Pengadilan Memutuskan Jika Josh Groban Tidak Melanggar Hak Cipta Untuk 'You Raise Me Up'

Oleh: admincd - 02 Dec 2021

Di hari Senin, 28 November, pengadilan federal telah memutuskan jika hits single rilisan 2003 milik Josh Groban, 'You Raise Me Up', tidak melanggar hak cipta dan menjiplak lagu rilisan 1977 yang kurang dikenal, 'Söknuður'. Pengadilan menyebutkan jika kedua lagu berasal dari lagu folk klasik berjudul 'Danny Boy' (1913).

Kisruh pengadilan untuk 'You Raise Me Up' ini telah berlangsung selama tiga tahun lamanya. Keputusan terbaru ini menegaskan keputusan hakim yang lebih rendah tahun lalu yang menyebutkan jika kesamaan antara dua lagu berasal dari balada folk terkenal tadi yang masa hak ciptanya telah lama kadaluarsa.

Tuntutan datang dari sebuah perusahaan bernama Johannsongs-Publishing Ltd. yang memiliki hak untuk lagu berjudul 'Söknuður' tersebut di tahun 2018 lalu. Mereka mengklaim jika 'You Raise Me Up yang ditulis oleh band Irlandia-Norwegia Secret Garden dan dipopulerkan oleh Josh adalah tiruan dari lagu milik mereka karena ada kemiripan sekitar 97%.

'You Raise Me Up' merupakan hits Billboard Hot 100 pertama Josh dengan meraih posisi #73 di bulan April 2004. Berkat lagunya Josh meraih nominasi piala GRAMMY pertamanya untuk kategori Best Male Pop Vocal Performance.


admincd
More from Creative Disc