan, dan fans berat Shrek bernama bbno$ terjadilah sebuah kolaborasi yang seru dan menyenangkan lewat lagu “yoga” yang diambil dari album baru bbno$ bernama “eat ya veggies”.

“yoga” merupakan lagu yang sangat menyenangkan dimana bbno$ dan Rebecca (dengan vokal yang sudah jauh lebih baik dan dewasa tentunya) menyatu dalam track yang mempunyai unsur disco dan hip house yang sangat kuat. Lewat wawancaranya bersama CreativeDisc ada sebuah kejutan yang diutarakan oleh bbno$ yang membuat Rebecca terperanjat karena ia ternyata mengagumi Rebecca dari dulu dan menyemangati Rebecca di Facebook ketika ia diejek habis-habisan lewat “Friday”. Tentunya hal ini membuat Rebecca sangat senang dan benar-benar mengubah mood wawancara dari lucu-lucuan ke hal yang sangat wholesome dan membuat saya sebagai pewawancara mendapatkan momen berharga di satu ruangan Zoom. Benar-benar sebuah mimpi menjadi nyata mewawancarai dua legenda meme internet di satu ruangan Zoom.

Simak wawancara lengkap bbno$ dan Rebecca Black bersama CreativeDisc yang membahas tentang musik hanya 10% dan 90% lainnya benar-benar random sangat sampai saya berpikir “Astaga, ini serius kan gw wawancara sama musisi???” lewat video di bawah ini.

Nikmati juga album bbno$ “eat ya veggies” lewat link di bawah videonya.

luthfi
More from Creative Disc