Creativedisc Exclusive Interview with JVKE: Aku Bersyukur Bisa Merasakan Apa yang Kurasakan Kini

Oleh: dundhee - 31 Jan 2022

Buat kamu yang punya akun TikTok atau bahkan gandrung dengan aplikasi berbasis video satu ini, pasti tidak asing dengan nama JVKE. Di sepanjang tahun 2020 dan 2021, JVKE memang menjadi salah satu musisi yang bersinar dan viral di TikTok. Karya pertamanya yang menjadi viral adalah sebuah lagu yang berjudul ‘Upside Down’. Saking viralnya lagu ini, Charlie Puth sempat berkolaborasi dengannya. Sejak saat itu, kehidupan JVKE seolah berubah 180 derajat. Karena lepas berkolaborasi dengan Charlie Puth, dia juga berkolaborasi bersama Jason Derulo hingga Super Junior.

Ditemui di akhir tahun 2021 secara daring, JVKE berkisah tentang awal mula dirinya mengenal musik dan menjadi jatuh cinta akannya. “Ibuku adalah seorang guru musik, dialah yang mulai mengajariku piano sejak umurku 3 tahun,” ungkapnya. “Aku juga tumbuh di lingkungan gereja hingga sekarang. Disana, aku banyak belajar tentang musik pop dan bagaimana membuat hingga mengkonstruksi sebuah lagu. Tapi, di usia 11 tahun, aku jatuh cinta pada musik hip hop. Aku mulai mendengarkan Drake dan Kanye West. Mereka adalah 2 musisi yang sampai sekarang aku kagumi. Saat aku mendengarkan mereka adalah momen dimana aku jatuh cinta pada musik dan saat aku mulai membuatnya aku jadi semakin jatuh cinta dibuatnya,” lanjut musisi yang lagunya didengarkan oleh lebih dari 5 juta orang tiap bulannya di Spotify.

'

TikTok menjadi aplikasi yang membuat nama JVKE dikenal dimana-mana dan tidak bisa dipungkiri TikTok sekarang ini menjadi salah satu aplikasi yang membuat musisi-musisi berbakat dapat dengan mudah direkognisi. Selain itu, TikTok kini juga mulai menjadi sebuah barometer lagu-lagu yang hits. Fakta ini disadari betul oleh JVKE. Diapun mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur bisa berada dalam masa pergeseran budaya tersebut.

“Sangat gila rasanya bisa ada di masa seperti ini. Jadi, bisa merasakan menjadi salah satu orang yang mengalami perubahan budaya tersebut adalah sebuah anugerah bagiku,” kata JVKE. “Terlebih lagi, membuatku bisa menyampaikan musikku dan apa yang ingin kusampaikan ke banyak orang adalah sesuatu yang aku inginkan. Walau sebelumnya, aku hanya menulis untuk orang lain, akhirnya aku berani untuk menulis buat diriku sendiri setelah aku meledak di TikTok,” lanjutnya sambil tersenyum.

Simak obrolan lengkap Creativedisc bareng JVKE lewat video di bawah ini:

Thanks to Secret Signals!

Interview by Dundhee Yuwono

dundhee
More from Creative Disc