CreativeDisc Exclusive Interview With Clinton Kane: Tentang Musik, Cinta, Bali, dan Energi orang-orang Indonesia

Oleh: dundhee - 20 Jan 2022

Clinton Kane menjadi musisi muda yang namanya bersinar di tahun 2021. Lagu-lagu yang dia rilis diterima dengan baik oleh para penikmat musik di dunia. Lahir di Australia, Clinton mulai menyukai musik sejak kecil. Dirinya-pun terlibat langsung dalam dunia musik karena pada saat itu sang Ibu merupakan Pastor di Gereja dekat tempat tinggalnya. Ditemui akhir tahun 2021 yang lalu, Clinton menceritakan awal mula dirinya terjun ke dalam dunia musik.

“Aku sebenarnya ga menyangka kalau aku akan menjadi musisi dan akan menjadi seperti sekarang ini. Semuanya dimulai saat aku kecil, ibuku adalah seorang Pastor sementara aku adalah pemimpin pujian di gereja itu. Kemudian akupun iseng mengunggah video-video cover di Youtube karena merasa aku bisa menyanyi dengan baik,” kisahnya. “Lalu, September 2018, aku mencoba untuk menulis lagu pertamaku. Waktu itu aku sedang mengalami panic attack, dan itulah yang coba aku tuangkan. Aku belum pernah menulis sebelumnya, tapi setelah selesai aku merasa bahwa inilah yang ingin kulakukan sepanjang hidupku, walau sebenarnya aku belum mengunggah lagu yang kuciptakan tadi,” lanjutnya.

Melanjutkan kisahnya, Clinton mengatakan bahwa kehidupannya berubah total ketika dia mengunggah lagu pertamanya dan mendapatkan respon yang luar biasa. “Saat aku mengunggah lagu pertamaku, keesokan harinya aku terkaget karena lagu tersebut telah mencapai 300 ribu views. Aku mengunggah lagu berikutnya dan keesokan hari mencapai 1 juta views. Itu terjadi seperti avalanche dan disinilah au sekarang,” kata Clinton. Memang, kehidupan Clinton seakan berubah begitu cepat sejak merilis lagu original pertamanya di akun Youtube. Tahun 2019 dia dikontrak oleh Columbia Records untuk kemudian merilis EP perdananya yang berjudul “This is What It Feels Like” hingga berkolaborasi bersama Martin Garrix di single ‘Drown’ yang dirilis tahun 2020.

Sementara di tahun 2021, Clinton kembali dengan lagu-lagu yang berhasil masuk ke dalam Billboard Hot 100 Chart yaitu ‘Chicken Tendies’ dan ‘I Guess I’m In Love’. Berbicara tentang lagu ‘I Guess I’m In Love’, Clinton mengatakan lagu tersebut merupakan lagu tercepat yang pernah dia ciptakan, yaitu hanya 20 menit!

“Saat menciptakan lagu itu, aku benar-benar pertama kali merasakan jatuh cinta dan terlibat hubungan percintaan yang serius. Perasaan itu terasa nyata dan sangat positif. Padahal sebelumnya lagu-laguku lebih menceritakan tentang trauma dan kesedihan, tiba-tiba aku merasa sesuatu yang baik, bahagia, cinta. Aku masih ingat moment itu, dan sejauh ini, itu adalah moment terbaik dalam hidupku,” kisahnya sambil tersenyum.

Musisi yang lahir dan besar di Australia ini mengaku bahwa dirinya sangat dekat dengan Indonesia terutama Bali. Dia juga mengatakan sangat menyukai energi orang-orang yang ada di Indonesia. Bahkan, katanya, energi tersebut tidak dia dapatkan di negara lain, “Aku suka dengan orang-orang (di Indonesia). Terlebih aku tinggal di Australia jadi sangat dengan dengan tempatku tinggal. Ada rasa seperti rumah disana karena aku sering banget kesana,” ungkapnya. “Entahlah, aku suka banget dengan energinya, baik di Bali maupun Jakarta. Itu energi terbaik yang pernah kurasakan dan aku harus kembali kesana secepatnya!”

Simak interview selengkapnya berikut ini:

Thanks to Sony Music Entertainment Indonesia

dundhee
More from Creative Disc