Creativedisc Exclusive Interview with Chloe Bailey: Tentang Musik dan Tantangan Menjadi Musisi Wanita di Masa Sekarang

Oleh: dundhee - 08 Jan 2022

Nama Chloe Elizabeth Bailey atau yang dikenal dengan nama Chloe adalah sosok yang dikenal sebagai duo Chloe X Halle. Namun, 1 tahun terakhir, dirinya telah fokus untuk mengembangkan karier sebagai musisi solo. Penyanyi yang sekaligus seorang penari, aktris, dan produser rekaman ini bulan September lalu akhirnya merilis single Solo pertamanya berjudul ‘Have Mercy’. Sejak kecil, baik Chloe maupun adiknya, Halle, sudah berkecimpung di dunia musik. Ditemui beberapa waktu lalu melalui zoom, Chloe mengatakan bahwa music merupakan satu hal yang membuatnya merasa lebih hidup. “Proses kreatif yang terjadi di dalam studio itu membuatku seakan hidup kembali. Berada di studio dan ketika aku tampil, adalah 2 hal yang sangat kusukai,” ungkap musisi berzodiak Cancer ini.

Untuk itulah, Chloe kini tengah dalam proses merampungkan albumnya yang akan dirilis di tahun 2022. Ditanya mengenai album, Chloe awalnya merasa album tersebut akan menjadi album patah hati, namun hal tersebut berubah seiring berjalanannya waktu. “Saat mulai menulis album ini, aku sedang ada di tempat yang ‘gelap’. Aku sedang sangat sedih dan mengira album ini akan menjadi album tentang patah hati,” ungkapnya. “Tapi, saat aku menjalaninya dan akhirnya aku mengerti tentang diriku lebih lagi, album ini malah menjadi album yang empowering. (Album ini) Memang belum selesai tapi aku sangat Bahagia soal album ini. Aku tidak sabar untuk segera menyelesaikannya,” lanjutnya sambal tersenyum Bahagia.

Menjadi musisi perempuan adalah pilihan karier dari Chloe yang menghadapkan dirinya dengan tantangan-tantangan yang mungkin belum pernah dia hadapi sebelumnya. Tidak hanya di dunia musik, dia merasa, tantangan tersebut juga dialami seluruh wanita di setiap lini karier yang sedang mereka tempuh.

“Sebagai musisi perempuan, aku merasa dunia ini memposisikan kita untuk selalu bersaing satu sama lain. Seperti tidak bisa ada lebih dari satu musisi wanita yang baik. Tapi kalua kamu melihat musisi laki-laki, banyak dari mereka yang punya musik sama, penampilan sama, tapi kamu tidak akan pernah melihat dunia memaksa mereka untuk bersaing satu sama lain,” katanya. “Berlaku juga untuk apapun yang dimiliki seorang wanita. Dunia seakan memilih kapan waktu yang tepat untuk seorang wanita bisa tampil seksi atau bahkan diterima. Tapi, saat wanita itu bisa menerima dan mengklaim hal tersebut, orang-orang malah menjadikan itu sebuah masalah. Perempuan seperti tidak bisa menerima atau menjadi vocal terhadap kekuatan yang ada di dalam diri mereka dan kepercayaan diri terhadap tubuhnya tanpa merasa direndahkan,” pungkasnya.

Simak interview bersama Chloe berikut ini:

Thanks to Sony Music Entertainment Indonesia.

dundhee
More from Creative Disc