CreativeDisc Exclusive Interview With DJ Raiden: Bicara Album Baru dan Kedekatan dengan XIAOJUN 'WayV'

Oleh: adrian - 24 Jan 2022

DJ Raiden merupakan salah satu musisi dan produser yang bernaung di bawah manajemen SM Entertainment. Kamu mungkin sudah pernah melihat penampilannya di konser SMTOWN 1 Januari 2022 lalu atau kolaborasi dia bersama sederet artis-artis SM Entertainment lainnya. Saat jadi salah satu line up di DWPV akhir tahun lalu, Creative Disc berkesempatan ngobrol dengan DJ Raiden soal album baru dan juga kedekatannya dengan XIAOJUN 'WayV'.

Aktif bermusik sejak tahun 2013, pemilik nama asli Han Seok Hyun itu kini jadi pentolan label musik EDM di bawah SM Entertainment bernama ScreaM. Setelah merilis sederet single, pada 11 Oktober 2021 lalu DJ Raiden akhirnya merilis EP pertamanya berjudul Love Right Back. EP ini berisi lima track kolaborasi dengan sederet nama termasuk Taeil NCT, lilBOI, Miyeon (G)I-DLE, pH-1, XIAOJUN WayV, Choi Yoo Jung, hingga Nino Lucarelli.

Proyek Love Right Back ini merupakan karya musik yang sudah dipersiapkan olehnya cukup lama. Proses produksinya pun terbilang sangat menyenangkan. Namun yang paling berkesan buat Raiden adalah ketika dia melakukan pengambilan gambar untuk MV dan highlight medley EP tersebut.

"Saat syuting MV dan video highlight medley Love Right Back, aku mengundang semua artis yang kuajak berkolaborasi ke satu tempat lalu kami semua syuting di sana. Rasanya seperti tuan rumah yang bikin acara!" katanya saat berbincang dengan Creative Disc.

"Selama syuting mereka mendukung dan bersorak. Kami juga banyak bicara soal hal-hal yang belum pernah kami bahas sebelumnya," lanjut pria kelahiran 6 Februari 1987 itu.

Proses syuting MV dan video highlight medley itu memunculkan perasaan menggebu di hati DJ Raiden untuk bisa menampilkan lagu-lagunya di panggung dalam sebuah festival. Akhirnya hal itu terwujud ketika dia tampil di konser SMTOWN awal tahun 2022 ini, dan sebelumnya juga di DWPV.

Di luar panggung SMTOWN, DWPV merupakan aksi perdana DJ Raiden tampil di event virtual negara lain. Meski sangat disayangkan karena dia tidak bisa merasakan langsung keseruan penggemar dan penonton dari atas panggung, DJ Raiden cukup puas dengan penyelenggaraan DWPV yang menurutnya keren.

"Ini adalah pertunjukan pertama saya secara virtual dan saya sudah lama ingin melakukan ini. Rasanya agak berbeda karena tidak ada penonton tapi mereka mengarahkan acaranya dengan baik. Saya bisa melihat bagaimana acaranya saat online dan itu keren," katanya.

Penyuka David Bowie, Led Zeppelin, RHCP, dan Coldplay itu kemudian lanjut bercerita soal kedekatannya dengan salah satu member WayV, yaitu XIAOJUN. Kedekatan yang terjalin di antara keduanya berawal kolaborasi dalam album Love Right Back. XIAOJUN digaet DJ Raiden dalam lagu berjudul Golden.

Di momen itulah DJ Raiden dan XIAOJUN bicara banyak untuk pertama kalinya. Kedekatan yang terjadi di studio kemudian berlanjut ke luar studio karena rupanya mereka sama-sama suka main game online.

"Saat merekam album ini, XIAOJUN dan saya bicara banyak untuk pertama kalinya. Dia sangat suka bermain game dan saya juga sangat menyukai game jadi kami punya minat yang sama. Kami banyak bersenang-senang saat itu," beber Raiden.

Kalau mengikuti media sosial DJ Raiden dan XIAOJUN kamu mungkin pernah melihat kebersamaan mereka. Tak jarang Raiden mengunggah momen main game bareng XIAOJUN ke Twitter dan Instagram. Dari situlah kemudian keduanya jadi akrab dan sering ngobrol.

Ke depannya DJ Raiden berharap bisa lagi berkolaborasi dengan XIAOJUN dalam sebuah proyek baru.

"Kami menjadi dekat karena sering ngobrol satu sama lain. Jadi kalau kami punya kesempatan untuk bekerja sama lagi, kapan pun aku akan selalu siap!" tegasnya.

Selain kolaborasi dengan XIAOJUN, DJ Raiden masih menyimpan mimpi buat tampil di Choachella dan festival musik pinggir pantai. Dia juga mengaku sedang banyak mendengarkan musik hip hop belakangan ini dan mencoba mengelaborasi banyak hal yang dia sukai untuk dilebur ke dalam karya musik baru.

Tonton video wawancara dengan DJ Raiden di bawah ini:

Teks: Adrian Pramudhita

adrian
More from Creative Disc