Barisan Artis Ini Ikuti Jejak Neil Young Tarik Karya Mereka Dari Spotify Gara-Gara Joe Rogan

Oleh: admincd - 04 Feb 2022

Penyanyi dan penulis lagu veteran, Neil Young (76), "mendorong" rekan-rekannya sesama musisi dan juga perusahaan rekaman untuk "meninggalkan Spotify dan berhenti mendukung misinformasi COVID-19 yang disebarkan platform streaming ini." Rupanya beberapa rekannya mengikuti jejak Neil yang memang telah menarik katalognya dari Spotify ini.

Di tanggal 26 Januari lalu Neil memberi ancaman kepada Spotify jika ia lagu-lagunya akan ditarik dari platform tersebut, kecuali jika mereka setuju untuk memutus hubungan dengan host podcast atau siniar kontroversial Joe Rogan, yang memang banjir kritikan akibat teori konspirasi tentang COVID-19 yang diumbar di siniar populernya, “Joe Rogan Experience.”

Tapi rupanya Spotify lebih memilih Joe ketimbang musisi legendaris ini, sehingga Neil pun menarik semua lagunya. Tidak berapa lama setelahnya, sesama musisi legendaris, Joni Mitchell (78), menunjukkan solidaritas dengan juga menarik katalognya dari Spotify. Menyusul kemudian ada nama-nama seperti, Nils Lofgren, Brené Brown, Wendy Zukerman dan Blythe Terrell, India Arie, Graham Nash, Roxane Gay, David Crosby & Stephen Stills, dan Failure.

Di tengah tekanan dari para musisi, dan juga para profesional di bidang kesehatan, di tanggal 30 Januari petinggi Spotify melepas pernyataan yang mengalamatkan kepedulian tentang COVID-19 dan menerbitkan peraturan resmi Spotify "untuk menolong para pengguna memahami bagaimana Spotify menaksir semua isi yang terdapat di dalamnya." Lengkapnya bisa dibaca di sini.

admincd
More from Creative Disc